Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Enam Hal Penting Memulai Usaha dari Nol

Perjalanan setiap wirausahawan diisi dengan pelajaran yang unik untuk perjuangan dan tantangan mereka.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 17 September 2020  |  13:52 WIB
Stelian Balta
Stelian Balta

Bisnis.com, JAKARTA -- Membangun perusahaan yang sukses bukanlah tentang 'keberuntungan'. Dibutuhkan banyak ketidaknyamanan, kegelisahan, ketabahan dan kerja keras untuk memulai dengan sebuah ide dan membangunnya setiap hari.

Perjalanan setiap wirausahawan diisi dengan pelajaran yang unik untuk perjuangan dan tantangan mereka. Pemilik bisnis telah melewati berbagai pembelajaran berharga, mulai dari belajar bagaimana menjalankan bisnis hingga belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha.

Begitulah perjalanan Stelian Balta, pendiri dan CEO HyperChain Capital yang berbasis di Singapura, sebuah perusahaan manajemen aset dan investasi digital.

Balta merupakan seorang pengusaha dan investor yang telah berinvestasi di lebih dari 40 perusahaan sejak dia memulai perusahaannya. Meski sukses di usia muda, dia sendiri sebetulnya sudah memulai bisnisnya dari nol sejak masih remaja.

Pada usia 16 tahun, dia merancang dan membuat game online dan menjadi investor jutawan setelah menghasilkan jutaan dolar pertamanya pada usia 24 tahun.

Tidak hanya kesuksesan wirausaha yang diperhatikan, tetapi juga semangat filantropisnya. Ketika ditanya tentang filosofi perusahaannya, Balta dengan cepat menunjukkan bahwa, sejak pertama kali dirinya memulai HyperChain Capital beberapa tahun lalu, filosofinya adalah selalu berbuat baik.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan dan hasil terbesarnya, Balta membagikan enam pembelajaran bagi calon wirausahawan, seperti dikutip dari entrepreneur.com.

1. Jangan takut akan kegagalan

Dengan kegagalan besar maka akan datang kesuksesan besar. “Saya pikir merasa nyaman dengan kegagalan itu sangat penting. Saya gagal berkali-kali. Anda perlu mencoba dan membangun banyak hal, ”kata Balta.

Dia juga mengaku senang melakukan eksperimen dan mencoba berbagai hal. Itu semua dimulainya dari nol sama sekali. Kurangnya dukungan dan kurangnya modal pada awal memulai usaha memang membuat stress dan frustasi, tetapi, sambungnya, jika kita terus berusaha dan tidak takut akan kegagalan maka kita akan menerima bahwa itu merupakan bagian dari cara kerja sehingga akan lebih mudah ketika membangun perusahaan.

“Impian setiap pengusaha adalah menjadi sukses tetapi selalu ada harga yang harus dibayar untuk itu. Anda harus menyadari sepenuhnya bahwa kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan, jadi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda,” ujarnya.

2. Antisipasi masa depan

Menurut Balta, mengantisipasi kebutuhan penting dalam pasar yang terus berkembang adalah kualitas penting dari wirausahawan hebat dengan eksekusi yang hebat. Selain itu, pengaturan waktu juga menjadi salah satu komponen yang penting.

“Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, lupakan hal-hal yang telah dilakukan dan mulailah berfokus untuk menciptakan sesuatu yang baru. Cobalah untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dan menjadi inovatif, menilai dan mengukur apa yang bisa terjadi di masa depan dengan apa yang terjadi di masa lalu dan apa yang terjadi sekarang,” jelasnya.

3. Lakukan apa yang Anda sukai dan kuasai

Jika Anda tidak benar-benar mencintai dan memiliki passion terhadap apa yang Anda lakukan, kemungkinan besar Anda akan berhenti dari impian tersebut, seperti yang telah dilakukan oleh banyak pengusaha pemula di masa lalu.
Untuk itu, sebelum memutuskan memulai usaha maka Anda harus benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan untuk dapat melewati masa-masa sulit. Jika Anda dapat menemukan sesuatu yang disukai dan layak dikejar, imbalannya luar biasa.

“Di awal usia 20-an, saya sangat bersemangat membuat game. Setelah lima tahun di industri game, saya merasa sangat dekat dengan pasar cryptocurrency, karena kami membuat game dan memonetisasinya melalui barang virtual. Masuk ke pasar crypto adalah langkah pragmatis dan logis untuk dilakukan, mengingat pengalaman kerja saya. Karena kami telah melihat dalam game bagaimana barang virtual dapat memiliki nilai uang yang nyata, kami adalah salah satu pendukung dan investor pertama dalam industri aset digital,” terangnya.

4. Kembangkan strategi untuk mengurangi risiko

Sebagai investor awal dalam industri yang bergejolak seperti ini, setiap startup atau bisnis memiliki tingkat risiko yang sangat besar. Strategi utama kami adalah berinvestasi pada orang-orang, berada di sana sejak diskusi pertama seputar ide dan rencana dan membantu mereka dengan strategi, pendanaan, dan proses.
“Ada banyak hal yang tidak diketahui tetapi berada di lapangan bersama para wirausahawan menurut saya adalah strategi yang baik untuk mengurangi risiko,” ujarnya.

Sebagai seorang wirausahawan pemula, Anda harus memiliki berbagai strategi untuk mengurangi risiko agar perusahaan Anda dapat bertahan dalam jangka panjang, baik melalui diversifikasi, perencanaan, dan peramalan secara obsesif.

5. Jangan pernah berhenti belajar dan bekerja

Anda harus terus berinvestasi dalam pendidikan atau pembelajaran untuk mendapatkan keuntungan nyata. Ini berarti meluangkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru yang akan membuat Anda mampu membangun sesuatu yang unik dan diinginkan. Penting untuk tetap fokus pada aset seperti keterampilan, koneksi, dan pengalaman baru untuk portofolio Anda.

“Hal-hal dasar seperti banyak membaca dan bekerja keras sepanjang hari memberi Anda keuntungan jangka panjang yang penting, entah Anda beruntung atau tidak. Dalam sepuluh tahun, sulit dipercaya bagaimana hal-hal bisa berubah,” jelasnya.

6. Jangan pernah takut untuk mengeksekusi

Ide bisnis saja tidak terlalu berharga. Jika Anda ingin memulai bisnis dan menjadi sukses, Anda harus cukup berani untuk menjalankan ide-ide Anda. Eksekusi adalah segalanya dalam bisnis; ide tanpa tindakan sama saja dengan tidak ada.
“Saya selalu suka bereksperimen dan membangun berbagai hal dan menjadi pengusaha memungkinkan saya melakukannya,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis pebisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top