Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masa Pandemi, Waktunya Perusahaan Sesuaikan Strategi Bisnis

Pandemi virus corona telah secara drastis mempengaruhi seluruh sistem ekonomi, yang dapat berdampak jangka panjang pada ekonomi global.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  14:33 WIB
Ilustrasi Strategi bisnis - bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 bukan sebuah masalah yang dapat ditangani dalam waktu yang cepat.

Setiap profesi merasakan dampak dan kesulitan yang tidak diinginkan karena adanya berbagai macam kebijakan dan protokol yang membatasi gerak kerja masyarakat.

Pandemi virus corona telah secara drastis mempengaruhi seluruh sistem ekonomi, yang dapat berdampak jangka panjang pada ekonomi global.

Oleh karenannya perusahaan perlu melakukan beberapa langkah untuk dapat bertahan, salah satunya dengan melakukan skema perubahan pada pengaturan arus keuangan perusahaan serta berbagai inovasi perlu dilakukan untuk tetap dapat mempertahankan bisnis agar berkelanjutan.

Inarno Djajadi selaku Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), menyampaikan masa pandemi Covid-19 saat ini menuntut perusahaan untuk menyesuaikan strategi bisnis terhadap krisis agar tetap profitable sehingga mampu mengubah krisis menjadi opportunity.

“Sangat tepat waktunya terutama di tengah pandemi seperti saat ini, fungsi ini sangat berasa pentingnya dalam menunjang keberhasilan perusahaan. Perusahan dengan level maturitas manajemen resiko rendah atau yang belum memiliki BCM (Business Continuety Manajemen) pada umumnya kurang terstruktur terhadap respon Covid-19," ujarnya.

Dia menyebutkan, perusahaan yang sudah memiliki BCM pun tidak menyangka jika pandemi akan sangat beresiko mengancam keberlangsungan perusahaan tetapi mereka lebih siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder di tengah pendemi seperti saat ini.

"Di tengah krisis seperti ini semua perusahaan dituntut untuk menyesuaikan strategi bisnis mereka agar tetap bisa profitable,  bagaimana mengubah krisis menjadi bisnis opportunity,” paparnya.

“Pandemi ini mengharuskan perusahaan menyesuaikan diri dengan pola kerja baru. Walaupun banyak kegiatan yang tidak dapat berjalan seperti biasanya, namun kita harus tetap optimistis untuk mengambil peluang usaha yang masih bisa dilakukan,” kata Pendiri Pemimpin Umum Economic Review Irlisa Rachmadiana dalam Conference& Indonesia Finance Award-III-2020 (IFA-III-2020), dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan di tengah pandemi ini, Demikian perusahaan peraih penghargaan di IFA III 2020 kali ini adalah yang mampu menjadi salah satuh perusahaan terbaik ditengah goncangan perekonomian saat ini

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kiat manajemen strategi bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top