Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kisah Sukses Inspiratif dari Oprah Winfrey

Oprah Winfrey menghabiskan beberapa tahun pertama hidupnya dalam kemiskinan yang parah di keluarga nenek dari pihak ibu.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  21:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Hanya sedikit orang dalam sejarah yang mampu mencapai tingkat pencapaian yang sama seperti Oprah Winfrey.

Terkenal karena acara bincang-bincang yang memenangkan banyak penghargaan, Oprah juga telah membuat jaringan televisinya sendiri yang diberi nama OWN.

Sepanjang karirnya Oprah telah memperoleh Bob Hope Humanitarian Award dari Academy of Television Arts & Sciences, dinominasikan untuk Oscar, dan telah diakui sebagai miliarder wanita kulit hitam pertama di Amerika Serikat.

Di samping dikenal karena motivasinya yang mendorong orang lain untuk menjalani kehidupan terbaik mereka, ada beberapa pelajaran berharga yang dapat kita petik dari kisah hidup Oprah sendiri, seperti dilansir melalui Entrepreneur.

1. Masa lalu Anda tidak menentukan Anda

Keberhasilan Oprah sangat kontras dengan latar belakangnya. Terlahir dari seorang ibu muda yang tidak menikah, Oprah menghabiskan beberapa tahun pertama hidupnya dalam kemiskinan yang parah di keluarga nenek dari pihak ibu.

Dia menghadapi banyak pelecehan saat remaja bahkan membawanya ke jalur pergaulan bebas yang berbahaya dan menyebabkan kehamilan ketika dia baru berusia 14 tahun. Setelah putranya meninggal tidak lama setelah lahir, Oprah pindah ke Nashville, Tennessee untuk tinggal bersama ayahnya, Vernon.

Pindah ke Tennessee menjadi titik balik dalam kehidupan Oprah. Dipandu oleh aturan ketat ayahnya dan desakan ayahnya agar dia bekerja keras untuk mencapai potensi penuh, Oprah mengubah hidupnya.

Oprah tidak membiarkan pengalaman masa lalunya menentukan dirinya. Alih-alih identitasnya pada kehidupan sebelumnya yang penuh kemiskinan, pelecehan, dan pergaulan bebas, Oprah berfokus pada potensinya dan memulai jalan baru - jalan yang mengarah pada kesuksesan.

2. Pendidikan adalah kunci untuk maju

Oprah telah menyatakan bahwa kecintaan ayahnya untuk belajar adalah kunci yang membantunya mengubah hidupnya. Dia percaya bahwa hanya dengan memperbaiki keadaan seseorang tidak akan menghasilkan kehidupan yang lebih baik; satu-satunya cara seseorang dapat benar-benar tumbuh adalah dengan mengubah cara berpikirnya.

Terlepas dari keadaan Anda, Anda tidak boleh berhenti belajar. Satu-satunya cara untuk meningkatkan hidup Anda adalah dengan mengubah pikiran Anda terlebih dahulu, yang terjadi melalui pendidikan.

3. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru

Sebagian besar kesuksesan Oprah dapat dikaitkan dengan keberaniannya mengambil risiko dan bersedia menjelajah ke wilayah baru.

Dia memulai karir penyiarannya di stasiun radio area Nashville segera setelah memenangkan gelar Miss Black Tennessee. Dia terus bekerja di sana selama beberapa tahun sampai dia ditawari pekerjaan penyiaran di stasiun televisi lokal.

Itu hanyalah segelintir dari banyak peluang yang diraih Oprah. Kemauan untuk mengambil risiko dan mencari tantangan baru ini terus berlanjut sepanjang karirnya.

Bahkan setelah sukses luar biasa dari The Oprah Winfrey Show, dia menolak untuk beristirahat. Alih-alih, dia meluncurkan jaringan televisi dan menerbitkan majalahnya sendiri, membuktikan sekali lagi bahwa kesuksesan diperoleh ketika Anda melewati ketakutan dan risiko kegagalan dengan mencoba sesuatu yang baru.

4. Bersikap otentik dan tentukan tujuan jelas

Ketika The Oprah Winfrey Show pertama kali dimulai, acara itu berfokus pada topik-topik sensasional seperti kebanyakan acara bincang-bincang lainnya.

Tapi setelah satu episode di mana seorang wanita mengetahui di udara bahwa suaminya tidak setia, Oprah membuat keputusan untuk mengubah format acara agar selaras dengan nilai-nilai moralnya.

Sejak saat itu, The Oprah Winfrey Show mengalihkan fokusnya dari topik-topik sensasional ke topik peningkatan diri, spiritualitas, dan hidup sehat.

Perubahan format terbukti berhasil dan mendapatkan banyak pujian serta popularitas. Oprah membuktikan bahwa tidak perlu mengkompromikan nilai-nilai Anda untuk menjadi sukses. Sebaliknya, buat pilihan otentik yang seringkali justru menghasilkan kesuksesan yang lebih besar.

5. Temukan kesuksesan dan nilai diri dengan berbagi

Oprah tidak mencapai puncak kesuksesan dengan terus-menerus mengejarnya. Alih-alih, tujuan utamanya adalah memenuhi panggilannya sebagai guru dan melayani orang lain.

“Apa yang saya tahu pasti adalah bahwa jika Anda ingin sukses, Anda tidak dapat menjadikan kesuksesan sebagai tujuan Anda… kuncinya adalah tidak khawatir tentang menjadi sukses tetapi sebaliknya bekerja untuk menjadi signifikan — dan kesuksesan secara alami akan mengikuti," dia mengatakan dalam sebuah artikel untuk O Magazine.

Budaya kita cenderung percaya bahwa kesuksesan harus dikejar dengan gigih dengan segala cara. Kehidupan Oprah menunjukkan bahwa Anda dapat menciptakan keberadaan yang bermakna dan menjadi sukses hanya dengan melayani orang lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

oprah winfrey oprah winfrey tokoh tokoh bisnis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top