Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Strategi Sukses ala Pro Skater Tony Hawk

Saat Anda gagal, maka hal tersebut akan berdampak pada rasa percaya diri mungkin terdampak. Bersabarlah dan teruslah mencoba.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  12:56 WIB
Tony Hawk Pro Skater adalah salah satu waralaba gim paling populer sepanjang masa dan yayasan Skatepark Project-nya telah memberikan lebih dari US10 juta untuk membantu mendanai ratusan taman skate di seluruh Amerika Serikat. - 20ceanvibe
Tony Hawk Pro Skater adalah salah satu waralaba gim paling populer sepanjang masa dan yayasan Skatepark Project-nya telah memberikan lebih dari US10 juta untuk membantu mendanai ratusan taman skate di seluruh Amerika Serikat. - 20ceanvibe

Bisnis.com, JAKARTA -- Tony Hawk adalah ikon olahraga global dan pemain skateboard paling terkenal sepanjang masa.

Pada tahun 1999 silam, Hawk adalah pemain skateboard pertama yang melakukan trik 900, sebuah trik dua setengah putaran udara dan sangat sulit dilakukan.

Serial gim videonya, Tony Hawk's Pro Skater, adalah salah satu waralaba gim paling populer sepanjang masa, dan yayasan Skatepark Project-nya telah memberikan lebih dari US$10 juta untuk membantu mendanai ratusan taman skate di seluruh Amerika Serikat.

Dilansir melalui Entrepreneur, Jumat (15/1/2021), Hawk berbagi tentang apa yang diperlukan untuk tetap unggul sambil menjalani kehidupan yang bermakna.

1. Belajar dari kegagalan

Saat Anda gagal untuk pertama kalinya, rasa percaya diri mungkin terdampak. Kita jadi kurang sabar terhadap progres yang dicapai dan cepat jenuh. Siklus kegagalan yang dapat diprediksi ini adalah alasan kebanyakan orang berhenti. Tapi ini tidak berlaku untuk Hawk.

Hawk menjadikan kegagalan sebagai alat pembelajaran agar dia dapat menjadi lebih baik. Karena pengalaman adalah guru terbaik, dia merefleksikan setiap kesuksesan atau kegagalan sebagai wawasan, tidak peduli seberapa kecil.

Hawk pertama kali menginjak skateboard pada usia 9 tahun, menjadi profesional pada usia 14 tahun, dan secara luas dianggap sebagai pemain skateboard terbaik di dunia pada usia 16 tahun. Beginilah cara Hawk berkembang dari pemula menjadi master.

2. Pertahankan apa yang menjadi kekuatan Anda

Selama bertahun-tahun, Hawk telah memulai banyak usaha. Sebagian besar berhasil, tetapi sebagian tidak.

Ketika ditanya saran apa yang akan dia berikan pada versi dirinya beberapa tahun lalu, Hawk punya tanggapan spesifik.

"Jangan berinvestasi dalam suatu hal Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Itulah yang akan saya katakan pada diri saya sendiri karena saya melakukannya, dan itu tidak berjalan dengan baik," katanya.

Berapa banyak pengusaha yang membentuk perusahaan, lalu menginvestasikan waktu dan uang untuk menjual sesuatu di dunia yang tidak mereka ketahui?

Minat dan eksposur saja tidak cukup. Hanya karena Anda menyukai mobil, memiliki satu dan mengendarainya setiap hari tidak membuat Anda cukup memenuhi syarat untuk buka bengkel atau menjual suku cadang mobil. Anda harus memahami semuanya - pasar, manufaktur, distribusi - semuanya, agar Anda memiliki peluang sukses terkuat.

3. Rencanakan masa depan

Ketika pertama kali masuk ke dunia olahraga, Hawk tidak punya gambaran pasti untuk masa depannya. Dia tidak bercita-cita menjadi kaya atau terkenal karena belum pernah ada role model yang sepertinya sebelumnya.

Jadi ketika dia mulai mendapatkan gaji enam digit dari skateboard sebagai remaja, dia pikir kondisinya akan terus seperti itu. Hingga akhirnya sang ayah, Frank Hawk, memberinya pelajaran berharga tentang perencanaan masa depan.

Setelah Hawk telah menabung cukup banyak, ayahnya ikut menjamin satu unit duplex untuk Hawk sebagai investasi. Dia kemudian membeli rumah lain tetapi hipotek dan biaya hidup yang tinggi membuatnya pindah kembali ke rumah pertama karena lebih terjangkau.

4. Keep it simple

Merencanakan masa depan itu penting, begitu juga pengambilan risiko. Jika Anda berinvestasi terlalu jauh dari zona nyaman atau membuat segalanya menjadi terlalu rumit, Anda berisiko kehilangan segalanya.

Pendekatan yang dilakukan Hawk sangat mudah, tetapi jangan tertipu oleh kesederhanaannya.

"Saya tidak memiliki pendekatan investasi yang rumit. 'Apakah ini terasa benar?' Begitulah cara saya melakukannya - dan saya melakukannya dengan baik," katanya.

Produk gim video dengan Activision, Tony Hawk's Pro Skater, adalah salah satu waralaba gim video paling populer sepanjang masa dan menghasilkan angka penjualan lebih dari US$1,4 miliar.

Sementara itu, yayasannya, The Skatepark Project, telah memberikan lebih dari US$10 juta untuk mendanai pembangunan dan pengembangan lebih dari 600 taman skate di seluruh Amerika Serikat di komunitas marjinal.

Hawk juga seorang investor yang sukses. Dia berinvestasi di DocuSign and Ring, yang diakuisisi Amazon dengan perkiraan nilai US$1,2 miliar hingga US$1,8 miliar. Hawk baru-baru ini berinvestasi di Public.com, situs investasi dan jejaring sosial untuk para investor.

Semakin besar Anda berinvestasi untuk diri sendiri dan jaringan Anda, semakin banyak peluang yang akan datang.

Strategi Hawk akan membantu Anda meminimalkan risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan dengan menjaga diri Anda tetap selaras dengan kompetensi inti dan apa yang sudah menjadi kebiasaan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tokoh tips sukses
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top