Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RM Sederhana, dari Lapak Sederhana menjadi Jaringan Restoran Terbesar

Siapa sih, yang enggak suka makanan Padang? Salah satu restoran yang terkenal adalah RM Sederhana. Siapa sangka, jaringan restoran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini berawal dari sebuah lapak sederhana.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  11:50 WIB
RM Sederhana. Selain rasanya yang nikmat dengan bumbu kaya rempah dan rasa pedas yang menggoyang lidah, varian menu dan porsinya juga banyak mengenyangkan dengan harga yang terjangkau.  - ciputraentrepreneurship.com
RM Sederhana. Selain rasanya yang nikmat dengan bumbu kaya rempah dan rasa pedas yang menggoyang lidah, varian menu dan porsinya juga banyak mengenyangkan dengan harga yang terjangkau. - ciputraentrepreneurship.com

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa sih, yang enggak suka makanan Padang? Salah satu restoran yang terkenal adalah RM Sederhana. Siapa sangka, jaringan restoran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini berawal dari lapak sederhana di pinggir jalan Benhil.

RM Sederhana dimiliki dan dibangun oleh Bustaman, pria kelahiran Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, 11 September 1942. Ia merintis Restoran Sederhana Masakan Padang itu sejak 1972.

Bustaman dan istrinya Fatimah memulai usaha rumah makan sebagai cara untuk tetap bertahan hidup setelah melewati beberapa kali kegagalan dan cobaan di masa merantau ke Jakarta mulai 1970. Bustaman membuka warung dengan lapak sederhana di pinggir jalan di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Bustaman begitu gigih dan tekun melewati jatuh bangun usaha hingga akhirnya Restoran Sederhana berdiri mapan dan menjadi restoran dengan masakan khas Padang terbesar di Indonesia.

Saat ini, jumlah outlet keseluruhan, termasuk cabang dan ranting Restoran Sederhana mencapai 200 gerai dengan 3.000 karyawan. Penyebarannya pun tak hanya di Indonesia tetapi juga mancanegara seperti di Malaysia.

Bahkan, berdasarkan hasil survei Roy Morgan, RM Sederhana merupakan restoran yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia dengan jumlah kunjungan mencapai 28,4 juta orang pada 2017-2018, mengalahkan deretan restoran waralaba internasional lainnya seperti KFC, McD, Pizza Hut, Solaria, dan lain sebagainya.

Perkembangan jaringan Restoran Sederhana ini juga tak lepas dari strategi bisnis yang dilakukan oleh Bustaman dengan mewaralabakan bisnisnya.

Selain itu, yang membuat masyarakat begitu menyukai makanan Padang di Restoran Sederhana karena kualitas rasanya yang nikmat dan penuh nutrisi dengan berbagai menu spesial seperti Rendang, Ayam Pop, Gule Kepala Kakap, Soto Padang, Dendeng Balado, dan puluhan menu lainnya.

Selain rasanya yang nikmat dengan bumbu kaya rempah dan rasa pedas yang menggoyang lidah, varian menu dan porsinya juga banyak mengenyangkan dengan harga yang terjangkau.

Enggak heran kalau restoran atau rumah makan Padang tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Lokasinya pun bisa dijumpai mulai dari pinggir jalan, pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga hotel berbintang.

Tersebarnya RM Padang di seluruh wilayah Indonesia ini juga tak lepas dari tradisi masyarakat Minang yang sering merantau sehingga banyak di antaranya yang kemudian membuka rumah makan sebagai salah satu cara untuk bertahan hidup.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran masakan nusantara RM. Sederhana
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top