Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Rambak Sambut Positif Bedah Rumah

Warga Desa Rambak, Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut positif bedah rumah dari Real Estate Indonesia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 14 April 2018  |  11:08 WIB
Rumah Bersubsidi - Bisnis
Rumah Bersubsidi - Bisnis

Bisnis.com, PANGKALPINANG -- Warga Desa Rambak, Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut positif bedah rumah dari Real Estate Indonesia.

Seorang warga desa Rambak, Notura atau Tura, pada usia di atas 80 tahun tinggal bersama cucunya. Rumah milik Tura menjadi salah satu dari 46 unit rumah yang mendapatkan kesempatan bedah rumah dari Realestat Indonesia (REI).

Tura adalah orang Madura yang sudah lama tinggal di Sungailiat, Bangka Belitung. Rumah milik Tura adalah salah satu rumah yang mendapatkan dana CSR dari PT Intiland Development Tbk. untuk bedah rumah.

Awalnya, rumah Tura tidak memiliki dinding dari semen, beralaskan tanah dan atap dari bambu. Kini, rumah tersebut disulap dengan dua kamar dan berdinding semen. Kondisi ini jelas berubah 180 derajat, dari rumah yang tak berdinding dan rumah berdinding membuat ruang ventilasi menjadi berkurang.

"Saya tak masalah rumahnya baru, senang karena diubah dengan gratis," kata Tura, Kamis sore, (13/4/2018).

Theresia Rustandi, Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk ini mengatakan perusahaan menyumbang satu bedah rumah dari total 46 rumah yang akan dibedah oleh REI. Ada pun REI yang membangun rumah dari kucuran dana Intiland Foundation.

"Satu rumah itu kira-kira dananya Rp50 juta," ungkap Theresia.

Theresia mengaku desain bedah rumah ini menjadi kebijakan DPD REI Bangka Belitung. Tak menutup kemungkinan, bedah rumah ini tidak selalu dengan konsep rumah tapak, tetapi bisa jadi rumah yang ideal dengan kearifan lokal setempat. Selain itu, rumah bisa didesain dengan lebih banyak ventilasi mengingat kawasan di Desa Rambak memiliki suhu udara yang cukup panas.

"Ini ada 25 kampung, ide mengubah desain rumah bisa saja, tetapi itu terserah dari pihak DPD REI setempat," tutur Theresia.

Selain Intiland Development Tbk, perusahaan lain yang memberikan bedah rumah adalah PT Pantai Timur Sungailiat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bedah rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top