Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ricardo Gelael Generasi Kedua di Balik Kesuksesan KFC di Indonesia

Pada 1970-an, Dick Gelael bersama dengan Rasjid Thamrin dan Rudy Tanudjaja mendirikan pusat perbelanjaan bernama Gelael Supermarket.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 20 November 2020  |  17:07 WIB
Ricardo Gelael
Ricardo Gelael

Bisnis.com, JAKARTA - Nama keluarga Gelael cukup terkenal sejak era Orde Baru. Seorang pengusaha legendaris bernama Dick Gelael membangun apa yang menjadi sebuah dinasti bisnis hingga saat ini.

Pada 1970-an, Dick Gelael bersama dengan Rasjid Thamrin dan Rudy Tanudjaja mendirikan pusat perbelanjaan bernama Gelael Supermarket.

Beberapa tahun berikutnya, Dick membeli franchise es krim Swensen's asal Singapura yang dioperasikan di bawah anak perusahaan PT Gelael Supermarke, PT Multi Food Indonesia.

Pada akhirnya, KFC lah yang mengantarkan keluarga Gelael menjadi salah satu taipan Indonesia. Dick membeli izin waralaba asal Amerika tersebut pada 1978 di bawah naungan PT Fast Food Indonesia.

Dick menempatkan istri dan anaknya sebagai petinggi di PT Fast Food Indonesia, di mana Anthoni Salim menjabat sebagai Presiden Komisaris, Elizabeth Gelael menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris, Dick Gelael menjabat sebagai Presiden Direktur, dan Ricardo Gelael menjabat sebagai Direktur.

Sebelum memasuki dunia bisnis, Ricardo Gelael dikenal sebagai seorang pembalap profesional. Bakatnya ini kemudian diturunkan kepada putranya bersama Rini S Bono, Sean Ricardo Gelael.

Pria kelahiran 1959 itu aktif dalam kejuaraan reli, khususnya WRC Indonesia pada 1996-1997 di Sumatra Utara.

Meskipun kini bisnisnya merupakan salah satu yang sukses serta dengan keistimewaan dari fondasi bisnis ayahnya, Ricardo merintis usaha ini dari nol.

Dilansir melalui beberapa catatan, Ricardo pernah bekerja sebagai pelayan di Supermarket Gelalel sebagai proses pembelajaran untuk mengenali produk perusahaan serta praktik langsung melayani konsumen.

Sang ayah bahkan mengajarkannya cara memilih ayam berkualitas hingga cara memotong yang baik untuk disajikan di restoran miliknya.

Salah satu inovasi yang dilakukan Ricardo terhadap KFC adalah selain menjadikannya restoran keluarga, dia menyulap waralaba asal Amerika Serikat tersebut sebagai tempat berkumpulnya anak muda.

Menurut data dari website Fastfood Indonesia, saat ini perseroaan telah memiliki 748 gerai KFC di 169 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan terus bertambah.

Adapun sampai dengan 2016, Ricardo Gelael tercatat sebagai orang terkaya ke-135 di Indonesia dengan kekayaan sebesar US$185 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kfc sean gelael ricardo gelael
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top