Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 10 Tips Menjadi Waralaba Sukses

Berkomunikasi dengan pemilik waralaba dan mitra waralaba lain serta berpartisipasilah dalam asosiasi pemilik waralaba.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  18:05 WIB
Tips bisnis menjalankan bisnis waralaba yang sukses. - enterpreneur
Tips bisnis menjalankan bisnis waralaba yang sukses. - enterpreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memulai bisnis waralaba atau franchise dibutuhkan beberapa strategi, semangat, dan teruslah belajar saat membuat kesalahan.

Jika Anda baru saja bergabung dengan waralaba, maka pemilik waralaba akan membantu Anda untuk menghindari melakukan  banyak kesalahan. Pemilik juga akan membagikan pengalaman saat dia melakukan kesalahan sebagai pengalaman bagimu.

Berikut 10 tips bagi Anda yang memulai bisnis franchise:

1. Pastikan Anda punya cukup uang

Tentukan berapa banyak yang harus Anda investasikan, seberapa besar Anda bersedia mengambil risiko, dan berapa banyak yang Anda perlukan untuk hidup setidaknya selama 12 bulan.

Pastikan Anda memahami investasi awal yang dibutuhkan. Buat keputusan yang cermat dan rasional tentang membeli waralaba. Dengarkan pengacara dan akuntan Anda dan jangan mau ditekan oleh penjual waralaba.

2. Ikuti sistemnya

Pemilik waralaba sering kali menjalankan bisnis mereka dan kemudian mulai mengubah, menambah atau memodifikasi produk, iklan, jam kerja, layanan yang ada, dan bahkan kualitas dan konsistensi yang diberikan lisensi kepada mereka. Ini melanggar perjanjian waralaba dan membahayakan waralaba Anda!

Dengan mengikuti sistem yang Anda lakukan, maka ini menjadi cara untuk melindungi investasi Anda. 

3. Jangan mengabaikan keluarga dan teman Anda

Bersiaplah untuk bekerja berjam-jam, tetapi pastikan untuk mengalokasikan waktu untuk keluarga dan teman Anda.

Jangan lupa untuk mengakui pengorbanan yang dilakukan keluarga Anda. Izinkan keluarga dan teman Anda untuk berbagi dalam kehidupan baru Anda.

4. Jadilah pewaralaba yang antusias

Keberhasilan bisnis selalu berkaitan dengan tingkat antusiasme dengan pekerjaan itu. Antusiasme akan membawa tingkat kegembiraan dan energi positif, yang dapat dirasakan semua orang - termasuk pelanggan dan staf Anda.

Biarkan staf Anda juga ikut bersenang-senang. Akui pekerjaan baik mereka dengan pengakuan atau kenaikan gaji.

5. Rekrut yang terbaik dan perlakukan mereka dengan hormat

Keluhan yang sering terjadi adalah sulitnya menemukan sumber daya manusia yang dipercaya untuk menjaga toko atau gerai waralaba. Bila telah menemukannya, maka bersikaplah adil.

Bekerjalah dengan staf Anda untuk mengembangkan jadwal. Perlakukan karyawan Anda dengan hormat. Jangan biarkan karyawan bersikap tidak hormat kepada karyawan lain.

Tanyakan pada karyawan prosedur mana yang berhasil dan mana yang tidak. Buat hari kerja karyawan Anda selalu menantang. Kemudian, tinjaulah kinerja mereka tepat waktu dan lakukan kenaikan gaji atau berikan bonus bila penjualan mencapai target..

6. Ajari karyawan Anda

Dalam waralaba, pelatihan harus berkelanjutan. Karyawan adalah Anda di garis depan. Kelas pelatihan adalah cara yang baik untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa mereka penting bagi Anda.

Adakan kelas penyegar dan lanjutan secara teratur. Beri tahu pemilik waralaba Anda jika Anda membutuhkan pelatihan tambahan. Manfaatkan setiap peluang pelatihan, baik yang ditawarkan oleh pemilik waralaba atau oleh sekolah setempat, asosiasi perdagangan, dan sumber lainnya.

7. Berikan layanan terbaik kepada pelanggan

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah membuat semua orang tersenyum! Beri tahu pelanggan, bahwa Anda senang mereka memilih bisnis Anda.

Terlibat dengan komunitas. Pelanggan suka berbelanja di tempat-tempat yang mendukung kegiatan mereka. Misalnya, mensponsori tim Liga Kecil, dukung kelompok pemuda dan komunitas. 

8. Tetap berhubungan dengan pemilik waralaba Anda dan penerima waralaba lainnya

Tetap berkomunikasi dengan pemilik waralaba: surat, buletin, email, panggilan telepon, faks, kelas pelatihan, pertemuan regional, konferensi, dan konvensi. Berkomunikasi dengan penerima waralaba lain dengan berpartisipasi dalam asosiasi pemilik waralaba.

9. Perhatikan detailnya

Untuk menjadi sukses, maka Anda harus memperhatikan setiap detail bisnis franchise tersebut. Ketelitian dan ketekunan akan mendatangkan uang  bagi hidup Anda.

10. Minimalkan biaya dan maksimalkan penjualan

Waspadai penyusutan (barang dagangan yang hilang atau tidak ditemukan). Bekerja keras setiap hari. Buatlah jadwal waktu Anda dan jadilah waralaba dengan bijak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba tips bisnis tips sukses
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top