Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Perempuan Ternyata Lebih Bertahan Selama Pandemi

Menurut survei, sesudah mengikuti modul pelatihan tersebut 26% orang berkata bisnis mereka dapat bertahan selama pandemi, 80% mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan 13% mencatatkan kenaikan penghasilan.
Ilustrasi/Entrepreneur
Ilustrasi/Entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA— Pada April hingga Juni 2021, Kantar menyurvei 1.571 pemilik bisnis di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Indonesia timur yang telah mengikuti pelatihan Gapura Digital atau Women Will.

Tujuan riset yang diprakarsai Google ini adalah untuk lebih memahami bagaimana keterampilan digital membantu mereka beradaptasi, mengubah strategi, dan bahkan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Melalui survei tersebut, Google juga ingin memahami cara terbaik untuk membantu pemilik bisnis dari skala apa pun.

Menurut survei, sesudah mengikuti modul pelatihan tersebut 26% orang berkata bisnis mereka dapat bertahan selama pandemi, 80% mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan 13% mencatatkan kenaikan penghasilan.

Di kalangan perempuan yang disurvei, angkanya bahkan lebih baik, yaitu 30% mampu bertahan setelah mengalihkan bisnis mereka menjadi online, 23% mengalami dampak keuangan yang positif, dan 6% mampu mengembangkan bisnis.

Setelah mengambil kursus keterampilan digital, seperti yang ditunjukkan survei, secara keseluruhan 82% responden telah membuat atau memperbarui kehadiran online mereka, sedangkan 50% mulai menggunakan Google Bisnisku, yang sekarang telah berubah nama menjadi Profil Bisnis. Dari mereka yang membuat akun Profil Bisnis, 99% mencatatkan peningkatan interaksi dengan pelanggan dan 32% mengalami dampak keuangan yang positif.

Dari ketiga jenis bisnis yang disurvei yaitu usaha sangat kecil, mikro, dan kecil, 89% berpendapatan kurang dari 50 juta rupiah per tahun dan 88% baru beroperasi kurang dari tiga tahun. Sebagian besar dari mereka, 29% bergerak di bidang pembuatan atau penjualan makanan, 19% di retail atau perdagangan grosir, dan 17% di pembuatan atau penjualan barang kerajinan.

“Kami sangat kagum pada bagaimana bisnis berskala paling kecil pun dapat memanfaatkan keterampilan baru mereka untuk bertahan dan berkembang di masa sulit ini, ” Product Marketing Manager Google indonesia, Dora Songco.

Sementara itu, Google hari ini mengumumkan bahwa pihaknya telah melatih dua juta UMKM sejak tahun 2015. Dari jumlah total tersebut, terdapat lebih dari 614.000 peserta perempuan menunjukan presentasi jumlah yang tinggi.

Para perempuan mengikuti kelas tentang strategi konten dan pemasaran digital, cara bersiap untuk memasuki ecommerce, cara menjaga keamanan online, dan banyak modul pelatihan lainnya.

Managing Director, Google Indonesia, Randy Jusuf mengatakan jika akan berkomitmen untuk melatih dua juta UMKM di Indonesia hingga akhir 2021.

"Dan pada Hari UMKM Nasional ini, kami dengan bangga mengumumkan bahwa sasaran tersebut telah tercapai, beberapa bulan lebih awal dari rencana,” ujarnya secara virtual pada acara Grow with Google Hari UMKM Nasional 2021, Kamis (12/8/2021)

Dia juga mengatakan sangat bangga dengan fakta bahwa lebih dari 25 persen peserta pelatihan adalah perempuan.

Pada kesempatan ini Google juga merilis hasil survei selama tiga bulan terhadap para pemilik bisnis, yang menunjukkan bagaimana UMKM di seluruh Indonesia beradaptasi dengan pandemi.

Product Marketing Manager Google indonesia, Dora Songco menyebutkan semenjak pandemi para UMKM dipaksa untuk mengembangkan usaha mereka. Dampak nyatanya, UMKM jadi membiasakan diri untuk berinteraksi online saat menjalankan bisnisnya.

"UMKM go online bukan lagi pilihan tapi kudu dan musti. Modul pelatihan dari Program Grow with Google di Indonesia telah membantu jutaan pemilik bisnis untuk memberikan harapan bagi banyak orang selama pandemi. Semangat selalu untuk para pemilik UMKM dalam negeri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper