Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi UKM Binaan di Kementerian dan BUMN Bisa Ikut Pameran Gratis

Ada berbagai jenis pameran yang dapat diikuti pelaku usaha, mulai dari skala kecil di tingkat lokal hingga skala besar di tingkat internasional.
Salah satu contoh produk Industri Kecil dan Menengah (IKM)/Bisnis.com-Feri Kristianto
Salah satu contoh produk Industri Kecil dan Menengah (IKM)/Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada berbagai jenis pameran yang dapat diikuti pelaku usaha, mulai dari skala kecil di tingkat lokal hingga skala besar di tingkat internasional.

Jika ingin memburu kesempatan dapat stan pameran gratis, salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan menjadi mitra binaan di Kementerian, lembaga, BUMN dan perusahaan swasta.

Kementerian Koperasi dan UKM, misalnya, memberikan kesempatan berpameran gratis bagi para pelaku usaha yang menjadi binaan. Pameran yang dilakukan oleh Kemenkop dan UKM dibagi dalam dua bagian, yakni yang sifatnya partisipasi dan yang digelar langsung.

Wardoyo, Kabid Pengumpulan Informasi Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha, Kemenkop dan UKM, menuturkan pihatnya rutin menggelar even tahunan Smesco Festival.

Agenda ini berupa pameran produk UKM hasil binaan dinas-dinas di provinsi. Tahun ini, total ada sekitar 780 UKM yang mengisi 499 stan pameran dalam Smesco Festival yang dilaksanakan di JCC, Jakarta.

Anggaran untuk acara pameran Smesco Festival ini ada di pusat dan provinsi. Nantinya dinas provinsi yang membeli booth pameran, sedangkan kementerian di pusat mendanai promosi, publikasi dan acara harian, jelasnya.

Adapun, untuk pameran yang sifatnya partisipasi, Kementerian Koperasi mendukung pameran yang digelar oleh pihak lain, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, event organizer, serta asosiasi.

Bentuk dukungannya yakni Kementerian akan membeli sekitar 5-15 stan yang nantinya akan diisi oleh UKM binaan. Dengan anggaran sekitar Rp6,7 miliar, tahun ini ada 40 event pameran, baik tingkat nasional maupun lokal yang didukung kementerian.

Tahun 2016 pemerintah kembali menargetkan untuk membina 500 UKM potensial yang akan diajak dalam berbagaipameran. Satu UKM rata-rata mendapat kesempatan ikut pameran gratis sebanyak 1-2 kali.

Syarat UKM yang dapat mengisi stan tersebut yakni usahanya bergerak dalam bentuk produksi bukan perdagangan, produknya berbahan baku lokal, berdaya saing, dan menyerap tenaga kerja, tuturnya.

Selain pameran di dalam negeri, Kementerian juga memberikan fasilitas stan pameran gratis bagi mitra binaannya dalam event di luar negeri.

Khusus untuk pameran di Asia Tenggara, biasanya pemerintah hanya mensubsidistan. Sementara untuk pameran di luar Asia Tenggara, Kementerian memberikan subdisi 50% biaya perjalanan, serta menggratiskan biaya kargo dan stan pameran.

Yoseva, Asisten Deputi Urusan Expor Impor Kementerian Koperasi dan UKM, menuturkan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi UKM yang ingin mendapatkan kesempatan tersebut.

Pertama, usahanya harus berskala kecil dan menengah dan menggunakan bahan baku lokal.Kedua, produknya cocok dengan target pasar dan berpotensi ekspor.

Ketiga, UKM tersebut sudah siap dari segi kemampuan kapasitas produksi dan finansial.Keempat, UKM bisa mempertahankan kualitas produknya dan bisa memenuhi order dalam jumlah besar.

Kelima,pelaku usaha juga harus siap mental sebab prosedur untuk transaksi eksporbiasanya lebih panjang dan syaratnya juga banyak.

Dalam setiap pameran biasanya UKM yang dibawa sekitar 10-20. Diutamakan UKM yang punya nilai tambah serta sudah memiliki hak cipta merek, kata Yoseva.

Dalam setahun, Kementerian mengikuti sekitar 17-19 pameran luar negeri seperti di Birmingham, Qatar, Australia, Korea, Las Vegas, Dubai, China, Hongkong, Vietnam, Malaysia.

Selain Kementerian, BUMN juga mengalokasikan dana CSR khusus untuk program kemitraan dan bina lingkungan. Salah satu BUMN yang aktif memberikan pembinaan UKM yakni PT Pertamina.

Wianda Pusponegoro, Kepala Humas Pertamina, mengungkapkan kesempatan ikut pameran gratis adalah salah satu dari fasilitas yang diberikan kepada para mitra binaan. Selain itu UKM binaan juga mendapat pinjaman lunak, serta pemberdayaan lewat workshop dan pelatihan.

Dari puluhan ribu mitra binaan Pertamina yang ada di berbagai daerah, biasanya akan dipilih secara bergiliran untuk ikut dalam pameran di dalam dan luar negeri.

Kalau ikut Expo yang di luar negeri biasanya kami membawa 3-5 mitra binaan secara bergiliran disesuaikan dengan target pasar. Dalam satu tahun rata-rata satu UKM dapat kesempatan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper