Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuan Besar Berbisnis Ikan Cupang, Omzet Capai Ratusan Juta per Bulan

Ikan dengan warna gold dan silver itu yang sekarang lagi rame banget sebenarnya. Kemarin Alhamdulillah tembus di angka Rp6,7 juta per ekor dari jenis ikan yang warnanya seperti itu,
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 23 Januari 2021  |  12:59 WIB
Ikan cupang. - @elbetta_cupang
Ikan cupang. - @elbetta_cupang

Bisnis.com, JAKARTA -- Prospek bisnis ikan cupang tidak lagi dapat dipandang sebelah mata. Apalagi di masa pandemi ini, ikan hias tersebut tengah naik daun dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Selain sebagai hobi, ikan cupang juga memiliki peluang yang sangat besar untuk diperjualbelikan.

Ikan yang memiliki nama latin Betta ini merupakan salah satu jenis ikan hias tawar yang memiliki tampilan warna-warni yang begitu cantik dengan kisaran harga yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Di dunia, terdapat sekitar 73 jenis ikan cupang, dengan 52 jenis tersebar di perairan umum di Indonesia.

Salah satu pemain yang sukses mengembangkan bisnis ikan hias cupang adalah Elang Shiddiq Khairu Kamil, Pemilik Elbetta Cupang. Meski usianya masih sangat belia, 14 tahun, tetapi Elang cukup serius menjalankan bisnis yang baru dimulainya pada September 2019.

Remaja yang masih duduk di kelas 3 SMP ini bahkan memanfaatkan media sosial dalam proses pemasaran yakni melalui instagram miliknya @elbetta_cupang yang saat ini sudah memiliki lebih dari 49.000 pengikut.

Menurut Elang, selama masa pandemi ini, permintaan terhadap ikan cupang hias terbilang sangat tinggi, dan terus meningkat. Pasalnya, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah dan mengisi waktu senggangnya dengan menjalankan hobi, salah satunya memelihara ikan cupang.

“Alhamdulillah, penjualan terus meningkat setiap bulannya,” tutur sulung dari dua bersaudara ini.

Pada awal pertama menjual ikan cupang, Elang belum terlalu fokus memasarkan melalui instagram. Ketika telah masuk ke instagram penjualannya mulai stabil rata-rata sekitar Rp500.000 per hari dengan menjual ikan seharga ratusan ribu rupiah.

Namun saat ini, Elang mulai beralih menjual berbagai jenis ikan cupang hias yang memiliki warna-warni nan unik dengan range harga jutaan rupiah. Saat ini ada lebih dari 20 varian warna ikan cupang yang dijual. Adapun yang paling banyak diminati adalah jenis ikan cupang dengan model yang memiliki warna keemasan atau silver.

“Ikan dengan warna gold dan silver itu yang sekarang lagi rame banget sebenarnya. Kemarin Alhamdulillah tembus di angka Rp6,7 juta per ekor dari jenis ikan yang warnanya seperti itu,” tutur pria kelahiran 27 Mei 2006 ini.

Apalagi saat ini Elang juga aktif membuat live lelang Ikan Cupang melalui akun instagramnya. Bahkan, sambungnya, ikan cupang yang dilelang tersebut bisa laku dengan harga yang sangat tinggi bisa dua kali lipat dari harga normal.

Misalnya saja ada ikan yang harga normalnya sekitar Rp2 jutaan, lalu saat live lelang di IG, ikan tersebut ditawar dengan harga mencapai Rp4 jutaan. “Lelang ikan cupang ini memang lagi rame banget. Kadang si ikan lakunya bisa tinggi banget karena pas live biasanya orang berebut, dan kita mengeluarkan ikan yang bagus dan sesuai permintaan viewers live,” tuturnya.

Menurutnya prospek bisnis ikan cupang ini sangat menguntungkan apalagi tidak ada patokan harga sehingga satu ekor ikan cupang yang memiliki corak warna unik dan menarik bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi, terutama saat lelang IG secara live.

Penjualannya saat ini tak hanya terbatas di Indonesia saja, dia bahkan sudah mampu memasarkan produknya hingga ke mancanegara seperti Singapura dan rencana proses pengiriman ke Malaysia dalam waktu dekat. Namun memang diakuinya bahwa penjualan tertinggi saat ini masih ada di pasar lokal.

“Saat ini penjualan per harinya memang enggak tentu. Kadang 2-3 hari enggak ada pemasukan tapi besoknya ada yang pesan Rp14 juta. Untuk per bulannya, Alhamdulillah di bulan lalu bisa dapat omzet di atas Rp100juta,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan peluang usaha tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top