Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Start It Up, Berikan Pendampingan dan Pelatihan untuk UMKM

Program ini, merupakan cara untuk peningkatan kapastian dan kapabilitas UMKM melalui pendampingan dan pelatihan kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan status sosial ekonomi yang diterapkan di lingkungan Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 Agustus 2020  |  12:40 WIB
Program start it up
Program start it up

Bisnis.com, JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) tetap melaksanakan  program Start It Up: A Path to Accelerate Micropreneurs di tengah pandemi.

Program ini, merupakan cara untuk peningkatan kapastian dan kapabilitas UMKM melalui pendampingan dan pelatihan kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan status sosial ekonomi yang diterapkan di lingkungan Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Melalui inisiatif pemberdayaan tersebut, Sampoerna diharapkan dapat memberi semangat kewirausahaan sehingga para pelaku UMKM di lingkungan UPRS Pulogebang, Jakarta Timur sehingga dapat memiliki peluang serta meningkatkan daya saing.

Memahami tantangan yang dihadapi para UMKM utamanya dalam hal pengembangan usaha maka Sampoerna melakukan pendekatan inovatif dan terstruktur dalam menjalankan program pendampingan UMKM Start It Up ini.

Dimulai sejak Januari 2020, Start It Up telah menjalankan berbagai pelatihan dan program pemberdayaan bagi lebih dari lima ratus UMKM. Mulai dari pemetaan bidang usaha, sosialisasi, talkshow, workshop, pendampingan, mentoring, coaching, perluasan pasar, business matching, business corner, dan demo day.

Program yang didukung oleh Pengelola UPRS Pulogebang dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta ini dilakukan secara intensif guna memastikan tujuan program Start It Up dapat tercapai.

Rangkaian pelatihan Start It Up menyasar pada peningkatan kualitas produk, pendampingan pemasaran secara langsung maupun dilakukan secara daring, hingga pelatihan mendatangkan konsumen ke dalam lingkungan UPRS Pulogebang.

Selama pandemi COVID-19, pelatihan bagi UMKM tetap dilakukan Sampoerna dan INOTEK dengan menyesuaikan dengan tatanan kebiasaan baru dimana peserta berpartisipasi secara daring melalui aplikasi percakapan di ponsel pintar maupun one-on-one mentoring dan coaching.

Tak hanya itu, Sampoerna dan INOTEK juga melatih UMKM di Pulogebang untuk memperluas jangkauan penjualan produk mereka lewat pembuatan katalog produk yang kemudian dipromosikan melalui wadah “INOTEK Market” juga mengajarkan cara membuat toko virtual melalui aplikasi pesandarirumah.com.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm hm sampoerna
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top