Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Valentine adalah salah satu peak season bagi kami.
Valentine adalah salah satu peak season bagi kami.

Valentine=Masa Panen

Bunga kerap hadir dalam berbagai momen. Saat ada acara sukacita seperti kelahiran, ulang tahun, wisuda, pernikahan, wedding anniversary pasti ditemukan rangkaian bunga. Begitu pun jika ada yang meninggal dunia, rangkaian bunga pun ada di sana.

Sementara itu, di dalam bidang bisnis, rangkaian bunga sering diberikan sebagai bentuk ungkapan apresiasi pada orang yang naik jabatan atau hari jadi perusahaan.

Hampir semua pelaku usaha bunga juga mengalami masa-masa panen jelang perayaan hari besar agama dan hari Valentine. Ya, perayaan hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari biasanya menjadi menjadi momen di mana rangkaian bunga akan laris manis. Banyak orang yang berusaha mengungkapkan perasaan sayang kepada yang dikasihinya lewat bunga.

“Valentine adalah salah satu peak season bagi kami. Banyak yang memesan bloom box,” kata Anne Claudia, pemilik Jordin Flowers yang berdiri sejak awal 2014 di Jakarta.

Saking padatnya permintaan pada momen tersebut, biasanya dia meminta waktu minimal tiga hari. Akan tetapi Anne juga berusaha meladeni jika ada konsumen yang memesan dalam waktu yang mepet.

Bloom box memang sudah menjadi produk unggulan Jordin Flowers. Rangkaian bunga yang dimasukkan ke dalam kotak lalu dipercantik dengan pita.

Tak sekedar merangkai bunga, Anne sangat selektif dan ketat dalam memilih bunga yang akan digunakan. Biasanya dia selalu berupaya agar kombinasi bunga yang dirangkai sesuai dengan favorit si penerima. Untuk menjaga kesegarannya, dia membuat rangkaian bunga pada hari pengiriman.

Berkaca dari pengalaman pada Hari Valentine sebelumnya ketika permintaan selalu membludak dibandingkan bulan biasa, Anne sudah menyiapkan produk bloom box bertema kasih sayang sejak jauh hari. 

“Khusus untuk Valentine tahun ini, kami menyiapkan tiga jenis kotak yang berbeda, yakni berbentuk bulat, bentuk segi empat dan bentuk hati,” jelasnya.

Soal harga untuk satu rangkaian bunga, semua bervariasi disesuaikan dengan jenis bunga dan kerumitan pembuatannya.  Namun untuk tarif dasar, dia membanderol mulai dari Rp750.000.

Konsumen untuk bloom box mayoritas adalah pasangan yang membeli bunga sebagai hadiah untuk pasangannya. Selain itu juga kalangan pebisnis, serta anak muda dewasa yang memang menghargai keindahan bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Tren Cepat Menyebar
Halaman Selanjutnya
Tips Memulai Usaha
Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Rabu (27/1/2016)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper