Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belajar Menjadi Pemimpin yang Otentik dari Oprah

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menghormati siapa diri Anda. Anda dapat menggunakan suara Anda dan ingatlah bahwa suara Anda tidak akan cocok untuk semua. Sebuah tim melihat kepemimpinan dari bagaimana Anda bertindak, bereaksi dan membangun keterampilan dan pengembangan pribadi. Keaslian dapat membantu membangun sudut pandang yang positif dan holistik untuk tim.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  19:00 WIB
Oprah Winfrey - Reuters/Mario Anzioni
Oprah Winfrey - Reuters/Mario Anzioni

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak yang mengira bahwa kepemimpinan dilakukan seperti akting. Namun Oprah membantah hal ini.

Banyak orang yang mengklaim bahwa pemimpin sejati harus tampil, memainkan peran dan menciptakan citra tertentu. Hal ini seperti mengubah kepribadian seseorang sesuai situasi. Namun Oprah Winfrey, sebagai salah satu pemimpin bisnis dan pengusaha paling sukses di dunia menyangkal konsep ini.

Oprah berada di peringkat nomor sembilan dalam daftar wanita mandiri terkaya versi Forbes dan merupakan satu-satunya miliarder wanita kulit hitam di Amerika Serikat. Oprah telah menjadi pembawa acara salah satu acara bincang-bincang paling sukses dalam sejarah.

Oprah sendiri memulai jaringan televisinya sendiri, mengoperasikan majalahnya sendiri dan meluncurkan Klub Buku Oprah yang terkenal dan membuka akademi kepemimpinan di Afrika Selatan.

Jika ingin mempelajari bagaimana kepemimpinan yang otentik seperti yang dilakukan Oprah, berikut 4 tips yang dapat Anda pelajari, yang dilansir dari Inc.

1. Kenali diri Anda dan ketahui kekuatan Anda

Sebelum merancang pedoman karir Anda, pastikan Anda memahami kekuatan Anda. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda. Anda juga memiliki keterampilan dan bakat alami, dan Anda harus menggunakannya sebagai dasar atau titik awal. Dengan begitu, maka Anda dapat naik lebih cepat.

Oprah mengenali bakat alaminya untuk berbicara di depan umum dan memulai karirnya sebagai remaja di sebuah stasiun radio Nashville.

2. Bergerak melewati stereotip

Stereotip gender dapat mengubah pandangan kita tentang diri kita sendiri dan orang lain, dan mempercayai stereotip ini dapat membatasi Anda secara profesional.

Oprah sendiri ketika akan melaporkan cerita tentang orang-orang yang terluka dalam kecelakaan atau kebakaran, empatinya menuntunnya untuk mencari orang-orang ini untuk menawarkan bantuan. Kita dapat mengenali stereotip, namun kita tidak perlu mempercayainya.

3. Hormati siapa Anda dan komunikasikan secara konsisten

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menghormati siapa diri Anda. Anda dapat menggunakan suara Anda dan ingatlah bahwa suara Anda tidak akan cocok untuk semua. Sebuah tim melihat kepemimpinan dari bagaimana Anda bertindak, bereaksi dan membangun keterampilan dan pengembangan pribadi. Keaslian dapat membantu membangun sudut pandang yang positif dan holistik untuk tim.

Jadi, gunakan suara asli Anda, komunikasikan dan konsisten. Oprah melakukan ini ketika dia membangun mereknya berdasarkan filosofi "jalani hidup terbaik Anda". Pemimpin juga harus konsisten di saat baik dan buruk.

4. Terus belajar dan jangan memusingkan hal-hal kecil

Selama perjalanan karirnya, kita dapat melihat Oprah telah beberapa kali mengubah dirinya sendiri. Hal ini dimulai dari pembawa acara talk show, aktris nominasi Academy Award, pengusaha, dan banyak lagi. Saat Anda terus mengasah keterampilan kepemimpinan Anda, rangkulah perubahan, kesalahan dan hal-hal lain yang mungkin Anda tidak duga.

Kepemimpinan merupakan keterampilan yang dapat Anda pelajari, namun juga harus didukung dengan kualitas bawaan Anda, kepribadian, kerentanan dan ketidaksempurnaan Anda. Dengan menggunakan keaslian Anda, maka dapat membantu Anda untuk membuka pintu ke jalur karir yang lebih bermanfaat, hubungan kerja yang lebih kuat dan dampak yang lebih besar sebagai seorang pemimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis oprah winfrey
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top