Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Larry Page dan Sergey Brin Masuk Daftar 8 Centibillionaires di Dunia

Page dan Brin bergabung dengan enam miliuner lain yang memegang gelar centibillionaire saat ini yaitu CEO Amazon Jeff Bezos, CEO Tesla Elon Musk, salah satu pendiri Microsoft Bill Gate, CEO LVMH Bernard Arnault, CEO Facebook Mark Zuckerberg, dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 13 April 2021  |  11:31 WIB
Larry Page - istimewa
Larry Page - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin kini memiliki kekayaan lebih dari US$100 miliar berkat melonjaknya saham teknologi.

Page dan Brin bergabung dengan enam miliuner lain yang memegang gelar centibillionaire saat ini yaitu CEO Amazon Jeff Bezos, CEO Tesla Elon Musk, salah satu pendiri Microsoft Bill Gate, CEO LVMH Bernard Arnault, CEO Facebook Mark Zuckerberg, dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

Dilansir melalui Entrepreneur, Page memiliki kekayaan US$103,6 miliar, sedangkan Brin bernilai US$100,2 miliar, menurut perkiraan Bloomberg's Billionaire Index.

Menurut perhitungan Bloomberg, kekayaan Brin tumbuh sebesar US$20,4 miliar hingga April 2021, sementara Page naik sebesar US$21,2 miliar.

Saham teknologi telah meningkat pesat sejak dimulainya pandemi, dan saham di perusahaan induk Google, Alphabet, telah tumbuh lebih dari 80% selama setahun terakhir.

Kedua co-founder ini memiliki saham pengendali di Alphabet, dengan lebih dari 50% dari total suara gabungan.

Perusahaan mencatatkan pendapatan US$46,43 miliar untuk kuartal keempat tahun 2020, jika dikurangi biaya akuisisi traffic, pendapatan perusahaan naik dari US$37,57 miliar tahun lalu.

Alphabet menyatakan pertumbuhan pendapatan ini didukung oleh orang-orang yang lebih sering menggunakan YouTube dan Google Search selama pandemi.

Page dan Brin mulai bekerja di Google pada tahun 1996 saat mereka menjadi mahasiswa PhD di Universitas Stanford bersama dengan co-founder ketiga, yang keluar sebelum Google menjadi perusahaan.

Sekarang situs web itu jadi yang paling banyak digunakan di dunia.

Pada 2015, keduanya mendirikan perusahaan induk Alphabet untuk mengelola Google dan berbagai anak perusahaan lainnya, termasuk Waymo, DeepMind, dan Sidewalk Labs. Brin menjadi presiden perusahaan baru dan Page menjadi CEO.

Pada 2019, Page dan Brin mengumumkan rencana untuk mundur dari Alphabet, dan menunjuk Sundar Pichai sebagai CEO.

Pichai masih berkonsultasi dengan para pendiri secara teratur, meskipun mereka memiliki pendekatan yang semakin lepas tangan, Hugh Langley dari Insider melaporkan.

Page dan Brin diketahui menerima gaji US$1 selama mereka bekerja di Google.

Selain menghabiskan kekayaan mereka untuk rumah mewah, superyacht, dan pesawat pribadi, keduanya juga memimpin putaran investasi US$40 juta di Tesla pada tahun 2006.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak jutawan daftar miliarder
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top