Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook Luncurkan Platform Baru untuk Bisnis Kecil

Facebook Business Suite membuat lebih cepat dan lebih mudah untuk menganalisis hasil posting dari Facebook dan Instagram semuanya dalam satu layar.
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone/Bloomberg
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook meningkatkan fokusnya pada komunitas bisnis kecil denga meluncurkan antarmuka baru yang disebut "Business Suite" pada Kamis (17/9), ditargetkan pada bisnis kecil yang telah berjuang selama pandemi Covid-19.

Platform ini tersedia secara eksklusif untuk bisnis kecil saat diluncurkan, menurut rilis dari media sosial dan raksasa periklanan itu, tetapi akan memperluas penawarannya ke bisnis yang lebih besar tahun depan.

“Ini adalah investasi jangka panjang, menjadikan Business Suite antarmuka utama untuk bisnis dari semua ukuran yang menggunakan Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp,” kata COO Facebook Sheryl Sandberg dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip melalui CNBC, Jumat (18/9).

Fokus perusahaan pada komunitas bisnis kecil ini muncul saat Facebook menghadapi sejumlah tantangan.

Pada Selasa (15/9), sekelompok selebritas termasuk Kim Kardashian West, Katy Perry, Michael B. Jordan dan Ashton Kutcher, berpartisipasi dalam 'freeze' Instagram selama 24 jam sebagai bagian dari gerakan Stop Hate For Profit untuk memprotes apa yang mereka sebut sebagai kegagalan berulang Facebook untuk menangani ujaran kebencian dan disinformasi pemilu di platform mereka.

Setelah kerusuhan sosial yang sedang berlangsung di seluruh AS, Facebook baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka mendedikasikan US$40 juta dari program hibah bisnis kecil senilai US$100 juta untuk 10.000 bisnis milik pengusaha kulit hitam di AS.

Hibah tersebut termasuk US$2.500 dalam bentuk tunai dan kredit iklan di Facebook senilai US$1.500.

Facebook juga memperbarui platform Businesses Nearby, yang diumumkan pada bulan Mei, untuk menampilkan bisnis milik pengusaha kulit hitam sehingga orang dapat menemukannya dengan lebih mudah.

Terlepas dari isu negatif yang sedang terjadi di sekitar Facebook, engagement dan jangkauan terhadap konsumen sangat penting bagi pemilik bisnis kecil.

Pandemi telah menyebabkan pergolakan ekonomi yang dramatis, membuat jutaan orang Amerika kehilangan pekerjaan karena pemerintah memerintahkan bisnis yang tidak penting untuk sementara ditutup untuk membantu memperlambat penyebaran Covid-19.

Bagi banyak bisnis kecil, penutupan tersebut mungkin bersifat permanen.

Sekitar 60 persen dari lebih dari 163.000 total penutupan bisnis yang dilaporkan di Yelp sejak Maret bersifat permanen, menurut data dari platform ulasan tersebut.

Ada beberapa bisnis kecil yang telah menggunakan produk Facebook Business Suite.

“Facebook Business Suite membuat lebih cepat dan lebih mudah untuk menganalisis hasil posting dari Facebook dan Instagram semuanya dalam satu layar," kata Amanda Stefl, pemilik dan operator Timber Hill Winery di Milton, Wisconsin.

“Fitur kotak masuk mengatur pesan dan komentar dengan baik, membuatnya mudah untuk membalas pesan pelanggan, yang akan meningkatkan keterlibatan dan jangkauan kami di kedua platform.”

Facebook juga meluncurkan serangkaian 30 kelas video online untuk wirausahawan selama musim panas, mencakup topik-topik seperti pemasaran, online branding dan mencari pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper