Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Michael Dell, Sang Pelopor Komputer PC

Perusahaannya yang berbasis di Round Rock, mencatatkan pendapatan US$92 miliar pada tahun yang berakhir hingga 31 Januari 2020 dari penjualan komputer pribadi (PC), server, dan perangkat lunak keamanan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  14:49 WIB
Michael Dell
Michael Dell

Bisnis.com, JAKARTA -- Michael Dell adalah pendiri dan CEO Dell Technologies dengan estimasi kekayaan senilai US$32,9 miliar yang menjadikannya orang terkaya ke-30 di dunia menurut Forbes.

Perusahaannya yang berbasis di Round Rock, mencatatkan pendapatan US$92 miliar pada tahun yang berakhir hingga 31 Januari 2020 dari penjualan komputer pribadi (PC), server, dan perangkat lunak keamanan.

Titan teknologi kelahiran Houston itu sempat berkuliah di University of Texas di Austin pada 1983 dengan tujuan mempelajari biologi dan mengejar karier sebagai dokter.

Perhatian Dell segera teralihkan dengan kegiatan menjual komputer dan keluar dari universitas.

Dilansir melalui Bloomberg, dengan modal awal US$1.000, Dell meluncurkan revolusi PC pada 1980-an dengan mendirikan Dell Computer Corporation (sekarang dikenal sebagai Dell Inc.), yang dimulai dari kamar asrama dan dengan cepat berkembang menjadi perusahaan. komputer raksasa.

Dia menjual saham dalam penawaran umum perdana tahun 1988, dan delapan tahun kemudian sahamnya bernilai lebih dari US$1 miliar.

Dell kemudian menciptakan perusahaan investasi MSD Capital pada tahun 1998 untuk mengawasi kekayaan keluarganya yang terus tumbuh.

Pada 2004, dia mengundurkan diri sebagai CEO Dell tetapi kembali ke posisi semula tiga tahun kemudian, setelah penjualan menyusut dan skandal akuntansi mendorong dewan perusahaan untuk meminta dia kembali menjabat.

Sejak itu, Dell telah memperluas lini produk perusahaan di luar PC dan laptop seperti layanan server, penyimpanan komputer, dan produk-produk jaringan.

Miliarder itu memprivatisasi bisnisnya pada tahun 2013. Dia setuju untuk membeli EMC Corp dengan harga sekitar US$67 miliar dalam akuisisi teknologi terbesar pada Oktober 2015.

Dell kembali terdaftar di Bursa Efek New York pada akhir 2018.

Sebagai seorang filantropis, Dell aktif berdonasi di mana sebagian besar sumbangannya disalurkan melalui Michael & Susan Dell Foundation, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan anak-anak yang berada dalam kemiskinan di seluruh dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komputer pc dell
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top