Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelaku UKM Nasional Banjarmasin Ikut Program PAMAN KAMI

Program tersebut mengusung tema ’’Mari Kita Bersama Mewujudkan Keamanan Nasional dan Meningkatkan Pertumbuhan Perekonomian Nasional” dilaksanakan pada 31 Maret dan 1 April 2021 bertempat di Swiss Belhotel Borneo Banjarmasin.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 April 2021  |  09:14 WIB
ilustrasi UKM
ilustrasi UKM

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan kembali bekerja sama menyelenggarakan Program Penerapan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi atau yang biasa disebut PAMAN KAMI di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Program tersebut mengusung tema ’’Mari Kita Bersama Mewujudkan Keamanan Nasional dan Meningkatkan Pertumbuhan Perekonomian Nasional”  dilaksanakan pada 31 Maret dan 1 April 2021 bertempat di Swiss Belhotel Borneo Banjarmasin.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari melalui seminar dan asistensi, serta diikuti oleh 70 UKM dari Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Acara dibuka oleh Baderi, S.Sos., M.E., Koordinator kelompok Proteksi Informasi Perdagangan Berbasis Elektronik yang mewakili Direktur Proteksi Ekonomi Digital.

Dalam sambutannya, Baderi mengatakan masalah keamanan informasi bagi pelaku UKM dianggap permasalahan yang baru, hal ini tidak hanya di Indonesia, namun juga di terjadi di beberapa negara. Saat ini program PAMAN KAMI menjadi salah satu solusi untuk keamanan informasi para pelaku UKM.

"Disamping itu, PAMAN KAMI telah dikenal dunia, salah satunya pada tahun ini telah dipaparkan di forum APEC”. Dengan demikian, melalui program PAMAN KAMI yang berisi tools yang sangat ringkas dan mudah dibuat secara fundamental demi keamanan informasi ini diharapkan dapat membantu pengembangan para UKM”. ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, DR. H. Gustafa Yandi, M.Si, menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi pelaku UKM ketika Go Digital juga terdapat ancaman serangan siber, untuk itu diperlukan pengaman, sehingga usaha para pelaku UKM terlindungi. Kegiatan yang sangat penting ini, karena memberi bekal pada teman-teman UKM bagaimana menyikapi masalah ini.

Dengan berlangsungnya kegiatan PAMAN KAMI di Kota Banjarmasin ini diharapkan para pelaku UKM di Kota Banjarmasin dan sekitarnya yang sudah go digital dapat mengetahui akan pentingnya keamanan informasi serta memiliki security awareness yang tinggi, sehingga mereka dapat menerapkan keamanan informasi pada usahanya, demi mewujudkan keamanan nasional dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm badan siber dan sandi nasional (BSSN)
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top