Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Pelajaran Penting dari CEO Airbnb Brian Chesky di Tengah Pandemi ala

Brian Chesky memimpin Airbnb keluar dari bencana tahun ini. Apa yang dapat dipelajari pengusaha dari pengambilan keputusan yang sangat cepat?
Airbnb/Istimewa
Airbnb/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika pandemi membuat dunia terhenti, kebanyakan orang meninggalkan rencana perjalanan mereka.

Tidak ada yang bisa meramalkan hal itu akan terjadi, apalagi Brian Chesky, salah satu pendiri dan CEO Airbnb.

"Saya tidak tahu apakah saya mampu membuat keputusan 10 tahun dalam 10 pekan," kata Chesky dalam wawancara baru-baru ini dengan The Wall Street Journal, seperti dikutip melalui Inc., Senin (26/10).

Apa yang dilakukan perusahaan dalam rentang waktu singkat itu sangat mengesankan setidaknya menurut Michael Seibel, kepala eksekutif Y Combinator, ketika berbicara dengan WSJ.

Meskipun Airbnb membiarkan ribuan pekerja masuk ke departemen pemasarannya, mereka juga memperlengkapi kembali dan melatih kembali fokusnya dengan cara yang menurut Chesky belum dilakukan para pendirinya sejak perusahaan diluncurkan.

Berikut adalah tiga poin penting dari kisah bisnis Airbnb:

1. Dengarkan pelanggan Anda - semuanya.

Ketika Airbnb memutuskan untuk mengembalikan uang untuk pembatalan, perusahaan menghadapi reaksi keras dari pemilik properti yang marah. Chesky mencoba untuk mengantisipasi tekanan tersebut dengan mengembalikan uang tuan rumah (host) untuk sepertiga dari masa inap yang dibatalkan dengan dana yang dipinjamkan dari perusahaan investasi Silver Lake dan Sixth Street.

"Kami bukan apa-apa tanpa host. Anda adalah sumber kehidupan kami,\" kata Chesky dalam wawancara dengan The Wall Street Journal. Ini adalah pengingat untuk menjaga orang-orang yang - secara harfiah - menjaga bisnis Anda tetap berjalan.

2. Gunakan data untuk mendorong keputusan Anda.

Saat berbagai negara melonggarkan pembatasan perjalanan, Airbnb melihat peningkatan reservasi di area lokal. Lebih dari setengah pemesanan Airbnb pada bulan Agustus berada dalam jarak berkendara, sekitar 300 mil dari lokasi tamu. Jadi Airbnb menyesuaikan algoritme rekomendasinya untuk menampilkan lebih banyak penginapan lokal. Dengan memanfaatkan tren industri dan data dari konsumen mereka, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan tetap selaras dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan.

3. Jangan takut untuk mengambil langkah \"mundur\".

Airbnb memiliki rencana besar untuk ekspansi sebelum pandemi melanda. Mereka bekerja untuk membangun Experience, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memesan aktivitas seperti kelas mencicipi anggur dan tembikar.

Dengan akuisisi Hotel Tonight tahun lalu, Airbnb berencana menambahkan hotel ke platformnya. Pandemi memaksa Chesky mengesampingkan rencana itu. Model bisnis inti Airbnb adalah dan selalu menghubungkan pemilik rumah dengan penyewa jangka pendek.

Dengan perampingan dan pivot, Airbnb dapat tetap bertahan selama pandemi dan, setelah mengalami penurunan pendapatan sebesar 66,5% dari tahun ke tahun pada kuartal kedua, perusahaan kini berada di jalur yang tepat untuk melaporkan keuntungan pada kuartal ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper