Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Hobi yang Bisa Menjadi Bisnis Rumahan

Orang-orang semakin senang untuk berkebun, memotret, membaca dan memelihara hewan di rumah mereka selama masa pandemi virus corona (Covid-19).
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  15:00 WIB
Berkebun bisa menjadi bisnis yang  menguntungkan selama pandemi virus corona (Covid-19). - Istimewa
Berkebun bisa menjadi bisnis yang menguntungkan selama pandemi virus corona (Covid-19). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu bagian terbaik dari memulai bisnis rumahan adalah kemampuan untuk mengubah sesuatu yang Anda sukai menjadi karier Anda.

Anda tidak hanya akan dapat menghabiskan keseharian tenggelam dalam sesuatu yang Anda nikmati sambil mencari nafkah, tetapi sering kali bisnis hobi adalah cara ideal untuk memulai karena Anda sudah tahu bagaimana melakukannya, sehingga memperpendek kurva belajar dan waktu untuk memulai.

Meskipun ada banyak hobi yang dapat diubah menjadi bisnis rumahan, berikut adalah lima hobi umum yang bisa Anda mulai menghasilkan uang dengan mudah, seperti dilansir melalui The Balance Small Business:

Jika hobi Anda tidak terdaftar, jangan khawatir. Dengan kreativitas, Anda dapat mengubah hampir semua hobi menjadi bisnis rumahan.

1. Fotografi

Apakah kamera berada di dekat Anda setiap saat? Apakah teman dan keluarga Anda selalu meminta Anda untuk mengambil gambar?

Fotografi tidak hanya merupakan ide bisnis rumahan yang layak tetapi juga ada banyak bentuk berbeda yang dapat diambil untuk dijadikan bisnis.

Jika lebih suka mengambil foto pemandangan, Anda dapat menjual fotografi Anda ke sumber foto online. Apakah Anda suka mengambil potret? Pertimbangkan memiliki studio di rumah Anda.

Anda bahkan dapat mengkhususkan diri pada objek anak-anak atau hewan peliharaan. Atau mungkin Anda suka bekerja di luar ruangan, dalam hal ini Anda bisa menjadi fotografer pernikahan atau acara lainnya.

2. Membaca

Apakah Anda seorang yang rajin membaca? Jika demikian, bayangkan mengubah kecintaan Anda pada buku menjadi penghasilan?

Ada beberapa cara Anda dapat menghasilkan uang dari buku. Seperti menjadi penulis resensi buku freelance atau memulai blog buku, dalam hal ini, Anda tidak hanya dapat dibayar, tetapi sering kali Anda akan mendapatkan buku-buku gratis juga.

Pilihan lain adalah memulai layanan penyuntingan tulisan, di mana Anda dapat membaca dan memperbaiki kesalahan dan membantu penulis meningkatkan hasil karya mereka.

Mungkin alih-alih membaca, Anda menikmati menulis juga. Jika Anda memiliki cerita atau informasi di dalam diri Anda yang menunggu untuk diceritakan, Anda dapat menulis buku dan bekerja dengan penerbit atau menerbitkannya sendiri.

3. Berkebun

Banyak orang ingin memiliki halaman yang indah dengan rumput hijau, bunga berwarna-warni, dan bahkan sayuran buatan sendiri untuk dihidangkan di meja makan mereka. Tetapi tidak semua orang punya waktu atau bakat untuk membuat taman yang indah.

Mengubah kesenangan Anda berkebun menjadi bisnis rumahan bisa menjadi cara yang cepat dan mudah untuk mencari nafkah, terutama jika Anda sudah memiliki alat dan kebun yang bagus.

Anda dapat fokus pada jenis berkebun tertentu, seperti perawatan halaman dan rumput, atau Anda dapat membantu orang mendesain dan mengembangkan kebun sayur. Atau Anda dapat memulai bisnis lansekap. Pilihan lain adalah memulai bisnis perawatan tanaman dalam ruangan.

4. Kesenian

Jika hobi Anda melibatkan seni dan artistik, ada banyak cara Anda dapat mengubah kreativitas Anda menjadi penghasilan.

Anda dapat menjual karya Anda secara online melalui platform seperti Instagram, Etsy, atau mengirimkannya ke toko-toko lokal. Di samping menjual karya, Anda mengajari orang lain cara menikmati hobi dengan membuka kelas kursus.

5. Memelihara Hewan Peliharaan

Industri hewan peliharaan terus berkembang dan nilainya mencapai puluhan juta dollar AS.

Orang-orang semakin senang untuk memelihara hewan di rumah mereka, dan jika Anda berbagi hobi yang sama, ada potensi bisnis rumahan di sana.

Ada berbagai cara untuk memanjakan hewan peliharaan sambil mendapatkan bayaran, di antaranya layanan pet sitting, grooming, membuat dan / atau menjual aksesori atau makanan hewan peliharaan, fotografi hewan peliharaan, dan banyak lagi.

Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu mencintai binatang untuk memulai bisnis ini. Namun, untuk bisnis seperti groomer mungkin memerlukan lisensi atau izin tambahan, dan mungkin pelatihan atau sertifikasi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkebunan fotografi Virus Corona hewan peliharaan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top