Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Manajemen Waktu untuk Pemilik Bisnis Rumahan

Ada begitu banyak tugas untuk memulai, membangun, dan mengelola bisnis rumahan yang bisa membuat kewalahan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 07 September 2020  |  15:01 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda menjalankan bisnis rumahan dengan penuh waktu, paruh waktu atau bersamaan dengan pekerjaan lain, mengatur waktu, fokus, dan energi Anda sangat penting untuk kesuksesan.

Ada begitu banyak tugas untuk memulai, membangun, dan mengelola bisnis rumahan yang bisa membuat kewalahan.

Berikut adalah tips untuk membantu bisnis rumahan Anda tetap berjalan lancar seperti dikutip melalui The Balance Small Business, Senin (7/9).

1. Tentukan Target atau Tujuan

Sulit untuk mencapai suatu tujuan jika Anda sendiri tidak paham capaian apa yang ingin diraih. Anda tidak hanya harus memiliki tujuan yang jangka panjang, seperti jumlah pendapatan tahunan atau tanggal keluar dari pekerjaan, Anda juga harus memiliki tujuan mingguan dan harian. Ini dapat mencakup jumlah kontak pribadi yang harus dibuat untuk pelanggan potensial atau peluang PR, posting blog, kontak media sosial baru, atau widget (atau apa pun produk Anda) yang dibuat.

2. Luangkan Waktu

Anda perlu meluangkan waktu jika Anda berencana menjadi bisnis rumahan yang sukses. Itu berarti mengatur agenda sedemikian rupa dan menjadwalkan waktu mengurus bisnis rumahan. Tidak harus 9 to 5 seperti bisnis lain pada umumnya, tetapi Anda harus memiliki waktu yang lama entah itu dua jam di pagi hari atau empat jam di malam hari. Anda mungkin harus menghentikan aktivitas seperti menonton televisi atau melakukan hobi untuk memanfaatkan waktu bisnis di rumah.

3. Disiplin Waktu

Setelah Anda menentukan waktu untuk menjalankan bisnis di rumah, jangan biarkan teman atau keluarga menghalangi Anda mengerjakan apa yang perlu dilakukan. Artinya, Anda perlu mengatakan "tidak" saat teman mengajak Anda minum kopi atau ada anak yang ingin bermain game. Tentu saja, jika ada keadaan darurat, Anda dapat memberikan bantuan, tetapi itulah satu-satunya alasan untuk melepaskan waktu bisnis rumah.

4. Ketahui Apa yang Akan Anda Kerjakan

Target harian akan membantu Anda mengetahui jenis aktivitas apa yang harus dikerjakan. Perencanaan ke depan, idealnya sehari sebelumnya, akan memungkinkan Anda langsung masuk ke daftar tugas Anda. Mengetahui apa yang perlu dilakukan memungkinkan Anda untuk segera fokus dan tidak membuang waktu.

5. Jangan Membuang Waktu

Saat waktunya bekerja, fokuslah pada pekerjaan. Jika media sosial adalah bagian dari pekerjaan Anda, ketahuilah apa yang akan Anda lakukan. Misalnya, berapa banyak konten yang harus dibagikan dan komentar yang perlu dibalas, lalu keluar. Anda dapat menggunakan timer untuk memastikan Anda waktu kerja tidak dihabiskan dalam menonton drama media sosial atau foto kucing lucu.

6. Bekerja Dengan Rutinitas, Sistem dan Alat Bantu

Tidak akan ada cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa sedikit bantuan. Rutinitas akan memudahkan Anda menjalani hari tanpa harus berhenti dan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya atau terganggu oleh gangguan. Sistem dan alat membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat, terkadang bahkan otomatis, sehingga Anda dapat menghemat waktu untuk fokus pada tugas lain.

7. Delegasikan Beberapa Pekerjaan

Mirip dengan menggunakan sistem dan alat, mengalihkan pekerjaan dengan meminta orang lain menangani tugas tambahan dapat membebaskan sedikit waktu. Anda dapat meminta pertolongan anggota keluarga untuk membantu mengurus kebutuhan lain di luar pekerjaan. Atau, Anda juga dapat mempekerjakan asisten untuk membantu mengerjakan tugas yang tidak perlu dilakukan langsung oleh Anda.

8. Rencanakan Strategi Pemasaran Setiap Hari

Kesuksesan bisnis rumahan bergantung pada hasil penjualan barang atau jasa yang Anda tawarkan. Namun, orang tidak akan tahu apa produk Anda jika tidak dipasarkan dengan baik.

Jadikan pemasaran sebagai bagian dari tugas harian Anda, karena ini akan memastikan Anda memiliki bisnis untuk dikerjakan. Ini akan membantu untuk membuat rencana pemasaran dan menggunakannya untuk mengembangkan daftar tugas harian dan mingguan.

9. Berlatih Merawat Diri

Memulai bisnis rumahan membutuhkan banyak energi mental. Jika Anda menjalankan bisnis bersamaan dengan pekerjaan kantoran atau membesarkan anak, tentu akan menguras energi mental dan fisik. Akibatnya bisa memicu stres dan kelelahan.

Untuk menghindari kehabisan tenaga sebelum bisnis Anda lepas landas, belajarlah untuk menjaga diri Anda sendiri dengan banyak tidur, makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan istirahat sejenak sepanjang hari. Dan jangan lupa untuk memanjakan diri Anda sesekali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top