Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vera Wang, Bisnis Fashion, dan Kekayaannya

Desainer Vera Wang sukses menjadi desainer ternama dunia, meskipun baru memulai karirnya di usia 40 tahun.
Desainer Vera Wang
Desainer Vera Wang

Bisnis.com, JAKARTA - Perancang busana Vera Wang, baru saja menginjak usia 70 tahun.

Di usianya yang tidak muda lagi itu, dia tetap dikenal sebagai desainer ternama di dunia.

Wang memulai karir bisnisnya secara bertahap dari usia 40 tahun hingga kini.

Namanya sudah dikenal di kalangan selebriti dunia. Vera Wang, telah mendandani hampir semua orang ternama mulai dari keluarga Kardashian, Michelle Obama, hingga Ariana Grande. Gaun pengantinnya hampir menjadi idaman seluruh wanita, dengan harga ribuan dolar.

Sebelum merek dengan namanya dapat meluas, Vera Wang memulai karir dari Vogue dan setelah dua dekade Vera Wang pindah ke Ralph Lauren. Setelah menjadi direktur desain untuk Laurent dan ketika merencanakan pernikahannya tidak menemukan gaun yang tersedia bagi dirinya, menjadi titik awal munculnya bisnis butiknya.

Pada tahun 1990, Wang membuka studio pengantinnya di New York. Wang bertujuan untuk menggabungkan mode dan industri pengantin, dan mendorong batas dalam gaun pengantin dengan menambahkan keunggulan pada gaun pengantin yang tersedia pada saat itu.

Semakin berkembang, pada tahun 2000, Vera Wang mengembangkan konsepnya dari gaya yang elit berpindah ke gaya yang lebih kasual dengan kolesi siap pakainya. Konsep baju siap pakai Wang mengutamakan pada kemewahannya dengan gaya layering-nya, mengalungkan, dan memperhatikan semua detail.

Pada tahun 2001, Vera Wang kemudian berfokus pada parfum dan buku, dengan paduan pernikahan. Desainnya semakin meluas pada perhiasan, dompet, pakaian dalam, produk untuk rumah, dan makanan penutup.

Masuk pada tahun 2006, Vera Wang kemudian bermitra dengan Kohls untuk menyediakan pakaian yang lebih terjangkau dengan nama Simply Vera. Dirinya membuat peraturan yang serupa dengan David’s Bridal, Men’s Wearhouse, dan Zales. Secara tidak langsung, dirinya mempekerjakan lebih dari 200 orang.

Vera Wang telah mendapatkan berbagai penghargaan. Pada tahun 2005 dirinya mendapatkan penghargaan Womenswear Designer of the Year. Pada tahun 2009, dirinya mendapatkan penghargaan atas kontribusi desainnya pada skating. Pada tahun 2010, dirinya mendapatkan Leadership in Arts Award dan pada tahun 2013, dirinya diberikan penghargaan seumur hidup oleh Geoffery Beene Award.

Berdasarkan dari pengalaman membangun bisnisnya, Vera Wang memberikan pesan bagi generasi muda untuk tidak ‘tergelincir’.

“Semua orang mengatakan kepada saya untuk tidak melakukan ini dan tidak melakukan itu. Hanya karena semua orang menentangnya bukan berarti Anda tidak boleh melakukannya. Dan penyesalan jauh lebih buruk daripada tidak pernah mencoba dan lebih buruk dari kegagalan.” Ucapnya kepada CNBC.

Dilansir dari Forbes, Vera Wang memiliki unit di koperasi 740 Park Ave yang legendaris, yang kabarnya merupakan rumah masa kecil Jackie Onassis Kennedy. Kini, Vera Wang juga memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 270 juta atau sekitar Rp4 triliun. Dirinya juga termasuk dalam daftar America’s Self-Made Women 2020 pada urutan ke-76.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper