Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Orang Terkaya yang Beli Lahan di Hawaii, dari Mark Zuckerberg, Jeff Bezos sampai Oprah Winfrey

Simak selusin orang terkaya yang memiliki lahan besar di Hawaii. Untuk apa saja lahannya?
Oprah Winfrey berpidato usai menerima penghargaan Cecil B. Demille di Beverly Hills, California, U.S. 7 Januari 2018./Reuters
Oprah Winfrey berpidato usai menerima penghargaan Cecil B. Demille di Beverly Hills, California, U.S. 7 Januari 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Sederet orang -orang terkaya termasuk Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, sampai Oprah Winfrey berbondong-bondong memburu lahan di Hawaii dalam beberapa tahun belakangan. Hal itu membuat mereka kini dituduh 'menjajah' pulau tersebut dan 'mencuri' tanah dari penduduk asli Hawaii.

Melansir Forbes, setahun yang lalu, Oprah Winfrey membeli 850 hektar di Maui seharga US$6,4 juta, menambah 1.280 hektar yang sudah dia miliki di pulau itu.  

Terletak di pedalaman, properti miliknya terbentang di atas perbukitan hijau hingga kawasan hutan lindung di lereng gunung berapi Haleakala. 

Winfrey, yang tinggal di Hawaii hanya sekitar empat bulan dalam setahun, pertama kali membeli sebuah peternakan di Maui dua dekade lalu. Lahannya tidak terkena dampak apa pun ketika kebakaran hutan melanda Maui Agustus 2023 lalu, yang membakar lahan seluas 6.625 hektar dan menewaskan 100 orang.  

Setelah kejadian tersebut, dia membawakan bantal, popok, dan perlengkapan lainnya untuk para penyintas dan, bersama Dwayne “The Rock” Johnson, mendirikan donasi dana untuk Maui. Winfrey juga secara pribadi menyumbang US$10 juta untuk upaya tersebut.

Menyusul Winfrey, Jeff Bezos dan tunangannya, Lauren Sanchez dilaporkan membentuk Maui Fund senilai US$100 juta, sementara Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menyumbangkan US$400.000 ke Hawaii Community Foundation.  

Namun, ketika penduduk Maui memilah-milah abu rumah mereka, para pemilik tanah kaya menjadi sorotan karena memiliki tanah dan properti yang dulunya milik penduduk asli Hawaii.

Berikut ini sederet orang-orang super kaya yang punya lahan-lahan besar di Hawaii:

1. Gordon Moore: US$6,8 miliar

Miliarder pertama yang menjadikan negara bagian Aloha sebagai rumah paruh waktunya adalah mendiang salah satu pendiri dan ketua emeritus Intel, Gordon Moore. Sebelum kematiannya pada Maret 2023, raksasa teknologi itu dikatakan menghabiskan sebagian besar waktunya di rumahnya di Hawaii bersama Betty, istrinya selama 72 tahun.

Properti miliknya terletak di tepi pantai di kawasan Kamuela Big Island, sekitar 20 menit berkendara ke pantai dari Four Seasons Resort Hualalai.

Moore tampaknya telah memiliki rumah tersebut sejak dibangun pada 1991, atau mungkin membelinya tidak lama kemudian.

Menurut catatan publik, rumah yang terletak di ladang lava dekat lapangan golf itu memiliki luas total 6.400 kaki persegi dan memiliki lima kamar tidur dan enam kamar mandi.

Properti bergaya Hawaii miliknya dikelilingi oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi. Selain itu, terdapat kolam berukuran besar di halaman dan beberapa teras untuk bersantai dan melepas penat.

Moore dilaporkan meninggal di rumah tercintanya di Hawaii dikelilingi oleh keluarga, pada usia 94 tahun.

2. Marc Benioff: US$7,8 miliar

Marc Benioff juga merupakan pemilik rumah liburan veteran Hawaii. Pendiri, ketua, dan CEO Salesforce ini membeli propertinya di Mauna Kea Resort di Big Island pada 2000 seharga US$12,5 juta. 

Sejak itu, miliarder teknologi ini telah membeli beberapa lahan di sekitar rumahnya, mungkin untuk meningkatkan privasinya.

Selain itu, Benioff juga memiliki sebuah unit di The Villas di Mauna Kea. Seperti teman lamanya Larry Ellison, pengusaha komputasi awan ini sangat tertarik dengan Hawaii dan budayanya. Dia mengenakan kemeja Hawaii saat bekerja dan memberi nama anjingnya Koa (bahasa Hawaii yang berarti pejuang), tetapi akhir-akhir ini dia dituduh melakukan perampasan budaya.

Benioff mengungkapkan kepada Fortune bahwa Salesforce telah menyumbangkan US$1 juta ke World Central Kitchen setelah kebakaran mematikan di Maui.

3. Oprah Winfrey: US$2,8 miliar

Ratu Segala Media, yang juga dikenal sebagai Ratu Maui, memegang posisi tertinggi sebagai pemilik tanah swasta terkemuka di pulau tersebut. 

Tokoh TV dan dermawan ini mulai membeli tanah di sana pada 2003 ketika dia mengeluarkan uang sebesar US$5,3 juta untuk mendapatkan lahan seluas 23,7 hektar.

Dia membeli properti awalnya di distrik Kula, yang berisi properti bergaya rumah pertanian Amerika yang cantik, yang dia ubah dengan bantuan desainer interior favoritnya, dan ditambah dengan setidaknya tiga bangunan tambahan.

Selama dekade berikutnya, legenda acara bincang-bincang itu mengumpulkan total lahan seluas 782 hektar menurut analisis Variety, menghabiskan total hingga US$60 juta. 

Tapi dia tidak berhenti di situ. Pada Oktober 2021, Winfrey mengambil alih properti zona pertanian seluas tiga hektar di sebelah properti Maui lainnya, menurut Maui Now, menambahkan dua bidang tanah seluas 10 hektar senilai US$100.000 pada akhir 2022. Kemudian, pada Maret 2023, dia dilaporkan menghabiskan US$6,6 juta untuk memiliki 870 hektar tambahan di Kula.

Kepemilikan Oprah yang luas kini dikatakan mencakup sekitar 1.000 hektar di Kula, dihiasi dengan beberapa bangunan dan tambahan 63 hektar di Hana. Namun rumah pertanian berdinding papan putih bersih itu tetap menjadi tempat Oprah tinggal ketika dia datang ke pulau itu untuk berkunjung.

Menariknya, tidak seperti banyak properti miliarder lainnya di Hawaii, properti Oprah berada di pedalaman, bukan menghadap pantai.

4. Michael Dell: US$66,4 miliar

Berikutnya adalah raja komputer Michael Dell. Pengusaha IT ini membeli Maui's Four Seasons Resort di Wailea pada 2004 seharga US$280 juta melalui perusahaan investasinya MSD Capital.

Dia menindaklanjuti pembelian besarnya dengan membeli saham di Four Seasons Resort Hualalai di Big Island (yang saat ini dimiliki bersama oleh miliarder Walmart Rob Walton), serta Kona Village Resort di dekatnya.

Satu-satunya Resor Bintang Lima di Big Island, Four Seasons Resort Hualalai memiliki suasana mewah namun santai. Properti tersebut merupakan yang termahal dan termewah dari dua properti Four Seasons yang diminati Dell.

Pada tahun 2021, vila ini mengalami renovasi senilai US$100 juta yang mencakup pembangunan tiga vila yang disebut-sebut sebagai akomodasi vila terbesar dan termewah di pulau tersebut.

5. Pierre Omidyar: US$6,1 miliar

Pierre Omidyar adalah salah satu dari dua miliarder yang benar-benar pindah dan tinggal di Hawaii. 

Pendiri eBay yang terkenal tertutup ini pindah ke negara bagian ke-50 bersama istrinya Pam dan ketiga anak mereka pada 2006, dan menetap di sebuah rumah tepi pantai seluas 5.800 kaki persegi di lingkungan kelas atas Kahala, Honolulu.

Daerah mewah ini disebut Beverly Hills of Honolulu, meskipun Omidyar adalah satu-satunya miliarder yang memiliki properti di pulau Oahu, dengan sebagian besar pembeli kaya raya seperti yang kita lihat lebih menyukai pulau-pulau lain dalam rangkaian properti seperti Maui dan Big Island. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper