Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Sukses Berbisnis? Fokus Pada 5 Hal Ini

Pembicara, Mentor Bisnis & Penulis Debbie Allen menulis dalam bukunya "Sukses is Easy" agar pengusaha jangan fokus apa yang tidak diketahui dan dikuasai karena ini hanya akan menjebak Anda dan menyebabkan frustasi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 05 April 2021  |  13:51 WIB
Tips bisnis strategi - istimewa
Tips bisnis strategi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Di masa ini, masih banyak pengusaha yang berusaha untuk sukses namun mereka terlalu memfokuskan diri pada hal-hal yang salah dalam berbisnis.

Tidak ada alasan untuk mempersulit kesuksesan jika sebenarnya, unutk mencapai sukses sebenarnya mudah.

Pembicara, Mentor Bisnis & Penulis Debbie Allen menulis dalam bukunya "Sukses is Easy" agar pengusaha jangan fokus apa yang tidak diketahui dan dikuasai karena ini hanya akan menjebak Anda dan menyebabkan frustasi.

Fokuslah pada apa yang dapat Anda lakukan dan terus berupaya untuk mendapatkan momentum.

Tidak ada salahnya untuk fokus pada bagian termudah lebih dahulu, dari sini Anda dapat secara teratur meningkatkan kapasitas ke aspek yang lebih sulit dalam membangun bisnis.

Dilansir melalui Entrepreneur, ada beberapa keterampilan bisnis dasar (terutama soft skill) yang mendorong Anda menuju sukses dengan mudah.

Keterampilan dasar inilah yang benar-benar menyiapkan Anda untuk sukses.

1. Fokus pada cara yang berhasil untuk mencapai kesuksesan dengan mudah

Banyak wirausahawan percaya bahwa mereka akan berhasil, tetapi mereka tidak memiliki keterampilan bisnis dasar dan akal bisnis untuk mendukung keyakinan tersebut. Mereka membuang banyak waktu untuk fokus pada detail yang tidak perlu.

Terobsesi atas kesempurnaan atau detail yang salah tidaklah efektif dari segi biaya. Anda harus belajar bagaimana memprioritaskan kepentingan bisnis. Ketahui berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk setiap aspek bisnis Anda, dan jangan buang waktu untuk tugas yang kurang penting.

2. Hindari "Squirrel Syndrome"

Squirrel Syndrome diindikasikan dengan kecenderungan seseorang untuk 'melompat' tiba-tiba dari satu ide ke ide lain atau satu proyek ke proyek berikutnya. Ketika ini terjadi, Anda menjadi tidak fokus dan bahkan menjadi panik karena tidak menyelesaikan sesuatu. Akibatnya, Anda menunda atau tidak pernah menyelesaikan proyek penting untuk mencapai tujuan Anda.

Anda dapat menghindari Squirrel Syndrome dengan belajar mengenali saat tupai muncul dalam hidup Anda. Fokus kembali dengan meluangkan waktu untuk menentukan proyek atau arah yang harus Anda tuju. Kemudian tetap fokus pada tugas dan hindari semua gangguan.

3. Fokus pada aktivitas yang menciptakan hasil

Fokus adalah salah satu kebiasaan dasar tetapi kritis yang perlu Anda kuasai jika ingin sukses. Tingkatkan fokus Anda pada aktivitas bisnis dasar sehari-hari untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

Misalnya, jangan mencoba membuat situs web kecuali Anda seorang webmaster, dan jangan mencoba mempelajari keterampilan teknis jika itu bukan penggunaan terbaik waktu Anda. Alih-alih, lakukan outsourcing, dan fokuslah pada menjalankan bisnis Anda sehingga dapat tumbuh dan berkembang.

4. Lakukan multitasking secara strategis

Kunci multitasking adalah melakukannya secara strategis dan penuh perhatian (mindful). Multitasking yang penuh perhatian berarti Anda memahami kemampuan diri sendiri dan menentukan bagaimana Anda perlu fokus dalam setiap situasi baru.

Setelah Anda menetapkan niat Anda untuk hari itu, buat daftar tugas yang dapat Anda tangani menggunakan multitasking yang penuh perhatian, strategi ini memungkinkan diri Anda untuk aktif dalam setiap tindakan yang Anda lakukan untuk hari itu.

5. Fokus pada pengembangan satu proyek besar pada satu waktu

Jangan mencoba memulai banyak proyek sekaligus — itu akan memecah fokus dan pengelolaan waktu. Pengusaha adalah orang-orang kreatif, seringkali dengan banyak ide bisnis yang bagus. Dan sulit untuk mematikan keinginan untuk bertindak berdasarkan beberapa ide sekaligus.

Namun jika Anda membagi perhatian Anda antara lebih dari satu proyek besar pada satu waktu, Anda akan kesulitan menyelesaikan apa pun. Anda akan membutuhkan semua energi dan fokus untuk memulai satu proyek baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top