Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Komponen Rahasia Agar Brand Terkenal

Strategi merek lebih dari sekadar logo. Untuk memiliki merek yang bertahan dalam ujian waktu dan membangun basis pelanggan setia, Anda perlu menanamkan merek Anda ke dalam segala hal yang Anda lakukan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  20:03 WIB
Membangun brand perusahaan.
Membangun brand perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kita sering menganggap merek perusahaan atau brand hanya sekadar nama dan logo.

Namun, meskipun elemen ini sangat penting untuk hal-hal seperti pengenalan merek dan loyalitas, keduanya hanya menggores permukaan dari apa sebenarnya branding itu.

Strategi merek lebih dari sekadar logo. Untuk memiliki merek yang bertahan dalam ujian waktu dan membangun basis pelanggan setia, Anda perlu menanamkan merek Anda ke dalam segala hal yang Anda lakukan.

Dilansir melalui Forbes, setidaknya terdapat lima komponen kunci untuk sebuah merek yang solid kuat.

Berikut bagaimana Anda dapat membangunnya.

1. Identitas Merek

Identitas merek bagaimana Anda dan orang lain melihat merek dari luar, termasuk komponen di dalamnya. Misalnya, identitas merek Anda terdiri dari logo, warna merek, dan situs web. Dengan kata lain, identitas merek Anda adalah "tampilan dan nuansa" merek Anda.

2. Tujuan Merek, Misi Dan Nilai

Meskipun tujuan, misi, dan nilai adalah komponen berbeda dari merek, semuanya harus terintegrasi untuk menceritakan kisah yang lebih besar tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Tujuan Anda adalah apa yang Anda lakukan dan apa yang dapat Anda janjikan kepada konsumen, misi Anda adalah tujuan yang lebih besar yang ingin Anda capai melalui berbisnis dan nilai-nilai Anda adalah apa yang diwakili oleh merek Anda.

3. Pesan Merek

Sama seperti identitas merek, pesan membantu Anda terhubung dengan basis konsumen Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Ini adalah bahasa yang Anda gunakan di situs Anda, di postingan media sosial, dan dalam percakapan dengan konsumen Anda. Penting agar pesan merek konsisten, tidak peduli dengan siapa pelanggan berbicara.

4. Diferensiasi Merek

Diferensiasi merek adalah proposisi penjualan unik - apa yang Anda tawarkan yang tidak akan didapatkan konsumen di tempat lain? Diferensiasi merek bisa berupa harga, tetapi tidak menjamin keunggulan di pasar. Sebaliknya, Anda mungkin ingin menawarkan fitur atau nilai unik yang tidak dapat ditiru pesaing. Temukan pembeda yang benar-benar unik untuk kesuksesan merek jangka panjang.

5. Pengalaman Merek

Pengalaman merek adalah cara konsumen Anda terhubung atau berinteraksi dengan produk, layanan, tim, dan berbagai titik koneksi Anda di sepanjang jalan, salah satunya melalui media sosial. Segala sesuatu mulai dari saat konsumen terlibat dengan penjual hingga saat mereka menggunakan produk Anda dianggap sebagai pengalaman merek.

Membangun merek yang kuat adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan penyempurnaan dan penyesuaian terus-menerus.

Namun, agar sebuah merek berhasil dan menjangkau audiens dalam jangka panjang, Anda harus memiliki komponen yang tepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brand tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top