Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raline Shah Imbangi Bisnis dan Seni

Raline Shah mengutarakan bahwa sejak duduk di bangku sekolah menengah atas minat tersebut sudah diasah dengan mengambil studi bisnis ketika melanjutkan sekolah di Singapura.
Raline Shah/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Raline Shah/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti

Bisnis.com, JAKARTA -- Selain aktif sebagai aktris, mantan finalis Puteri Indonesia 2008, Raline Shah, ternyata memiliki minat yang tinggi pada dunia bisnis.

Dia mengutarakan bahwa sejak duduk di bangku sekolah menengah atas minat tersebut sudah diasah dengan mengambil studi bisnis ketika melanjutkan sekolah di Singapura.

Minat untuk berbisnis ternyata turut dipengaruhi oleh sang ayah, Rahmat Shah.

"Saya tumbuh dan besar bersama ayah yang merupakan seorang pengusaha sehingga saya selalu tertarik untuk membangun bisnis sendiri," kepada Bisnis.

Pertama kali terjun ke dunia bisnis, Raline yang sangat suka dengan mutiara berjualan perhiasan berbahan dasar mutiara. Menurutnya, jenis mutiara Indonesia sangat beragam dan terlihat indah.

Dia memulai bisnis ini dengan modal pinjaman dan menurutnya bisnis perhiasan itu cukup sukses. Selain berbisnis sendiri, dia juga kerap turun tangan dalam bisnis keluarga di bidang real estat dan perkebunan.

Ada banyak hal yang di kerjakan oleh dara kelahiran 1985 ini dalam satu waktu.
Hampir setiap tahun ada tawaran film yang datang. Beberapa karya yang dibintangi Raline antara lain 5 cm, 99 Cahaya di Langit Eropa, Supernova, Surga yang Tak Dirindukan, dan yang paling baru berjudul Orang Kaya Baru.

Raline juga sering kali terlihat di layar televisi sebagai bintang iklan, seringkali untuk produk kecantikan.

Sementara seni masih menjadi prioritas dalam hidupnya, Raline juga sedang disibukkan dengan usaha bisnis baru.

Akhir tahun lalu, Raline dan 4 rekannya membuka sebuah kedai kopi, Kisaku, yang kini sudah berkembang dan outletnya dapat ditemui di area perkantoran.

Adapun, sejak 2017 dia ditunjuk sebagai Komisaris Independen di PT Indonesia AirAsia.

"Keseimbangan hidup selalu menjadi tantangan bagi saya. Buat saya tiap hari selalu ada pembelajaran baru, baik dalam bidang seni maupun bisnis. Saya suka proses menuju sesuatu yg lebih baik dalam semua segi kehidupan saya," tuturnya.

Kepada sesama generasi millenial, Raline mengatakan bahwa jika ingin memulai bisnis untuk menyiapkan hati, pikiran, keberanian dan keberuntungan

"Bekerja keras dan selalu berikan yang terbaik untuk semua hal yang dilakukan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper