Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Cara Jitu Mempromosikan Produk Lewat Sosial Media

Promosikanlah produk melalui video digital pada sosial media, karena video marketing bisa membangun ikatan emosi positif dan berpotensi untuk viral.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 27 November 2020  |  15:37 WIB
Ilustrasi media sosial - Reuters/Beawiharta
Ilustrasi media sosial - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -- Sosial media kini tidak hanya untuk personal branding saja, tetapi juga menjadi salah satu alat untuk promosi produk. Hal ini tentu menjadi penting ketika saat pandemi ini banyak sekali masyarakat yang memilih untuk berwirausaha.

Pendiri Crevolutionz, Ayrton Eduardo mengatakan bahwa ada beberapa tips dan trik dalam pembuatan konten yang perlu Anda ketahui, yakni:

1. Pahami audiens Anda

Audiens ini harus dipahami, kalau punya sosial media pasti ada insightnya atau analytics bisa disimak gender, wilayahnya dll. Disitu Anda bisa memahami audiens Anda dengan lebih baik lagi, agar kita tahu proporsinya kita akan fokuskan pada market terbesar.

“Pahami produk dan jasa yang Anda tawarkan, segmentasikan target audiens Anda, lakukan penelitian dan pilih audiens Anda,” ujarnya dalam pelatihan UKM oleh Alfamart, Jumat (27/11/2020).

2. Buat kalender konten

Kita bisa merencanakan konten-konten yang bisa diupload dengan melihat trend yang sedang berjalan, misalnya situasi dan kondisi yang sedang berjalan. Memberi jarak 1 post per hari untuk menjaga konsistensi dan memastikan konten yang diunggah tepat waktu dan tepat sasaran.

3. Pahami prinsip the golden circle

The Golden Circle landasan Anda membuat konten dan copywriting yang baik, ada apa, bagaimana dan mengapa. Apa produk atau jasa apa yang Anda jual, Bagaimana Anda berbeda dengan kompetitor lain dan mengapa usaha Anda ada.

Selain itu ada 4 tahap mempersiapkan konten, buat konten yang berkualitas dan sesuai tren, daur ulang konten Anda, promosi dan distribusikan konten Anda serta tambahkan elemen copywriting

“Ada 2 tools yang dapat membantu Anda dalam mencari inspirasi konten yakni Google trends dan Google alerts, layanan ini membantu memonitor informasi yang paling sering dicari,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa market digital sangat besar, sehingga setiap orang juga perlu mengeksplorasi bagaimana mempromosikan video digital pada sosial media yang dimiliki, karena video marketing memudahkan pelanggan mengingat, membangun ikatan emosi positif dan berpotensi untuk viral.

Poin penting yang harus diingat dalam pembuatan video marketing untuk promosi adalah panjang durasi maksimal 2 menit, angkat topik yang menarik dan dekat dengan penonton, bisa dipahami penonton dengan mudah, tawarkan solusi melalui penggunaan produk Anda, dan buat konten yang mudah diingat dan tidak membosankan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi bisnis tips bisnis sosial media tips sukses
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top