Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Raja Terkaya di Dunia, Thailand Nomor 1

Berbicara tentang Royals, nama pertama yang muncul di benak Anda adalah Ratu Elizabeth II. Tapi, meskipun dia mungkin raja yang paling lama memerintah di dunia, dia jelas bukan yang terkaya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  09:29 WIB
Duke Henri, Luksemburg
Duke Henri, Luksemburg

Bisnis.com, JAKARTA - Kerajaan, sebuah kata yang memiliki sinonim yang megah dan indah meskipun kata tersebut tidak lagi memiliki bobot yang sebenarnya di dunia saat ini. Tetapi raja-raja tertentu masih menguasai dunia dengan kekayaan dengan atau tanpa otoritas.

Berbicara tentang Royals, nama pertama yang muncul di benak Anda adalah Ratu Elizabeth II. Tapi, meskipun dia mungkin raja yang paling lama memerintah di dunia, dia jelas bukan yang terkaya.

Menurut laporan, kekayaan bersih Ratu Inggris adalah US$530 juta yang artinya jika dibandingkan dengan miliaran yang dimiliki oleh raja lain, yang masih memegang kekuasaan administrasi di negara masing-masing, lapor GQ India.

Berikut adalah daftar 10 raja miliarder teratas di dunia :

1. Raja Maha Vajiralongkorn, Thailand

Perkiraan kekayaan bersih: US$43 miliar

Raja berusia 67 tahun itu mengambil alih tahta setelah ayahnya meninggal pada 2016. Kekayaannya diurus oleh Biro Properti Mahkota. Keluarganya memiliki lebih dari 16.210 hektar tanah di Thailand, dengan 40.000 kontrak sewa di seluruh negeri, termasuk 17.000 di ibu kota.

Raja juga memiliki banyak saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank. Dan jika semua itu belum cukup, raja Thailand juga memegang kepemilikan Berlian Golden Jubilee, yang merupakan berlian potong dan segi terbesar di dunia.

Gaya hidup boros dan kekayaannya yang melimpah tidak pernah diabaikan oleh warga Thailand. Itulah sebabnya, pemuda Thailand telah melakukan protes selama beberapa bulan sekarang untuk membawa reformasi ke monarki.

2. Sultan Hassanal Bolkiah, Brunei
Perkiraan kekayaan bersih: US$28 miliar

Setelah Ratu Elizabeth II, Sultan Hassanal Bolkiah adalah raja dengan masa pemerintahan terlama kedua di dunia. Dia juga Perdana Menteri Brunei, yang menjadikannya raja absolut bangsa. Kekayaannya dikabarkan berasal dari terlibat dalam bisnis ekspor minyak dan gas alam. Nyatanya, Sultan sudah termasuk orang terkaya di dunia. Ia juga tinggal di istana hunian terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman yang memiliki lebih dari 1.778 kamar. Bersamaan dengan itu, Sultan juga dikabarkan memiliki armada lebih dari 600 Rolls Royce.

3. Raja Salman Abdulaziz bin Saud, Arab Saudi
Perkiraan kekayaan bersih: US$18 miliar

Raja Salman Abdulaziz bin Saud mungkin berada di urutan ketiga dalam daftar ini. Tetapi jika kekayaan keluarganya dipertimbangkan, Keluarga Saud Arab Saudi adalah keluarga terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari $ 1 triliun. Raja Saudi tidak memegang posisi hias seperti banyak orang lain di daftar ini, melainkan mereka adalah sumber otoritas dan kekuasaan di mana-mana selama beberapa generasi di semenanjung minyak.

Selain kekayaan yang dia dan keluarganya peroleh dari minyak dan investasi, keluarga ini sangat tertutup tentang kekayaan dan harta benda mereka. Tapi kita semua tahu mereka memiliki beberapa rumah, mobil, kapal pesiar, helikopter, jet pribadi, lukisan, dan banyak lagi yang paling mahal.

4. Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Abu Dhabi
Perkiraan kekayaan bersih: U$18 miliar

Dia adalah Presiden Uni Emirat Arab dan Emir Abu Dhabi. Tetapi kekayaannya berasal dari menjadi ketua Otoritas Investasi Abu Dhabi, yang mengelola kelebihan minyak UEA dan perkiraan nilainya adalah setengah triliun dolar. Saudara tirinya juga memiliki Manchester City FC dan dilaporkan bahwa Sheikh memiliki banyak properti di London. Namun, dia terkenal karena filantropinya.

5. Emir Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Dubai

Perkiraan kekayaan bersih: US$14 miliar

Wakil Presiden Uni Emirat Arab dan Emir Sheikh Dubai, Mohammed bin Rashid Al Maktoum dapat dikreditkan dengan peluncuran perusahaan besar seperti Emirates Airlines, The Jumeirah Group dan DP World. Dia juga mengabaikan proyek-proyek besar seperti mengubah Dubai menjadi desa futuristik sekarang serta pembangunan Palm Islands dan Burj Khalifa. Ia juga seorang penunggang kuda terlatih dan penyair Arab yang diakui.

6. Duke Henri, Luksemburg
Perkiraan kekayaan bersih: US$4 miliar

Duke of Luxembourg tinggal di Berg Castle bersama istrinya, lima anak dan empat cucunya. Keluarganya juga memiliki rumah liburan di Cabasson, yang terletak di Prancis Selatan. Selain itu, keluarga tersebut dilaporkan menerima lebih dari $ 300.000 setiap tahun sejak 1948 untuk menjalankan fungsi kerajaan mereka.

7. Pangeran Hans Adam II, Liechtenstein
Perkiraan kekayaan bersih: US$3,5 miliar

Pangeran Liechtenstein adalah pemilik Liechtenstein Global Trust, yang merupakan perusahaan kekayaan pribadi milik keluarga terbesar di Eropa. Ini juga membuatnya menjadi raja terkaya di Eropa. Dia juga ahli seni, koleksi mewah yang ditampilkan di Museum Liechtenstein. Dia juga berhutang kekayaannya pada investasi yang dilakukan di perkebunan anggur dan perusahaan pertanian.

8. Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Qatar
Perkiraan kekayaan bersih: US$2,1 miliar

Kekayaan Sheikh dari Qatar berasal dari mendirikan dan mengelola Otoritas Investasi Qatar, yang menjaga cadangan minyak dan gas berlebih negara itu. Dia terkenal juga memberikan $ 137 juta untuk mendukung jaringan berita global pertama Arab, Al Jazeera. Pada 2018, raja (saat ini) berusia 39 tahun adalah penguasa termuda di dunia.
Negara: Qatar

9. Raja Mohammed VI, Maroko
Perkiraan kekayaan bersih: US$2,1 miliar

Sebagai Raja Maroko, Mohammed VI menerima gaji tahunan US$488.604. Tapi selain Raja, dia juga pebisnis dan bankir yang lihai. Keluarganya memiliki saham mayoritas di Société Nationale d'Investissement (SNI), yang memiliki bisnis yang beroperasi di berbagai industri seperti perbankan, pertambangan, real-estate, pariwisata, asuransi, telekomunikasi, dan lainnya. Dia juga memiliki banyak tanah di negara itu. Dan laporan Forbes menyatakan bahwa anggaran operasional harian istananya dilaporkan US$960.000, yang dibayar oleh negara bagian Maroko.

10. Pangeran Albert II, Monako
Perkiraan kekayaan bersih: US$1 miliar

Putra Grace Kelly yang legendaris, Pangeran Albert II kekayaannya diperoleh dari kepemilikan di Société des bains de mer de Monaco, perusahaan yang mengelola kekayaan Kasino Monte Carlo dan Opéra de Monte-Carlo. Selain itu, ia juga memiliki rumah ibunya di Philadephia. Faktanya, pernikahannya dengan perenang Olimpiade Afrika Selatan Charlene Wittstock yang berlangsung pada 2011 termasuk di antara pernikahan termahal di dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kekayaan kerajaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top