Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Praktis Bisnis Kecil Berjualan di E-Commerce

Rangkaian produk dan layanan yang dibeli melalui platform digital hampir tidak ada habisnya, termasuk segala sesuatu mulai dari bahan makanan dan elektronik hingga pakaian dan perlengkapan mandi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 April 2021  |  20:17 WIB
Ecommerce
Ecommerce

Bisnis.com, JAKARTA -- E-Commerce telah sepenuhnya dan sepenuhnya mengubah lanskap ritel.

Rangkaian produk dan layanan yang dibeli melalui platform digital hampir tidak ada habisnya, termasuk segala sesuatu mulai dari bahan makanan dan elektronik hingga pakaian dan perlengkapan mandi.

Merek nasional, multinasional, dan internasional telah berhasil mengoperasikan platform e-niaga yang sukses selama beberapa tahun, tetapi nama-nama tersebut bukanlah satu-satunya yang mendapat untung dari revolusi e-niaga.

Dilansir melalui Entrepreneur, di era yang berorientasi digital seperti sekarang sangat penting bagi perusahaan besar, menengah, dan kecil mempertimbangkan bergabung dengan platform e-commerce untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri yang sudah jenuh.

1. Perluas jangkauan bisnis Anda.

E-Commerce akan memberi Anda cakupan yang tidak tertandingi dari jangkauan bisnis Anda yang berbasis pada toko fisik. Ketika produk atau layanan Anda berada dalam lokasi fisik, jangkauan Anda sebagian besar terbatas pada pelanggan yang dapat mengakses toko Anda dengan mudah.

Dengan e-commerce, tidak ada batasan seperti itu. Selama Anda mengadopsi strategi pemasaran yang kuat dan efektif, maka Anda dapat menjual eceran ke basis pelanggan yang jauh lebih luas. Ini sangat menguntungkan bagi bisnis kecil karena e-niaga menghapus batasan geografis dan sangat meningkatkan keuntungan.

2. Bisnis model yang memadai dan terjangkau

Keterjangkauan dari segi harga dan akses adalah faktor penting lainnya. Membangun dan memelihara usaha e-niaga jauh lebih murah daripada bertanggung jawab untuk toko fisik. Pada akhirnya, menjual produk atau layanan dengan lokasi fisik membutuhkan investasi besar yang berkelanjutan dan mahal.

Jika Anda baru memulai atau berpikir untuk mengembangkan bisnis kecil, sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan keuntungan sebanyak mungkin sehingga Anda dapat menginvestasikannya kembali ke brand dan produk. Platform e-commerce adalah rute yang jauh lebih menguntungkan secara finansial bagi siapa pun yang memiliki bisnis kecil sendiri, tetapi tidak ingin menghabiskan seluruh anggaran mereka untuk biaya operasional.

3. Cari strategi pemasaran yang inovatif dan kreatif.

Membangun citra merek untuk toko e-commerce Anda sangat penting, dan itu melibatkan segala sesuatu mulai dari penggunaan visual, gambar, deskripsi, dan informasi yang tepat hingga cara bisnis Anda berinteraksi dengan calon pelanggan serta pelanggan yang sudah ada.

Kemungkinan untuk membangun merek Anda benar-benar tidak terbatas. Platform media sosial, blog, optimisasi mesin pencari (SEO), situs web profesional, dan kolaborasi hanyalah beberapa cara untuk memperluas repertoar pemasaran Anda.

4. Berkolaborasi untuk meningkatkan eksposur dan pendapatan

Kolaborasi adalah strategi pemasaran lain yang sangat efektif. Sektor ritel digital telah berkembang pesat sehingga sekarang ada toko e-commerce yang secara khusus didedikasikan untuk mewakili banyak merek dalam ceruk atau industri tertentu.

Anda dapat berkolaborasi dengan toko e-commerce yang lebih besar yang akan menampilkan produk Anda. Dengan representasi ini, Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak kesadaran dan minat seputar bisnis kecil Anda sekaligus mendapatkan persentase dari pendapatan setiap kali produk Anda dijual.

5. Buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu

Mungkin salah satu keuntungan terbesar menjalankan toko e-commerce adalah tidak memerlukan kehadiran konstan atau pengawasan yang konsisten.

Toko online dapat beroperasi secara independen dan melayani pelanggan yang menelusuri barang dan menyelesaikan transaksi. Pelanggan juga akan dapat menjelajahi toko online Anda pada waktu luang mereka pada waktu yang tepat dan dengan kecepatan yang nyaman dan praktis bagi mereka, yang tidak mungkin dilakukan di toko fisik dengan jam operasi terbatas.

Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda perlu terus mencari cara untuk menjangkau, berkomunikasi, dan menjual kepada pelanggan secara efektif.

Dengan platform e-commerce, Anda akan dapat menjalankan bisnis Anda selama dua puluh empat jam sehari, memasarkan produk atau layanan Anda ke berbagai demografis dan benar-benar menumbuhkan dan mengembangkan merek Anda.

Ini adalah peluang luar biasa yang harus dimanfaatkan oleh setiap bisnis kecil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm ecommerce
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top