Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Menjadi Wirausaha di 2021

Kita juga telah melihat strategi pivot luar biasa dari bisnis yang lebih tradisional guna beradaptasi dengan adanya perubahan dalam kebiasaan dan perilaku yang menurut prediksi para ahli akan bertahan lebih lama dari pandemi itu sendiri.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  16:11 WIB
Tips bisnis
Tips bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Setahun terakhir ini kecil telah melihat ledakan bisnis kecil dan startup yang baru diluncurkan.

Dan mereka bukan hanya pendiri bisnis amatir.

Kita juga telah melihat strategi pivot luar biasa dari bisnis yang lebih tradisional guna beradaptasi dengan adanya perubahan dalam kebiasaan dan perilaku yang menurut prediksi para ahli akan bertahan lebih lama dari pandemi itu sendiri.

Pada intinya, apa yang kita saksikan sekarang adalah pola pikir dan praktik inovatif bernilai lebih tinggi. Siap atau tidak, tantangan yang sama sekali baru akan menanti Anda di tahun 2021. Saatnya melakukan segalanya, menjadi wirausaha sepenuhnya.

Bagaimana Anda bisa mengendalikan masa depan Anda sendiri dalam menghadapi pandemi jangka panjang yang telah menghancurkan ekonomi, pasar, bisnis, dan kehidupan?

Simak tips berikut dari Jonathan Littman dan Susanna Camp, penulis The Entrepreneur’s Faces: How Makers, Visionaries and Outsiders Succeed, yang dikutip melalui Entrepreneur, Kamis (7/1).

1. Menjadi Diri Sendiri

Tip pertama adalah yang sederhana namun penting. Rangkul identitas Anda dengan semangat dan kreativitas. Krisis dan lockdown telah memberi banyak dari kita waktu dan ruang untuk menemukan siapa kita, dan apa yang kita inginkan dalam hidup. Tentu Anda harus berkomitmen dengan tujuan Anda sebagai wirausaha, tapi pertama-tama Anda perlu percaya pada diri sendiri.

2. Kolaborasi

Kolaborasi bisa jadi sulit belakangan ini. Pandemi telah mengubah cara tradisional inti yang digunakan wirausahawan untuk bersama-sama mengejar peluang - mulai dari akselerator, inkubator, dan program universitas, hingga malam promosi dan pertemuan. Untungnya, tantangan pribadi ini dapat diatasi. Anda harus lebih proaktif dan kreatif dalam menemukan orang untuk berbagi ide. Tetapi Anda harus bertindak cepat. Karena tim yang dibentuk sekarang dan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang akan lebih kuat, lebih mampu, dan lebih mungkin untuk berhasil.

3. Terus Berkembang

Wirausahawan hebat terus berkembang. Mereka mengeksplorasi ide-ide baru, mengujinya dengan cepat, mengukur apa yang dipikirkan dunia, dan merespons dengan lebih banyak prototipe. Wirausahawan yang masuk dalam kategori 'maker' ini tidak menunggu peluang datang, namun bertindak untuk mendatangnkan peluang. Pandemi telah membuat kewirausahaan dalam bentuknya yang paling mendasar - membuka bisnis baru - sangat penting bagi ribuan orang karena cara hidup lama telah berubah.

Dengan demikian, Anda harus merangkul kewirausahaan seperti mengendalikan masa depan Anda. Banyak perusahaan telah memberhentikan hingga jutaan pekerja dan pemerintah tidak akan menjadi penyelamat.

Sebagai wirausahawan Anda harus mampu mengatasi berbagai rintangan, mulai dari mencari modal dan bakat untuk mewujudkan inovasi yang ingin Anda bawa di 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top