Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas pengetahuan tentang bunga.
Perluas pengetahuan tentang bunga.

Tips Memulai Usaha

Bisnis rangkaian bunga pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk dimulai. Akan tetapi, sebelum memutuskan terjun ke bisnis ini karena tergiur dengan prospek yang menjanjikan, simak lebih dulu beberapa tip berikut:

  1. Suka bunga. Kreatifitas adalah modal terpenting untuk membuat bisnis ini bertahan dan berkembang. Jangan hanya mengejar keuntungannya, tetapi pastikan Anda memang memiliki passion dalam bidang yang terkait dengan bunga dan menyukai proses merangkainya.
  2. Berlatih. Keluarkan kreasi terbaik Anda dengan terus berlatih menata dan mempadupadankan warna dan jenis bunga agar terlihat harmonis. Asah terus bakat lewat kursus ataupun mempelajarinya secara otodidak.
  3. Ciri Khas. Perbanyak referensi dan melihat tren rangkaian bunga yang populer, kemudian aplikasikan dengan tetap mempertahankan ciri khas. Ciri khas ini bisa berupa warna boks atau penggunaan jenis bunga tertentu. Keunikan ini perlu agar produk kita bisa langsung dikenali konsumen.
  4. Variatif. Beberapa jenis bunga yang sering dicari konsumen yakni mawar, tulip, anggrek, serta lily merah dan merah muda. Akan tetapi semakin bervariasi bunga yang Anda tawarkan akan semakin baik. Untuk bunga impor dapat dicari di distributor atau supplier produk impor. Sementara itu, bunga lainnya bisa ditemukan di pasar khusus bunga di dekat lingkungan Anda.
  5. Temukan rekanan yang tepat. Jika Anda punya hasrat besar dalam bunga tetapi merasa bahwa kemampuan merangkai Anda terbatas, carilah orang yang handal di bidang itu dan ajak kerja sama. Anda bisa saja fokus pada pemasaran sementara rekan Anda mengurus produksi.
  6. Promosi. Media sosial tidak berbayar seperti Instagram, Facebook ataupun Path adalah saluran pemasaran yang sangat efektif untuk rangkaian bunga ini. Pelajari langkah pemasaran online yang efektif, seperti menggunakan foto yang baik, hashtag yang tepat, rajin update, konsisten dalam penggunaan tema foto, serta manfaatkan jasa endoser.
  7. Perluas pengetahuan tentang bunga. Pengetahuan yang luas akan berguna untuk menambah kepercayaan konsumen sehingga mereka mengandalkan Anda ketika hendak mencari bunga untuk momen tertentu. Cari tahu mulai dari asal usul bunga, makna masing-masing bunga, cara perawatannya agar tidak mudah layu dan lain-lain.

Sumber: Wawancara, diolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Valentine=Masa Panen
Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Rabu (27/1/2016)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper