Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Orang Terkaya yang Beli Lahan di Hawaii, dari Mark Zuckerberg, Jeff Bezos sampai Oprah Winfrey

Simak selusin orang terkaya yang memiliki lahan besar di Hawaii. Untuk apa saja lahannya?
Oprah Winfrey berpidato usai menerima penghargaan Cecil B. Demille di Beverly Hills, California, U.S. 7 Januari 2018./Reuters
Oprah Winfrey berpidato usai menerima penghargaan Cecil B. Demille di Beverly Hills, California, U.S. 7 Januari 2018./Reuters

6. Guy Laliberte: US$1,2 miliar

Pendiri Cirque du Soleil, Guy Laliberté, telah membangun portofolio real estat yang spektakuler selama bertahun-tahun, dengan rumah-rumah mewah di kota kelahirannya di Kota Quebec, Las Vegas, Ibiza, dan bahkan sebuah pulau pribadi di Polinesia Prancis, yang dapat disewa dengan harga US$1 juta seminggu.

Mantan pengamen jalanan ini juga memiliki rumah mewah di Mauna Kea Resort di Big Island, yang dia beli pada 2007 seharga US$29 juta. Properti ini juga tersedia untuk disewa dan seperti atol Polinesia Prancis, properti dengan empat rumah dan 10 kamar tidur tentu tidak murah.

Properti miliknya memiliki fasilitas termasuk kolam renang tanpa batas dan bak mandi air panas, spa, bioskop rumah, dapur komersial (penyewaan mencakup layanan koki pribadi), ruang tamu dan kamar tidur yang memikat, serta taman tropis surgawi, yang menampilkan kolam koi, bar tiki vintage, meja yang dapat menampung 26 orang. 

Pada Oktober 2023, Laliberté menjual rumah mewahnya di Montreal dengan delapan kamar tidur dengan harga US$10 juta, sehingga dia diperkirakan akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumahnya di Hawaii.

7. Ken Griffin: US$33,5 miliar

Michael Dell bukan satu-satunya miliarder yang memiliki rumah liburan di kawasan yang paling dicari. Manajer dana lindung nilai dan investor Ken Griffin juga memiliki dua properti di Four Seasons Resort Hualalai. Dia menjadi salah satu yang pertama memiliki sebidang tanah seluas empat hektar, yang dia beli pada 2009 dengan harga di bawah US$11,4 juta. 

Dua tahun kemudian, ahli keuangan itu bersama mantan istrinya, Anne Dias-Griffin, menghabiskan US$17 juta untuk membeli rumah pantai seluas 5.600 kaki persegi yang hanya berjarak 318 kaki dari lahan seluas empat hektar, lengkap dengan lautan dan pemandangan yang menawan, kolam renang tanpa batas yang luar biasa, gazebo menawan dan atribut menarik lainnya.

8. Peter Thiel: US$5,9 miliar

Miliarder lain yang memiliki rumah liburan menakjubkan di Hawaii, salah satu pendiri PayPal dan investor awal Facebook, Peter Thiel, yang membeli rumah mewah tepi laut di Makena pada 2011 seharga US$27 juta, yang memecahkan rekor rumah termahal saat itu di pulau Maui.

Meskipun hanya berjarak 10 mil dari Lahaina, daerah yang paling terkena dampak kebakaran hutan pada Agustus lalu, Thiel belum mengumumkan kepada publik seberapa besar sumbangan amalnya. 

Rumah Thiel dilengkapi dengan lima kamar tidur, lima kamar mandi dan memiliki total luas lantai 5.224 kaki persegi dan terletak di sebidang tanah yang luasnya hanya di bawah 1,7  hektar. Properti ini terletak tidak jauh dari hunian baru milik Jeff Bezos.

9. Larry Ellison: US$130,9 miliar

Larry Ellison, merupakan salah satu orang yang mengalahkan Oprah dan Mark Zuckerberg dalam hal kepemilikan tanah yang sangat besar di Hawaii, karena dia memiliki seluruh pulau di Hawaii, atau setidaknya sekitar 98% dari pulau tersebut. 

Salah satu pendiri Oracle ini membeli Lanai, pulau terbesar keenam di nusantara dengan luas 141 mil persegi, pada 2012 seharga US$300 juta.  

Ellison memiliki rumah di sepertiga pulau itu dan banyak bisnisnya, termasuk toko, restoran, dan galeri, serta dua lapangan golf, perusahaan air setempat, pusat penyelamatan hewan, kolam renang komunitas, dan banyak lagi.

Ellison adalah "raja Amerika modern", menurut paparan Bloomberg Bussinessweek 2022 yang menyelidiki kepemilikannya atas Lanai. Banyak penghuni yang menyewa darinya dan bekerja untuknya, dan ketentuan dalam sewa tempat tinggalnya menyatakan bahwa jika diberhentikan dari pekerjaan di salah satu perusahaannya, Anda juga dapat dikeluarkan dari rumah miliknya.  

Namun, ketika pandemi melanda, Ellison membatalkan atau mengurangi sewa tempat usaha di pulau tersebut dan menanggung gaji dan tunjangan stafnya.

Miliarder teknologi, yang menjadi penduduk tetap selama lockdown tahun 2020, tinggal di kompleks yang luas di Kota Lanai (yang sebenarnya adalah sebuah desa kecil). 

Namun, pembelian pulau tersebut olehnya dianggap menaikkan biaya hidup di pulau tersebut, yang diduga mengakibatkan keluarga-keluarga yang telah tinggal di Lanai selama beberapa generasi terpaksa meninggalkan pulau tersebut. 

10. Mark Zuckerberg: US$166,6 miliar

Bersama istrinya Priscilla Chan, Mark Zuckerberg telah mengumpulkan portofolio tanah yang luas di pulau Kauai, yang terkenal dengan hutan hujannya yang hijau, pantainya yang mempesona, dan tebingnya yang menakjubkan.

Keduanya mulai membangun propertinya pada 2014 ketika mereka mengakuisisi lahan seluas 741 hektar di Pesisir Utara pulau tersebut, menghabiskan lebih dari US$200 juta untuk dua bidang tanah berukuran besar, meskipun beberapa sumber menyebutkan angkanya mendekati US$100 juta.  

Sampai pada Maret 2021, pasangan ini membeli lahan seluas 600 hektar lagi di depan Pantai Kauai Larsen seharga US$53 juta, memberi mereka total kepemilikan lebih dari 1.400 hektar.

Setelah kebakaran mematikan di Maui, pasangan ini dilaporkan menyumbangkan US$400.000 ke Hawaii Community Foundation.

11. Howard Schultz: US$3,1 miliar

Mantan CEO Starbucks Howard Schultz adalah miliarder lain yang memiliki rumah mewah di Four Seasons Resort Hualalai. Pada 2015, miliarder yang kaya raya ini menyerahkan dana sebesar US$25 juta untuk mendapatkan properti seluas 10.641 kaki persegi, yang terletak di lahan seluas 1,8 hektar yang terletak jauh dari laut di tepi sungai.  lapangan golf resor.

12. Jeff Bezos: US$190,7 miliar

Pada November 2021, dilaporkan bahwa Jeff Bezos adalah orang terakhir dari barisan panjang miliarder yang mengantongi properti mewah di Hawaii. Dia menempati Carter Estate yang sensasional dan sangat pribadi di pulau Maui, yang tidak diragukan lagi berfungsi sebagai sarang cinta tropis bagi orang terkaya ketiga di dunia dan keuangannya, Lauren Sánchez.

Beruntung bagi pasangan terkenal ini, rumah mereka terletak sekitar 25 mil dari zona kebakaran pada bulan Agustus dan lolos dari kerusakan. 

Menanggapi tragedi tersebut, Lauren mengungkapkan kesedihannya melalui Instagram dan menjanjikan sumbangan senilai US$100 juta untuk membantu Maui bangkit kembali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper