Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Cara Perencanaan Strategis untuk Meningkatkan Produktivitas

Ada banyak manfaat dari perencanaan strategis yang dapat meningkatkan produktivitas.
Proses perencanaan strategis dapat memakan waktu lama, tetapi untuk mendapatkan target yang Anda inginkan tentu diperlukan kerja keras. /Bloomberg
Proses perencanaan strategis dapat memakan waktu lama, tetapi untuk mendapatkan target yang Anda inginkan tentu diperlukan kerja keras. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak manfaat dari perencanaan strategis yang dapat meningkatkan produktivitas.

Dilansir melalui Business 2 Community, perencanaan strategis membantu Anda mendokumentasikan dan menetapkan arah bisnis Anda. Menilai di mana Anda sekarang dan di mana Anda ingin berada di masa depan akan memberi Anda dasar untuk sukses.

Rencana strategis juga memberi Anda tempat untuk mencatat misi, visi, dan nilai-nilai Anda yang dapat Anda bagikan dengan tim Anda. Perencanaan strategis berarti menentukan tujuan mana yang harus dipenuhi dan langkah apa yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Proses perencanaan strategis dapat memakan waktu lama, tetapi untuk mendapatkan target yang Anda inginkan tentu diperlukan kerja keras.

Setelah Anda memiliki rencana strategis, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang sasaran dan sasaran yang ingin Anda capai dan peta jalan untuk sukses.

1. Melacak Kemajuan

Ini penting jika Anda ingin memastikan bahwa Anda berada di jalan yang benar. Dengan mengembangkan papan pelacakan kemajuan, di mana semua langkah tindakan yang diperlukan dan diselesaikan dapat dilacak adalah penting.

Dengan cara ini produktivitas dapat diukur, dan perubahan apa pun dapat dilakukan agar tetap pada jalurnya. Ini akan memberi Anda patokan tentang berapa banyak waktu yang dibutuhkan anggota tim untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

2. Keterlibatan Karyawan

Pemimpin yang melibatkan karyawan dalam pengembangan rencana strategis lebih berhasil dalam implementasi dan pencapaian. Karyawan yang terlibat dalam operasi sehari-hari memiliki pandangan unik tentang apa yang berhasil dan yang tidak.

Ketika kita melibatkan mereka dalam rencana bisnis, cenderung ada lebih banyak dukungan dan kepemilikan atas rencana tersebut. Ini mengarah pada peningkatan produktivitas dan kepuasan karyawan.

3. Manajemen Waktu

Memiliki rencana strategis sangat penting untuk meningkatkan manajemen waktu Anda dan tim Anda. Ini membantu menjadwalkan acara seputar tugas-tugas penting dan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Ketika Anda menjadi lebih sadar tentang bagaimana Anda menggunakan waktu Anda, itu akan menjadi sumber daya untuk mengatur, memprioritaskan, dan mencapai tujuan Anda.

4. Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan

Mulai mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda dan tim Anda akan membantu mengidentifikasi area untuk perbaikan. Analisis diri dan kesadaran diri sangat penting pada saat ini. Tujuannya agar tetap fokus pada solusi.

5. Menciptakan Bisnis dan Tenaga Kerja yang Proaktif

Di akhir proses perencanaan strategis, Anda dan tim Anda harus memiliki arahan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan ke mana Anda akan pergi. Sederhananya, proses pelibatan dan komunikasi dengan tim Anda membantu meningkatkan peluang keberhasilan rencana strategis Anda.

6. Akuntabilitas

Memelibatkan tim dalam proses atau rencana strategi menghasilkan rasa tanggung jawab dari sebagian besar anggota. Ini juga secara langsung mengarah pada peningkatan produktivitas dan membuat tim kami semakin dekat menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Tidak masalah apakah mereka berkontribusi pada proses atau diberi tahu tentang tujuan dan sasaran rencana. Anggota tim Anda akan lebih termotivasi dan produktif untuk membantu mencapai tujuan sebagai tim!

7. Kepuasan Pribadi

Kapan pun Anda mencapai satu target atau menyelesaikan daftar aktivitas, itu memberi Anda perasaan pencapaian. Daripada membuat rumit pekerjaan dengan multi-tasking, menyelesaikan tugas satu per satu dapat memberi Anda dorongan kepercayaan diri.

Dengan hanya 24 jam dalam sehari, kita harus belajar bekerja lebih efektif dan efisien jika kita ingin sukses dan mengurangi stres dari pekerjaan atau kehidupan.

Perencanaan strategis akan mendorong Anda untuk maju. Karena terkadang lebih baik menyelesaikan satu tugas dan lanjut ke tugas lain.

Dan perlu diingat, menjadi sempurna tidak dapat dicapai dalam waktu semalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper