Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Pengusaha Mendapatkan Inspirasi

Namun pada saat yang sama, kondisinya bisa jadi lebih sulit daripada hari-hari yang lain, dan tak terelakkan, Anda akan berada di titik jenuh ketika semua motivasi dan hasrat itu tampaknya menjauh dari Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  15:31 WIB
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kewirausahaan secara alami mengasyikkan.

Sebagian besar dari wirausahawan terlibat karena mereka senang dengan gagasan untuk membangun perusahaan sendiri, dan pikiran membangun kekayaan dengan banyak tantangan.

Namun pada saat yang sama, kondisinya bisa jadi lebih sulit daripada hari-hari yang lain, dan tak terelakkan, Anda akan berada di titik jenuh ketika semua motivasi dan hasrat itu tampaknya menjauh dari Anda.

Ini mungkin tidak sering terjadi, dan mungkin tidak menghabiskan Anda sepenuhnya, tetapi itu akan menguras energi dan menghambat kreativitas yang Anda curahkan ke dalam bisnis Anda.

Selain itu, jika Anda tidak berhati-hati, ini bisa meningkat menjadi masalah nyata.

Jadi ketika Anda mencapai titik jenuh, pada hari-hari buruk dan dalam keadaan sulit ini, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan inspirasi Anda kembali?

Dilansir melalui Small Biz Trends, berikut tujuh cara yang dapat menggugah kembali inspirasi Anda sebagai pengusaha.

1. Bacalah Kisah Nyata yang Memotivasi.

Anda dapat mulai dengan membaca beberapa kisah yang memotivasi dari wirausahawan yang telah mengatasi tantangan yang Anda hadapi, atau yang sedang mengalaminya saat ini. Anda dapat terhibur dengan kenyataan bahwa Anda tidak sedang dalam perjalanan ini sendirian, atau mengingatkan diri Anda sendiri bahwa kesuksesan mungkin sudah dekat. Anda bahkan dapat mempelajari strategi coping baru atau cara untuk menata kembali bisnis Anda.

2. Baca Beberapa Kutipan Motivasi

Mirip dengan membaca cerita kewirausahaan, Anda dapat mencari kutipan motivasi untuk membuat Anda terus maju. Carilah kutipan dan wawancara dari para pemimpin utama dalam komunitas wirausaha. Sebagian besar mungkin akan terdengar klise, tetapi jika Anda terus mencari, kemungkinan Anda akan menemukan setidaknya satu kutipan yang benar-benar sesuai dengan Anda secara pribadi - cukup untuk membangun kembali motivasi pribadi Anda untuk terus melanjutkan usaha.

3. Ingat Mengapa Anda Memulai Usaha

Luangkan waktu sejenak untuk rehat dan ingat mengapa Anda memulai dengan kewirausahaan di tempat pertama, mudah untuk kehilangan rasa ini dalam tanggung jawab sehari-hari kepemilikan bisnis. Apakah Anda ingin memimpin tim? Apakah Anda mengejar potensi penghasilan tak terbatas? Selaraskan kembali fokus Anda di sini, dan Anda akan melihat bisnis Anda dari sudut pandang yang lebih segar.

4. Luangkan Waktu Istirahat

Ini adalah metode jelas yang diabaikan oleh banyak pengusaha. Tidak masalah jika bisnis tidak dalam kondisi sempurna. Tidak masalah jika Anda memiliki banyak pekerjaan. Anda perlu memprioritaskan kesehatan mental Anda sendiri dan sesekali beristirahat. Ambil cuti beberapa hari, atau pergilah berlibur. Saat Anda kembali, Anda akan menemukan inspirasi Anda diperbarui. Tidak peduli seberapa bersemangat Anda terhadap sesuatu, ketika Anda menghadapinya setiap hari tanpa istirahat, Anda akan bosan.

5. Bicaralah kepada Mentor

Mentor adalah orang-orang yang memiliki pengalaman jauh lebih banyak daripada Anda, dan lebih banyak perspektif tentang tantangan dan hambatan yang relatif kecil yang Anda hadapi. Mereka akan dapat memberi Anda beberapa nasihat praktis, atau setidaknya beberapa strategi mengatasi untuk menyalakan kembali api batin Anda.

6. Bertukar Ide dengan Rekan Anda

Anda mungkin menemukan diri Anda lebih bersemangat setelah membicarakan bisnis Anda dan sifat pengembangan bisnis dengan pengusaha lain di area Anda. Mereka adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda, mungkin ke tingkat yang lebih tinggi, dan gairah itu menular. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang ini, dan Anda akan secara alami lebih terinspirasi.

7. Berkreasilah

Anda juga dapat terlibat dalam aktivitas kreatif untuk menenangkan pikiran, membebaskan diri dari beberapa stres yang Anda hadapi, dan sekaligus melatih bagian otak yang bertanggung jawab untuk menghasilkan solusi unik untuk masalah. Anda dapat belajar seni di museum, memainkan musik favorit Anda, menulis puisi, melukis atau melakukan hal lain yang membuat pikiran Anda tetap aktif dan mengurangi stres.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha entrepreneur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top