Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahli Sarankan Pemilik Usaha Kecil Redakan Stres di Tengah Ketidakpastian

Pengusaha harus menutup usaha mereka untuk jangka waktu tertentu, disesuaikan untuk beroperasi di lingkungan yang sama sekali baru
Ilustrasi/Knote
Ilustrasi/Knote

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjalankan bisnis kecil cukup menegangkan, dan kemudian pemilik usaha baru-baru ini harus berurusan dengan tantangan baru operasional selama pandemi COVID-19, yang hanya memperbesar tekanan.

Pengusaha harus menutup usaha mereka untuk jangka waktu tertentu, disesuaikan untuk beroperasi di lingkungan yang sama sekali baru, beradaptasi dengan aturan dan peraturan baru, dan khawatir tentang karyawan mereka dan bahkan kelangsungan hidup perusahaan mereka.

Semua itu dapat memengaruhi keadaan emosional seseorang akibat stres dan kecemasan yang tinggi, depresi dan perasaan takut, tidak berdaya atau kekhawatiran tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Para ahli kesehatan mental mengatakan pemilik usaha kecil perlu mengelola stres dan kecemasan yang meningkat akibat pandemi, baik untuk diri mereka sendiri dan karyawan mereka, dan lebih baik mengatasinya dengan mengambil beberapa langkah masuk akal.

Yang pertama adalah mengakui bahwa mungkin mereka bisa menggunakan bantuan untuk mengatasi kecemasan tersebut.

"Kita ada dalam mode krisis. Kami tidak memikirkan diri sendiri. Kami sedang memikirkan segalanya," ujar Amy Ritsema, co-owner vendor kesehatan OnSite Wellness LLC, seperti dikutip melalui Mibiz, Selasa (21/7).

Untuk mengatasinya, Ritsema dan yang lainnya mengingatkan orang untuk elakukan pola hidup baik dengan konsumsi makanan sehat, lakukan aktivitas fisik setiap hari, tentukan batasan untuk menyeimbangkan waktu keluarga dari waktu kerja, dan cukup tidur.

Para profesional mengatakan perasaan cemas dan takut adalah respons normal terhadap krisis dan hidup di masa yang tidak pasti.

Kondisi ini menuntut orang untuk menjadi lebih sadar dan menemukan cara untuk mengatasi meredakan stres dan kecemasan yang lebih tinggi.

Stres yang tinggi dapat memengaruhi kondisi fisik, seperti menyebabkan jantung berdetak kencang, di samping keadaan emosi dan kemampuan mereka dalam mengambil keputusan.

Beberapa orang perlu menemukan cara menenangka diri sehingga mereka dapat menjaga kesehatan mental mereka, kata Bryan Nixon, seorang psikoterapis dan pemilik Mindful Counseling GR.

Sebagai pemilik usaha kecil, Nixon telah mencari cara untuk tetap membumi.

"Saya juga mencari inspirasi dan fokus pada apa yang benar-benar penting dalam bisnis saya , hal-hal yang dapat diperbaiki, dan bagaimana benar-benar memperdalam visi, misi dan tujuan kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper