Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alasan Keterampilan Akuntansi Sangat Diperlukan Pengusaha

Pengusaha perlu mengimplementasikan berbagai macam keterampilan untuk berhasil. Dalam satu hari, Anda mungkin memakai 10 atau lebih 'topi' dengan tugas yang berbeda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  15:58 WIB
Ilustrasi. Akuntansi juga sangat berharga untuk merencanakan keuangan pribadi Anda.  -  hartaku.com
Ilustrasi. Akuntansi juga sangat berharga untuk merencanakan keuangan pribadi Anda. - hartaku.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha perlu mengimplementasikan berbagai macam keterampilan untuk berhasil. Dalam satu hari, Anda mungkin memakai 10 atau lebih "topi" dengan tugas yang berbeda.

Selain itu, Anda akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan yang memengaruhi seluruh organisasi, yang berarti Anda harus memikirkan tentang bagaimana keputusan Anda memengaruhi setiap departemen dan individu di perusahaan.

Dilansir melalui Entrepreneur, Anda akan mendengar banyak orang merekomendasikan keterampilan umum seperti "komunikasi" dan "kepemimpinan", yang tentunya penting.

Tetapi keterampilan teknis lainnya sering kali diabaikan. Misalnya, penting bahwa setiap pengusaha memiliki setidaknya beberapa eksposur ke dunia akuntansi.

Untungnya, mengembangkan keterampilan akuntansi tidak membutuhkan banyak waktu atau tenaga.

Jika Anda ingin bekerja maksimal, Anda harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengasah kemampuan Anda dengan mengejar gelar akuntansi empat tahun dan mungkin mendapatkan sertifikasi Anda sebagai akuntan manajemen bersertifikat (CMA).

Tetapi jika Anda hanya ingin keterampilan tingkat tinggi untuk membantu Anda sebagai seorang akuntan, Anda dapat mengambil kelas online dan meninjau materi pembelajaran online secara gratis untuk membuat garis dasar.

Lalu apa keuntungannya? Bagaimana keterampilan akuntansi yang lebih tinggi dapat membantu Anda menjadi pengusaha yang lebih baik?

Ada beberapa keuntungan:

- Penguasaan keuangan

Agar bisnis berhasil, itu harus menguntungkan. Namun lebih dari itu, bisnis perlu dikelola secara cerdas dari perspektif keuangan. Prinsip akuntansi juga akan membantu Anda melacak keuangan bisnis, mempersiapkan laporan pajak, dan menyiapkan bisnis untuk sukses.

- Sinergi dengan tim akunting Anda

Keterampilan akuntansi juga dapat membantu Anda menemukan sinergi dengan tim akuntansi Anda. Memiliki latar belakang akuntansi akan memudahkan Anda berkomunikasi dengan orang-orang ini di tim Anda. Anda dapat berbagi ide dengan bebas, menjelaskan sudut pandang Anda, dan dengan cermat memeriksa rekomendasi yang mereka berikan kepada Anda.

- Keputusan Informatif

Pengusaha biasanya adalah pembuat keputusan utama untuk perusahaan muda mereka. Itu berarti Anda akan memandu perkembangan bisnis dengan setiap pilihan yang Anda buat. Memiliki pemahaman tentang dasar-dasar akuntansi dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat - setidaknya dari sudut pandang keuangan.

- Negosiasi

Setiap pengusaha dengan cepat belajar betapa berharganya menjadi negosiator yang terampil. Dengan keterampilan negosiasi yang ditingkatkan, Anda akan dapat mendorong kesepakatan yang lebih menguntungkan dengan klien, meningkatkan keuntungan tanpa membuat mereka menjauh.

- Merencanakan masa depan pribadi Anda

Keterampilan akuntansi tidak hanya berguna dalam konteks bisnis. Ia juga sangat berharga untuk merencanakan keuangan pribadi Anda. Jangan mengabaikan keuangan Anda sendiri untuk mengejar bisnis Anda yang sedang berkembang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuntansi tips wirausaha
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top