Aetra Bangun Tempat Penampungan Sampah di Pondok Kelapa

PT Aetra Air Jakarta membangun tempat penampungan sampah (TPS) di kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur.
Feni Freycinetia Fitriani | 26 Oktober 2018 20:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--PT Aetra Air Jakarta membangun tempat penampungan sampah (TPS) di kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Direktur Operasional Aetra Lintong Hutasoit mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) perusahaan.

"Kami merasa pembangunan TPS ini sangat urgent atau dibutuhkan oleh warga RW 5. Awalnya, mereka buang sampah di pinggir kali, lalu pindah di pinggir jalan. Aetra lantas memutuskan membangun tempat sampah sebagai CSR kepada warga," katanya di kantor Aetra WTP Buaran, Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018).

Dia menuturkan alasan utama TPS tersebut diserahterimakan kepada Kelurahan Pondok Kelapa karena wilayah tersebut merupakan lingkungan terdekat Aetra Jakarta.

TPS dibangun di pinggir Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur tepatnya di samping pintu masuk Kantor Pengolahan Air Buaran.

Selain menimbulkan bau tak sedap, banyaknya gerobak dan tumpukan sampah juga membuat pemandangan di area tersebut tak enak dilihat.

Lintong mengatakan pada mulanya Aetra tidak menganggarkan dana khusus untuk membangun fasilitas TPS di RW 5 Pondok Kelapa. Namun, perusahaan langsung mengalokasikan anggaran mengingat lahan pembuangan sampah sangat dibutuhkan warga.

"Dana untuk membangun tembok, pagar, tempat sampah berukuran besar sekitar Rp250 juta. Semua pihak sangat puas dengan dibangunnya TPS Pondok Kelapa. Setelah ini, kami berencana membangun bank sampah," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Lurah Pondok Kelapa Siska Leonita mengatakan salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah yakni sulitnya mencari lahan untuk dijadikan TPS.

Menurutnya, satu-satunya solusi memang membangun TPS tetapi selalu terganjal tidak tersedianya tanah di sekitar wilayah tersebut.

"Pemerintah DKI sebenarnya siap membangun, tetapi lahan yang bisa digunakan enggak ada. Warga banyak yang menolak lahannya di bebaskan karena untuk tempat sampah jadi pasti menimbulkan bau dan kotor," ungkapnya.

Karena itu, dia menyambut baik niat Aetra untuk menyumbang CSR berupa pembangunan TPS di pinggir Jalan Raya Kalimalang. Meski lokasinya di dekat jalan raya, adanya tembok yang cukup tinggi membuat sampah dapat ditampung secara maksimal.

Dia berharap warga RW 5 Pondok Kelapa tidak lagi membuang sampah sembarangan dan dapat menjaga kebersihan TPS tetap bersih

"Target kami ke depannya bagaimana memberi pemahaman warga soal zero waste. Jadi, sampah yang ada di kawasan Pondok Kelapa bisa diolah sebelum dikirim ke tempat pembuangan akhir [TPA]," jelas Siska.

Sebelumnya, Aetra juga pernah menggelar CSR bagi warga Pondok Kelapa, yaitu melakukan pemeriksaan mata gratis, penananam pohon di pinggir kali Buaran, serta RPTRA di Ikapola.

Tag : csr, aetra
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top