Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Usai Covid-19, Pengusaha Perlu Pertimbangkan Prospek Area Bisnis Baru

Semua bisnis turut terdampak oleh kebijakan lockdown atau pembatasan sosial yang diberlakukan sejumlah pemerintah dunia.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  18:56 WIB
/galleryhip.com
/galleryhip.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika perilaku pelanggan berubah, mereka akan membentuk kembali model bisnis di dunia pascapandemi virus corona.

Semua bisnis turut terdampak oleh kebijakan lockdown atau pembatasan sosial yang diberlakukan sejumlah pemerintah dunia.

Antisipasi isolasi sosial ini kemudian menutup sebagian besar bisnis dan memaksa orang-orang bekerja dari rumah untuk memperlambat penyebaran virus.

Bagian ini berupaya menyoroti peluang untuk membentuk kembali downtime kunci pas bagi pemilik usaha kecil

Michael Jjingo, General Manager Perbankan Komersial di Centenary Bank menyoroti peluang untuk membentuk kembali bisnis bagi pemilik usaha kecil.

Perlambatan global yang tak terhindarkan menyebabkan penderitaan bagi pengusaha kecil menengah.

Namun, temuan-temuan baru, adaptasi, dan mungkin bahkan naluri untuk melindungi dan melestarikan diri kita sendiri, secara kolektif memaksa kita untuk mengenali peluang baru.

"Beberapa perusahaan tidak hanya menunggu dengan diam, mereka telah beradaptasi di tengah situasi dan memperluas branding, merombak jalur produksi, dan memenuhi kebutuhan baru," seperti dikutip melalui PML Daily, Jumat (19/6).

Singkatnya, mereka telah mendengarkan kebutuhan pasar dan dengan berani mengambil satu atau dua risiko, menjadikan Covid-19 sebagai pendorong utama untuk pertumbuhan baru di beberapa sektor bisnis dan menghidupkan kembali sektor lain yang tidak aktif.

Dari segi produktivitas, kita melihat peningkatan yang kuat dalam layanan penyimpanan cloud, aplikasi pembayaran digital dan pertumbuhan perangkat tanpa kontak (contactless) karena pandemi.

"Kita juga melihat peluang dalam bisnis makanan segar, ruang penyimpan beku, makanan dan minuman impor berkualitas tinggi, serta peralatan memasak. Pertumbuhan permintaan juga meningkat untuk layanan belanja dan pengiriman ke rumah," ujarnya.

Di sisi lain, perusahaan konferensi video seperti Zoom, Google Meet, Webex, dan lain lain juga menerima manfaat secara signifikan, apalagi di kenormalan baru pertemuan daring telah menjadi sebuah kebiasaan.

Sektor lain yang berhasil memanfaatkan kondisi pandemi antara lain layanan streaming, industri jasa, teknologi, kesehatan, alat elektronik, dan layanan pembersih anti virus.

Di sisi konsumen, signage sekarang sangat diperlukan untuk memastikan bahwa tempat-tempat umum melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku.

Pasca Covid-19, pengelola dan penyewa kantor juga perlu melakukan pengaturan anggaran sewa dan perawatan yang di masa normal cukup mahal.

Kondisi ini akan membuka peluang di berbagai sektor terkait, seperti pendesainan ulang ruang kantor, membangun sistem kerja jarak jauh, platform perangkat lunak, dan layanan berbasis cloud.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top