Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Siswa Jateng dan NTT Belajar Potensi Daerah

Lima badan usaha milik negara atau BUMN mengajak 20 siswa berprestasi asal Jawa Tengah mengunjungi Nusa Tenggara Timur dan sebaliknya, untuk mengenal potensi daerah setempat.
/Perumnas
/Perumnas

Bisnis.com,SEMARANG--Lima badan usaha milik negara atau BUMN mengajak 20 siswa berprestasi asal Jawa Tengah mengunjungi Nusa Tenggara Timur dan sebaliknya, untuk mengenal potensi daerah setempat.

Kegiatan ini dalam rangkaian kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dan BUMN Hadir untuk Negeri guna memperingati HUT Proklamasi RI ke-71


Selain memfasilitasi siswa berprestasi dari Jawa Tengah ke NTT, lima BUMN yang terdiri dari Perum Perumnas, Perum Peruri, PTPN IX, Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) dan Sarinah menerima kunjungan siswa dari NTT ke Jawa Tengah selama satu minggu. Dalam kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini, terdapat dua siswa luar biasa (SLB) menjadi delegasi terpilih.


"Ini sebagai bentuk kontribusi BUMN dalam membangun kapasitas nasional yang tidak hanya mengutamakan sisi bisnis tapi juga kepedulian terhadap generasi penerus bangsa,” jelas Direktur Keuangan dan SDM Perum Perumnas Hakiki Sudrajat dalam acara pisah sambut 20 siswa dari Jateng dan NTT, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (4/8/2016).


Para siswa disambut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Direktur Keuangan dan SDM Perum Perumnas Hakiki Sudrajat, Direktur Keuangan Perum Peruri Antonius, Direktur PT Kawasan Industri Wijayakusuma S Wahyu Hidayat, Direktur Keuangan PT Sarinah Sumini, perwakilan direksi PTPN IX dan PT Semen lndonesia.


Selama berada di Jateng, para siswa NTT akan diperkenalkan dan mempelajari perekonomian, industri UKM Jamu, Batik Pekalongan, dan budaya Jawa Tengah, termasuk mengunjungi Kawasan industri Kusuma Wijaya, proyek Perum Perumnas Sentraland Semarang, pabrik PT Semen lndonesia.


Menurut Antonius selaku Direktur Keuangan Peruri, selain Siswa Mengenal Nusantara, juga diisi berbagai kegiatan seperti bedah rumah veteran, BUMN Mengajar, pembuatan sumur bersih di Desa Wunung Gunung Kidul, penyediaan mandi cuci kakus di Brebes, eletrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik di Wonosobo, pembinaan mantan atlet, pembinaan desa terpencil, dan pasar murah.


Kegiatan yang digagas dan dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN ini meliputi berbagai program kerja, baik yang bersifat peringatan dan perayaan HUT Rl, maupun kegiatan yang bersifat kontinyu dengan wilayah sebaran implementasi program mencakup 34 provinsi di Indonesia.


Kegiatan yang bersifat peringatan dan perayaan kemerdekaan yaitu jalan sehat di Semarang yang direncanakan pada pada tanggal 14 Agustus 2016.

"Ada pasar murah, berbagai perlombaan, upacara 17 Agustus, dan pemutaran fiim anak-anak yang memiliki konten tentang pendidikan,” tambah Antonius.

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara bertujuan meningkatkan wawasan pendidikan, kebangsaan, dan kecintaan terhadap Tanah Air.

Kegiatan yang dinamakan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini merupakan pertukaran pelajar SMU/SMK untuk melakukan perjalanan guna meningkatkan wawasan pendidikan, kepemimpinan, dan budaya. Selain SMN, kegiatan yang terkait dengan pendidikan masih ada satu program lagi yaitu BUMN Mengajar, lanjut Antonius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper