Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Perdana, IOC Tekankan Pentingnya Peran Psikologi Bisnis

Dalam rangka memperingati satu tahun berdirinya, Industrial and Organizational Club (IOC) menggelar seminar pentingnya peran psikologi dalam dunia bisnis pada Sabtu (17/12/2016).
Siluet karyawan di dekat monitor Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Senin (3/10)./JIBI/Bisnis/NurulHidayat
Siluet karyawan di dekat monitor Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Senin (3/10)./JIBI/Bisnis/NurulHidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati satu tahun berdirinya, Industrial and Organizational Club (IOC) menggelar seminar pentingnya peran psikologi dalam dunia bisnis pada Sabtu (17/12/2016).

Founder/Ketua IOC Wustari Mangundjaya menjelaskan seminar tersebut membahas mengenai tantangan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, ditinjau dari pendekatan psikologis.

"Dalam lingkungan yang selalu berubah, organisasi harus melakukan penyesuaian, antara lain dengan melakukan perubahan organisasi maupun melakukan berbagai kegiatan pengelolaan manajemen SDM untuk dapat mencapai tujuan organisasi," ujarnya di sela-sela acara tersebut di Ballroom Bank Bukopin, Jakarta.

Menurutnya, efektivitas pencapaian tujuan organisasi tidak terlepas dari peran manusia, dalam hal ini karyawan. Untuk itu, psikologi industri dan organisasi sebagai ilmu yang mempelajari mengenai perilaku manusia di industri, pekerjaan dan organisasi selayaknya ikut berkembang untuk menjawab tuntutan lingkungan. 

"Pemahaman serta pengetahuan mengenai pengelolaan SDM dan organisasi sangat penting bagi para praktisi dan profesional di bidang industri dan organisasi, sehingga lembaga IOC diperlukan," kata Wustari. 

IOC merupakan komunitas para profesional dan akademisi yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM serta pengembangan organisasi dengan latar belakang pendidikan psikologi, baik sarjana (S1), magister (S2) maupun doktoral (S3). 

IOC pada saat ini memiliki 420 anggota dari bermacam-macam industri. Tujuan organisasi ini adalah mengembangkan wacana dan kompetensi anggotanya untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan bisnis.

Pada acara First Anniversary IOC, tema yang diusung adalah Psikologi dan Bisnis. Dalam hal ini, IOC ingin memperoleh wacana yang lebih lengkap dan utuh mengenai peran psikologi dalam dunia bisnis, baik dari Perguruan Tinggi maupun pelaku bisnis mengenai Peran Psikologi pada dunia usaha dan masyarakat.

"Intuk itu seminar mengenai psikologi dan bisnis dilakukan, dengan mengundang para praktisi bisnis dan perusahaan; yaitu Dekan Fakultas Psikologi UI; CEO XL-Axiata; Managing Director Shell Lubricants," papar Wustari.

Selain itu pula, pada acara ini IOC juga meluncurkan buku perdanannya yang berjudul Bunga Rampai Psikologi dalam Manajemen SDM dan Pengembangan Organisasi, serta mengesahkan legalitas komunitasnya menjadi Perkumpulan Praktisi Psikologi Industri dan Organisasi Indonesia.

Dengan berkembangnya aktivitas yang ada, serta pertanggungjawaban legalitas dari organisasi maka pada Desember 2016 juga IOC telah berbadan hukum secara legal sebagai Perkumpulan. 

"Diharapkan dengan adanya badan hukum yang jelas akan lebih memudahkan bagi IOC untuk bergerak serta menjalin mitra dengan berbagai pihak," ujarnya.

Ke depan, kegiatan yang akan dilakukan IOC antara lain; melanjutkan kegiatan SLN sesuai dengan tema yang diperlukan, melanjutkan kegiatan pendampingan bagi UMKM, dan memulai kerja sama baru dengan Kemnaker pada kegiatan job counselling.

Selain itu juga mengadakan kegiatan pelatihan dan workshop dengan memberdayakan potensi yang terdapat pada anggota IOC, melakukan kegiatan mentoring, melakukan riset untuk topik-topik yang berhubungan dengan IO dan SDM, menulis buku, dan melakukan IOC Care khususnya yang berhubungan dengan profesi IOC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper