Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wah, Pandemi Justru Bikin Untung Industri Ini

Meskipun terjadi penurunan ekonomi, sub-sektor tertentu dari industri ritel tetap bertahan, dan bahkan berkembang berkat anjuran agar masyarakat tetap di rumah.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  17:33 WIB
Ilustrasi - Livejournal
Ilustrasi - Livejournal

Bisnis.com, JAKARTA -- Dengan merebaknya Covid-19, beberapa bulan terakhir telah menjadi periode yang paling menantang secara ekonomi.

Sektor ritel, khususnya, telah menjadi salah satu yang paling terpukul, dengan banyak bisnis tutup tanpa batas waktu dan beberapa tidak tahu apakah mereka akan pulih.

Meskipun terjadi penurunan ekonomi, sub-sektor tertentu dari industri ritel tetap bertahan, dan bahkan berkembang berkat anjuran agar masyarakat tetap di rumah.

Dilansir melalui Entrepreneur pada Minggu (28/6), salah satu sub-sektor itu adalah industri perawatan hewan peliharaan. Berikut adalah alasannya: 

1. Hewan peliharaan tahan resesi

Industri hewan peliharaan sangat besar, nilainya diperkirakan mencapai US$281 miliar pada tahun 2023, menurut perusahaan riset pasar Edge by Ascential. Selain itu, industri ini tumbuh pada laju yang stabil selama 30 tahun terakhir.

Dengan semakin banyaknya hewan peliharaan yang dipandang sebagai anggota keluarga (bahkan sering menggantikan anak-anak ketika milenium menunggu lebih lama untuk menikah dan memiliki anak), pengeluaran untuk perawatan hewan peliharaan telah meningkat secara konsisten.

Nielsen melaporkan bahwa pengeluaran rumah tangga tahunan untuk makanan hewan di antara pemilik hewan peliharaan naik 36 persen antara 2007 dan 2017.

Untuk pertama kalinya, setengah dari orang yang sibuk dengan kegiatan di luar sebelum Covid-19 kini harus melakukan semuanya dari rumah. Mereka yang merindukan hubungan emosional telah dihibur oleh keberadaan hewan peliharaan mereka.

2. Hewan peliharaan menawarkan kenyamanan

Seperti yang diketahui pemilik hewan peliharaan, tidak ada sumber hubungan emosional yang lebih baik selain hidup bersama dengan anjing atau kucing.

Hewan peliharaan tidak hanya memberikan pertemanan, kenyamanan, dan dukungan, mereka juga memenuhi kebutuhan manusiawi kita akan sentuhan fisik.

Menurut penelitian ilmiah, berinteraksi dengan anjing atau kucing menurunkan tekanan darah dan kadar kortisol Anda, sambil merangsang oksitosin, serotonin, dan dopamin, bahan kimia yang membantu tubuh kita rileks.

3. Hewan peliharaan membutuhkan perawatan

Seiring meningkatnya popularitas kepemilikan hewan peliharaan, permintaan terhadap produk perawatan hewan peliharaan, seperti mainan, camilan, perawatan kesehatan, dan berbagai macam aksesoris hewan peliharaan lainnya ikut meningkat.

Selain itu, ketersediaan pasokan keperluan hewan peliharaan yang meningkat secara online plus kesempatan untuk terhubung dengan dokter hewan dan profesional lain dari jarak jauh melalui telehealth dan opsi online lainnya menjadikan industri ini diposisikan dengan baik untuk mengambil keuntungan dari keadaan yang disebabkan oleh Covid-19.

2020 adalah tahun bagi industri hewan peliharaan.

Di Small Door Veterinary, dari Februari hingga Mei, terlihat peningkatan 78 persen dalam keanggotaan, di samping kenaikan 174% dalam penggunaan telemedicine dan peningkatan 1.053% dalam lalu lintas web ke Pusat Pembelajaran online karena pemilik hewan peliharaan yang terisolasi mencari kepercayaan. sumber daya dan perawatan jarak jauh.

4. Hewan peliharaan adalah investasi yang bagus

Bagi mereka yang ingin memasuki industri hewan peliharaan, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Dengan kepemilikan hewan peliharaan dan belanja konsumen meningkat pesat, investasi di sektor ini akan terus berkembang.

Selama satu dekade terakhir, makanan hewan, mainan, aksesori, penawaran kesehatan, dan alat pelatihan juga telah berkembang pesat untuk memenuhi permintaan konsumen akan produk yang tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan atau psikologis tambahan untuk hewan peliharaan tetapi juga dilengkapi dengan nilai aestetik yang cocok untuk Instagram.

Walaupun mungkin tampak mengejutkan bahwa suatu industri dapat mengambil manfaat dari resesi dan pandemi, industri hewan peliharaan akan mengalami tahun terbaiknya kali ini.

Dengan semakin banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, pemilik menghabiskan lebih banyak waktu dengan hewan peliharaan itu, dan mengambil lebih banyak peluang untuk meningkatkan gaya hidup dan kesejahteraan hewan peliharaan mereka, kita dapat berharap untuk melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya selama periode resesi ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wabah caorona hewan peliharaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top