PARSEL LEBARAN: Beri Kejutan Lewat Kotak Mungil Hampers

Momen hari raya, termasuk Idulfitri, tidak dilewatkan begitu saja oleh Hampeneer. Bisnis hampers yang dijalankan oleh dua sahabat yaitu Yulsylvia dan Clarissa Ling ini menyiapkan bingkisan khusus untuk merayakan hari besar keagamaan tersebut
Annisa Margrit | 18 Juni 2017 07:54 WIB
. - .

Bisnis.com, JAKARTA- Momen hari raya, termasuk Idulfitri, tidak dilewatkan begitu saja oleh Hampeneer. Bisnis hampers yang dijalankan oleh dua sahabat yaitu Yulsylvia dan Clarissa Ling ini menyiapkan bingkisan khusus untuk merayakan hari besar keagamaan tersebut.

Hampeneer, yang resmi berdiri pada pertengahan 2016, menawarkan dua paket bagi konsumen yang ingin merayakan Lebaran. Paket pertama berisi kue kering, tanaman succulent, kartu ucapan, dan potpourri. Kue kering disebut melambangkan hadiah Ramadan, sedangkan tanaman succulent diharapkan melambangkan pertumbuhan ibadah.

Sementara itu, paket kedua berupa kue lapis Surabaya. Kedua paket itu dikemas dalam kotak kayu yang unik sehingga dapat digunakan kembali oleh para penerimanya.

“Ide pembuatan hampers kami dapatkan dari melihat kebutuhan konsumen dan melihat tren saat ini. Biasanya kami melakukan brainstorming untuk mendapatkan ide dengan melihat media sosial dan juga beberapa situs tempat orang membagikan ide mereka, seperti Pinterest,” papar Yulsylvia.

Saat ini, seluruh hampers yang dijual dibuat sendiri oleh dia dan rekannya. Lama proses pembuatan berbeda-beda, tergantung tingkat kerumitan, tapi maksimal selama dua minggu.

Namun, banyaknya permintaan yang masuk membuat mereka harus menambah tenaga kerja paruh waktu. Maklum, para pemiliknya masih berstatus mahasiswi sehingga waktu dan tenaga yang dipunyai pun terbatas.

Per bulannya, Hampeneer mendapatkan 2-3 pesanan tiap bulan. Namun, pada momen tertentu seperti hari raya, Tahun Baru, dan Valentine jumlahnya meningkat pesat.

Selain untuk momen hari raya, Hampeneer menerima pesanan untuk semua acara. Mulai dari bridal shower, hadiah kepada pengiring pengantin, ulang tahun anak, ulang tahun pernikahan, hadiah wisuda, hingga proyek kantor.

“Biasanya, kami menjual hampers secara musiman dan menerima permintaan khusus. Untuk barang yang dijual seasonal, konsumen dapat memilih produk yang siap dipesan (ready to order) dan juga bisa melakukan request tapi dengan jumlah pemesanan minimum,” terang Yulsylvia.

Pendapatan yang diperoleh bisa mencapai Rp6 juta pada bulan-bulan biasa. Namun, untuk paket hari raya, Hampeneer dapat memperoleh omzet hingga Rp11 juta. Padahal, modal yang dikeluarkan hanya Rp5 juta.

Hampeneer, yang memiliki moto share your happiness, berupaya terus mengembangkan bisnis hampers dengan memperluas cakupan barang yang dapat dibuat dan memperluas jaringan konsumen hingga ke luar negeri.

Tag : parsel
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top