Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miwon dan Dompet Dhuafa Bantu 250 Pedagang Bakso di Jakarta

Potensi usaha makanan dengan gerobak terhitung cukup prospektif
Tukang bakso keliling/Ilustrasi-Metronews
Tukang bakso keliling/Ilustrasi-Metronews

Bisnis.com, JAKARTA- Potensi usaha makanan keliling dengan moda gerobak terbilang sangat prospekstif, selama masyarakat masih butuh makanan dan jajanan setiap hari. Profit yang dihasilkan dari usaha jenis ini pun cukup memuaskan.

Terlebih, sistem yang digunakan untuk jenis usaha ini adalah sistem ”jemput bola”, yakni pedagang yang mendatangi konsumen, sehingga usaha ini sangat sesuai bagi mereka yang memiliki modal kecil. Namun, berkembangnya usaha makanan keliling ini juga tidak lepas dari beberapa aspek penting, seperti aspek produksi (keamanan pangan) dan managerial (pengembangan usaha). Seorang pedagang gerobak keliling harus memahami aspek tersebut guna meningkatkan kapasitasnya sebagai pengusaha kecil mandiri.

Aspek produksi dan managerial sangat berpengaruh kepada omset yang akan mereka capai. Pembekalan dua aspek tersebut adalah kunci utama para pedagang untuk bisa menjalankan usahanya. Dilatarbelakangi hal tersebut, PT. Miwon Indonesia bersama Dompet Dhuafa kembali menggagas Program Pedagang Tangguh Miwon 5. Program ini ditujukan kepada para pedagang keliling, khususnya pedagang bakso.

Selain memberikan pembekalan, program ini juga mengajak para pedagang bakso untuk tidak menggunakan bahan tambahan pangan (BTP) berbahaya seperti boraks, formalin dan pewarna tekstil. Tujuannya tak lain agar sajian makanan yang dijual adalah makanan sehat dan layak dikonsumsi. Sasaran utama Program Pedagang Tangguh Miwon 5 adalah 50 mitra pedagang bakso yang berada di wilayah Kebagusan, Kebayoran Lama, Jagakarsa, Kalibata, Duren Tiga, Pejaten, Mampang – Jakarta Selatan.

Bentuk bantuan yang diberikan yakni berupa 1 unit  gerobak bakso dorong dan pembiayaan usaha. Tidak hanya itu, mitra-mitra program pedagang tangguh miwon ini juga diberikan penguatan berupa capacity building dan pendampingan usaha.

Vice President Director PT. Miwon Indonesia, Mr. Lee Dongwon mengatakan, sampai dengan program Pedagang Tangguh Miwon 4, jumlah penerima manfaat bantuan gerobak dorong sebanyak 250 mitra yang tersebar di wilayah Pulo Gadung, Cakung, Cipinang, Jatiwaringin, Kamp. Bayur, Bidara Cina,Pasar Minggu, Lebak Bulus, Ragunan, Kalibata, Mampang, Kebagusan, Blok M, Kuningan, Mampang, Ragunan, Pejaten, Mampang, Cilandak, Kebayoran Lama dan Bintaro

”Dengan adanya Program Pedagang Tangguh Miwon 5 ini, total mitra pedagang bakso binaan PT. Miwon Indonesia-Dompet Dhuafa menjadi 300 mitra. Mitra-mitra binaan ini tersebar di wilayah Jakarta Timur dan Selatan,” terang Lee Dongwon dalam siaran persnya

Program  Pedagang Tangguh Miwon merupakan program kerjasama PT. Miwon Indonesia-Dompet Dhuafa yang telah berlangsung dari tahun 2011. Untuk dapat menjadi mitra program ini, para pedagang bakso harus mengikuti proses assessment dan verifikasi.

”Program Pedagang Tangguh Miwon menjadi salah satu program karakter mitra ekonomi  yang mampu membentuk kemandirian para pedagang bakso. Hal ini terbukti, para mitra mengaku adanya peningkatan omset setelah mengikuti program pedagang tangguh miwon,” ujar Ismail A. Said selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa.

Ismail menambahkan, melalui program Pedagang Tangguh Miwon ini diharapkan dapat terciptanya komunitas pedagang bakso tangguh dan mandiri, yang mampu menyediakan kebutuhan bakso yang sehat dan higienis di wilayah Jakarta Timur dan Selatan sebagai basis program pedagang tangguh Miwon.

Program Pedagang Tanggung Miwon 5 ini diluncurkan sekaligus dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun PT. Miwon Indonesia ke-43. Program ini merupakan sumbangsih PT. Miwon kepada masyarakat Indonesia guna menciptakan ekonomi mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper