Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Sosmed dapet Duit, Begini Lho Triknya

Banyak ahli mengatakan bahwa media sosial adalah untuk berhubungan dengan orang, dan bukan untuk menjual, tetapi pada titik tertentu, Anda ingin memanfaatkan koneksi yang Anda buat untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Desember 2020  |  08:48 WIB
Ilustrasi - Hoovers
Ilustrasi - Hoovers

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak peluang menghasilkan uang di media sosial daripada yang mungkin Anda sadari. Media sosial nyatanya bisa sangat menggiurkan.

Banyak ahli mengatakan bahwa media sosial adalah untuk berhubungan dengan orang, dan bukan untuk menjual, tetapi pada titik tertentu, Anda ingin memanfaatkan koneksi yang Anda buat untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan.

Jika Anda telah membangun kepercayaan yang cukup dengan pengikut Anda, mereka akan lebih cenderung untuk mempercayai rekomendasi dan tautan yang Anda bagikan.

Berikut enam cara Anda bisa menghasilkan uang di media sosial seperti dilansir Entrepreneur.

1. Mempromosikan produk 

Tidak peduli di industri apa Anda berada, Anda dapat menemukan produk hebat untuk dipromosikan dengan cara endorsment. 

Selanjutnya, alih-alih mengirim spam tautan di Twitter dan berharap yang terbaik, perlu diingat bahwa cara paling jujur dan efektif untuk mempromosikan produk endorse adalah melalui ulasan.

Jika Anda secara pribadi menggunakan produk dan menyukainya, dan mengetahui bahwa pengikut Anda memanfaatkannya, maka tulis ulasan panjang di media sosial Anda, dan bagikan mengapa Anda menyukai produk tersebut. Jangan takut untuk membicarakan apa yang Anda sukai dan tidak Anda sukai. Anda bahkan dapat menggunakan video jika itu lebih sesuai gaya Anda.

2. Buat dan promosikan produk informasi Anda sendiri

Jika Anda sudah memiliki media sosial, dan Anda telah mendemonstrasikan keahlian Anda pada subjek tertentu selama periode waktu tertentu, mungkin ada kesempatan untuk membuat ebook, program audio atau kursus video dan menjualnya kepada audiens Anda. Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan produk semacam itu.

3. Mempromosikan produk dan layanan.

Ada banyak peluang bagi Anda untuk membagikan postingan bersponsor yang mempromosikan produk dan layanan bisnis lain. Ini adalah cara langsung menghasilkan uang dari media sosial.

Namun, jika Anda tidak memiliki pengikut yang cukup banyak, ini mungkin bukan peluang yang besar. Anda juga harus berhati-hati terhadap promosi produk yang berlebihan karena kekurangan uang, karena jika pengikut Anda melihat bahwa Anda terus-menerus men-tweet tentang satu produk atau lainnya, mereka tidak hanya tidak akan mengklik tautan, mereka juga akan berhenti mengikuti Anda.

Penting untuk mencampuradukkan semuanya. Sebaiknya luangkan waktu untuk menyusun jadwal posting media sosial yang tepat, untuk memastikan Anda memberi nilai tambah kepada pengikut Anda saat mempromosikan produk. Ajakan bertindak pasti harus menjadi bagian dari strategi media sosial Anda, tetapi setiap pos tidak bisa menjadi ajakan bertindak.

4. Gunakan media visual untuk mempromosikan produk kerajinan Anda.

Jika Anda suka membuat kerajinan tangan, karya seni, atau bahkan pakaian dan rajutan, mungkin ada kesempatan untuk memamerkan produk Anda di media sosial. Instagram dan Pinterest mungkin tampak seperti tempat yang jelas untuk dikunjungi, tetapi Facebook, Twitter, dan Google+ juga merupakan saluran yang bagus untuk berbagi media visual.

Mempromosikan produk Anda di berbagai saluran yang berbeda, Anda memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang baik.

5. Promosikan layanan coaching atau konsultasi Anda

Media sosial adalah tempat yang tepat untuk menghasilkan untuk bisnis konsultasi. Baik Anda seorang guru gitar atau pelatih kehidupan, jika Anda telah menunjukkan keahlian di bidang tertentu, Anda dapat menciptakan lebih banyak minat untuk layanan Anda dengan terhubung dengan pelanggan target Anda di media sosial.

Sesi pelatihan dapat dilakukan melalui Skype, jadi ini jelas merupakan kesempatan untuk menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah. Konsultasi bisa menguntungkan, jadi ingatlah untuk tidak meremehkan diri Anda sendiri - tetapkan harga yang wajar untuk waktu dan usaha Anda.

Strategi ini juga dapat bekerja bersamaan dengan menjual produk informasi, karena mereka yang menginginkan saran Anda lebih cenderung tertarik pada ebook dan kursus yang Anda buat.

6. Membuat YouTube

Membangun saluran YouTube yang populer bisa jadi pekerjaan yang berat. Tetapi jika Anda sudah memiliki pengikut, atau Anda bertekad untuk meningkatkan jumlah penonton, bergabung dengan Program Mitra YouTube untuk menghasilkan uang dari iklan mungkin merupakan jalur yang perlu dijelajahi.

Ada pembuat konten YouTube terkemuka yang telah menghasilkan banyak uang dengan program ini, tetapi mereka adalah pengecualian, bukan aturannya. Butuh banyak waktu, strategi, dan keberuntungan untuk menghasilkan uang di YouTube. Namun, ini adalah hal yang baik untuk diingat dengan periklanan secara umum. Kecuali Anda sudah mendapatkan banyak tampilan dan klik, Anda tidak akan menghasilkan banyak uang darinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis sosial media
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top