Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Perencanaan Strategis untuk Meningkatkan Produktivitas

Ada banyak manfaat dari perencanaan strategis yang dapat meningkatkan produktivitas.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 01 April 2021  |  16:16 WIB
Proses perencanaan strategis dapat memakan waktu lama, tetapi untuk mendapatkan target yang Anda inginkan tentu diperlukan kerja keras.  - Bloomberg
Proses perencanaan strategis dapat memakan waktu lama, tetapi untuk mendapatkan target yang Anda inginkan tentu diperlukan kerja keras. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak manfaat dari perencanaan strategis yang dapat meningkatkan produktivitas.

Dilansir melalui Business 2 Community, perencanaan strategis membantu Anda mendokumentasikan dan menetapkan arah bisnis Anda. Menilai di mana Anda sekarang dan di mana Anda ingin berada di masa depan akan memberi Anda dasar untuk sukses.

Rencana strategis juga memberi Anda tempat untuk mencatat misi, visi, dan nilai-nilai Anda yang dapat Anda bagikan dengan tim Anda. Perencanaan strategis berarti menentukan tujuan mana yang harus dipenuhi dan langkah apa yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Proses perencanaan strategis dapat memakan waktu lama, tetapi untuk mendapatkan target yang Anda inginkan tentu diperlukan kerja keras.

Setelah Anda memiliki rencana strategis, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang sasaran dan sasaran yang ingin Anda capai dan peta jalan untuk sukses.

1. Melacak Kemajuan

Ini penting jika Anda ingin memastikan bahwa Anda berada di jalan yang benar. Dengan mengembangkan papan pelacakan kemajuan, di mana semua langkah tindakan yang diperlukan dan diselesaikan dapat dilacak adalah penting.

Dengan cara ini produktivitas dapat diukur, dan perubahan apa pun dapat dilakukan agar tetap pada jalurnya. Ini akan memberi Anda patokan tentang berapa banyak waktu yang dibutuhkan anggota tim untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

2. Keterlibatan Karyawan

Pemimpin yang melibatkan karyawan dalam pengembangan rencana strategis lebih berhasil dalam implementasi dan pencapaian. Karyawan yang terlibat dalam operasi sehari-hari memiliki pandangan unik tentang apa yang berhasil dan yang tidak.

Ketika kita melibatkan mereka dalam rencana bisnis, cenderung ada lebih banyak dukungan dan kepemilikan atas rencana tersebut. Ini mengarah pada peningkatan produktivitas dan kepuasan karyawan.

3. Manajemen Waktu

Memiliki rencana strategis sangat penting untuk meningkatkan manajemen waktu Anda dan tim Anda. Ini membantu menjadwalkan acara seputar tugas-tugas penting dan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Ketika Anda menjadi lebih sadar tentang bagaimana Anda menggunakan waktu Anda, itu akan menjadi sumber daya untuk mengatur, memprioritaskan, dan mencapai tujuan Anda.

4. Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan

Mulai mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda dan tim Anda akan membantu mengidentifikasi area untuk perbaikan. Analisis diri dan kesadaran diri sangat penting pada saat ini. Tujuannya agar tetap fokus pada solusi.

5. Menciptakan Bisnis dan Tenaga Kerja yang Proaktif

Di akhir proses perencanaan strategis, Anda dan tim Anda harus memiliki arahan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan ke mana Anda akan pergi. Sederhananya, proses pelibatan dan komunikasi dengan tim Anda membantu meningkatkan peluang keberhasilan rencana strategis Anda.

6. Akuntabilitas

Memelibatkan tim dalam proses atau rencana strategi menghasilkan rasa tanggung jawab dari sebagian besar anggota. Ini juga secara langsung mengarah pada peningkatan produktivitas dan membuat tim kami semakin dekat menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Tidak masalah apakah mereka berkontribusi pada proses atau diberi tahu tentang tujuan dan sasaran rencana. Anggota tim Anda akan lebih termotivasi dan produktif untuk membantu mencapai tujuan sebagai tim!

7. Kepuasan Pribadi

Kapan pun Anda mencapai satu target atau menyelesaikan daftar aktivitas, itu memberi Anda perasaan pencapaian. Daripada membuat rumit pekerjaan dengan multi-tasking, menyelesaikan tugas satu per satu dapat memberi Anda dorongan kepercayaan diri.

Dengan hanya 24 jam dalam sehari, kita harus belajar bekerja lebih efektif dan efisien jika kita ingin sukses dan mengurangi stres dari pekerjaan atau kehidupan.

Perencanaan strategis akan mendorong Anda untuk maju. Karena terkadang lebih baik menyelesaikan satu tugas dan lanjut ke tugas lain.

Dan perlu diingat, menjadi sempurna tidak dapat dicapai dalam waktu semalam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perencanaan keuangan strategi bisnis
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top