Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Rahasia Sukses ala Warren Buffett

Buffett juga bisa dibilang juaranya moto kepemimpinan dan pengembangan pribadi. Ia tak pelit membagikan saran berharga untuk meningkatkan kehidupan kita.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  14:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Warren Buffett bisa dibilang adalah investor terbesar dalam sejarah peradaban manusia.

Mulai berinvestasi sejak berusia 11 tahun, magnet bisnis ini dikenal sebagai investor ulung. Tak banyak investor yang dapat ‘bermain’ selihai pemilik perusahaan konglomerasi Berkshire Hathaway ini.

Segala tindak tanduk mulai dari gaya hidup hingga kata-kata yang diucapkannya menjadi perhatian pelaku pasar ataupun masyarakat awam yang berharap bisa bernasib baik seperti dirinya.

Buffett juga bisa dibilang juaranya moto kepemimpinan dan pengembangan pribadi. Ia tak pelit membagikan saran berharga untuk meningkatkan kehidupan kita.

Salah satu saran yang ia berikan adalah aturan yang ia sebut sebagai kunci kesuksesannya. Aturan ini didasarkan pada prinsip utama keuangan yang ia terapkan secara tertib.

Tak butuh modal besar, formula Buffett untuk mencapai kesuksesan adalah pergi tidur dalam kondisi yang lebih cerdas.

Kedengarannya memang sederhana. Tapi seperti bunga majemuk, beginilah cara pengetahuan berkembang. Dalam beberapa tahun, cara ini mulai membuahkan hasil.

“Begitulah cara pengetahuan berkembang. Seperti bunga majemuk,” tutur Buffett, seperti dilansir dari Inc.

Nah, Buffett punya cara terbaik bertambah cerdas setiap harinya yaitu dengan BANYAK membaca.

Kebiasaan ini ia atributkan sebagai sarana dasar untuk meningkatkan pengetahuan. Ia terkenal rakus membaca. Sekitar 80 persen dari waktu kesehariannya dihabiskan dengan membaca.

Siapa pun yang berharap untuk mencapai kesuksesan disarankannya untuk membaca 500 halaman per hari. Artinya juga, siapa pun harus rela meluangkan waktu untuk membaca.

“Saya membaca dan berpikir. Jadi saya lebih banyak membaca dan berpikir,” ujarnya.

Upaya Buffett untuk meningkatkan pengetahuannya tidak dibatasi pada membaca buku saja. Dia membaca enam surat kabar sehari, termasuk Wall Street Journal, Financial Times, New York Times, USA Today, Omaha World-Herald, dan American Banker.

Pada dasarnya, maksud dari formula ini adalah untuk membuat kemajuan apa pun yang kita bisa. Apakah membuat target membaca 500 halaman buku seperti saran Buffett atau hanya membaca 15 halaman setiap hari, membaca jelas memberi banyak manfaat bagi diri kita. Yuk, kita baca buku!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett Kiat Sukses
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top