Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Strategi Utama yang Dibutuhkan Bisnis Ritel Kecil yang Sehat

Semakin jelas deskripsi produk yang dijabarkan, maka pengusaha akan mudah menemukan pembeli dengan cepat.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Lanskap ritel selalu berubah dan berkembang. Tren datang dan pergi, dan pasar terus menjadi sangat kompetitif.

Pengecer harus memiliki rencana yang tepat untuk memastikan mereka menonjol di tengah pasar yang ramai, menarik lebih banyak pelanggan dan tetap menguntungkan.

Untuk melakukan ini, Anda harus memiliki strategi penjualan yang jelas, yang dijalankan dengan benar untuk memastikan bahwa toko Anda dapat mengatasi persaingan ketat Anda dan secara konsisten menghasilkan penjualan.

Strategi penjualan yang baik terdiri dari empat elemen utama, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Rabu (2/9/2020).

1. Kenali brand Anda

Setiap pengecer harus menanyakan:

- Apakah saya tahu persis siapa saya sebagai merek?

- Bagaimana setiap aspek kehadiran online dan offline saya mencerminkan hal ini?

Pelanggan Anda perlu tahu siapa Anda. Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda secara online maupun di toko fisik. Anda menunjukkan segalanya tentang apa yang Anda perjuangkan, apa yang Anda jual, pesan apa yang Anda ingin pelanggan Anda ketahui tentang Anda dan merek Anda, dan siapa target pelanggan Anda sebenarnya.

Semakin detil pengetahuan Anda tentang Brand yang Anda pasarkan dan siapa yang Anda layani, semakin jelas semua pesan Anda.

2. Memiliki rencana untuk meningkatkan traffic online

Kehadiran online Anda adalah bagian penting dari kesuksesan Anda. Apakah Anda memiliki toko fisik atau tidak, kehadiran online Anda adalah kunci pertumbuhan Anda secara keseluruhan. Untuk menyusun rencana perlu memahami apa yang membuat brand unik sehingga menonjol di antara semua kebisingan online.

Situs web Anda bukan satu-satunya tempat yang perlu Anda fokuskan saat menarik lebih banyak lalu lintas online. Kehadiran di media sosial Anda adalah kuncinya. Ini lebih dari sekadar memposting iklan atau postingan estetik. Pengecer harus menggunakan media sosial mereka sebagai alat pemasaran.

3. Memiliki rencana untuk meningkatkan keramaian di toko

Toko fisik Anda masih bisa menjadi jantung bisnis Anda secara keseluruhan dengan strategi penjualan yang tepat. Memahami bagian dari strategi bisnis Anda ini adalah kunci kesuksesan masa depan Anda.

Di sinilah keterampilan pemasaran dan komunikasi Anda berperan. Anda harus mengembangkan rencana keseluruhan yang menarik pelanggan ke lokasi fisik Anda. Kemudian Anda perlu mengkomunikasikan ini dengan pelanggan Anda. Pemasaran email tetap menjadi strategi cerdas di sini. Ada banyak cara untuk menggunakan pemasaran email agar brand Anda tetap relevan dengan pelanggan.

4. Ketahui semua strategi merchandising visual yang dibutuhkan untuk bisnis Anda

Memahami pentingnya memiliki dan menerapkan strategi merchandising visual yang baik adalah salah satu peluang yang paling terlewatkan baik yang dimiliki pengecer online maupun fisik.

Satu hal yang baik tentang elemen-elemen utama ini adalah mereka bekerja dengan cara yang sama untuk online maupun offline. Unsur-unsurnya muncul sedikit berbeda secara online atau fisik, tetapi konsep dan hasilnya sama.

Lima elemen kunci yang dibutuhkan strategi merchandising Anda adalah warna, storytelling, kategori, teknik tampilan visual, dan papan nama / deskripsi.

Saat merencanakan target penjualan Anda untuk toko fisik atau online Anda, pastikan untuk memperhatikan setiap strategi ini. Dengan melakukan itu, Anda memastikan fondasi yang dapat digunakan untuk membangun bisnis dan menjaganya tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper