Ingin Karyawan Anda Tetap Optimistis? Ini Kuncinya

Tingkat produktivitas karyawan sangat dipicu oleh motivasi dan keseimbangan hidup.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 28 April 2020  |  06:01 WIB
Ingin Karyawan Anda Tetap Optimistis? Ini Kuncinya
Ilustrasi - Tashamscott

Bisnis.com, JAKARTA – Work Life Balance adalah salah satu konsep hidup seimbang untuk menjaga produktivitas karyawan.

Tingkat produktivitas karyawan sangat dipicu oleh motivasi dan keseimbangan hidup. Pasalnya hidup karyawan yang sehat dan seimbang menjamin kewarasan dan semangat kerja yang konstan. Sayangnya di tengah pandemi Covid-19, dampak yang terjadi tak hanya pada sektor kesehatan melainkan juga pada ekonomi Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah potensi terjadinya pemotongan hak dan gaji karyawan sampai dengan pemutusan hubungan kerja atau PHK di beberapa perusahaan. Hal ini mengingatkan kembali pentingnya meningkatkan optimisme karyawan melalui pandemi Covid-19.

Seperti dilansir dari Global Talent Trends Report, 2020, yang dikeluarkan oleh Linkedin ada 5 hal penting yang menjadi tips menjaga dan meningkatkan optimisme karyawan. Lima hal ini adalah standar dasar perusahaan untuk membangun semangat, meningkatkan produktivitas, dan iklim yang sehat dalam perusahaan.

Pertama, pentingnya perusahaan mendengarkan dan mau bertindak taktis serta cepat dalam upaya pemenuhan kebutuhan karyawan. Langkah dialog ini juga penting untuk menjaring saran-saran konstruktif dari karyawan dalam membangun perusahaan. Cara ini diyakini bisa memacu kepercayaan dan semangat karyawan dalam bekerja.

Kedua, pentingnya perusahan menyusun perencanaan jangka panjang dengan melibatkan karyawan. Linkedin menulis, keterlibatan karyawan dalam menyusun perencanaan jangka panjang perusahan membangun rasa kepercayaan dan perasaan dihargai sebagai anggota perusahaan.

Ketiga, pentingnya melibatkan karyawan dalam mengidentifikasi masalah, melakukan sharing dalam upaya mencari jalan keluar atas masalah atau tantangan yang dihadapi perusahaan.

Keempat, melakukan upaya meminimalisir konflik antar karyawan maupun dengan struktural perusahaan melalui langkah win-win solution.

 Kelima, pentingnya keterbukaan, transparansi, dan respon yang lugas dan cepat antar anggota perusahaan.

Demikianlah 5 langkah meningkatkan optimisme karyawan dalam perusahaan. Semoga sejumlah langkah ini bisa membantu perusahaan dalam menjaga optimisme dan semangat karyawan melalui masa pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
karyawan, produktivitas

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top