Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat dan Tahapan Membangun Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

Anda dapat mengambil pinjaman selama investasi, membiayai bisnis Anda atau dapat berbagi biaya dengan mitra.
Ayyubi Kholid Saifullah
Ayyubi Kholid Saifullah - Bisnis.com 13 Agustus 2021  |  21:16 WIB
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Plastik adalah bahan non-biodegradable yang berbahaya bagi lingkungan.

Tidak seperti zat biodegradable, plastik tidak dapat terurai dengan cara alami. Miliaran produk plastik telah mengelilingi bumi tempat kita hidup saat ini.

Sebagian besar barang yang kita gunakan dan temukan dalam sehari-hari seperti berbahan dasar plastik, mulai dari botol plastik, sikat gigi, mug, ember, bak mandi, wadah, polybag, dan banyak lagi.

Pemanfaatan bahan plastik dirasa sangatlah penting, selain membantu untuk mengurangi bahan yang tidak dapat terurai dengan cara alami masuk kedalam bumi, banyaknya bahan plastik juga memberi peluang bisnis yang sangat besar.

Salah satunya yakni bisnis daur ulang sampah plastik yang diketahui bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan perencanaan bisnis yang tepat.

Berikut cara mendaur ulang plastik di pabrik daur ulang plastik skala kecil  :

1. Daur Ulang, Gunakan Kembali, Dan Kurangi

Cara terbaik untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali.

Saat ini banyak orang yang mendirikan pabrik daur ulang sampah plastik dimana sampah plastik seperti botol plastik, plastik polybag, wadah plastik, kotak, bungkus, sprei dan sejenisnya didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat.

2. Rencana Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik:

Berikut adalah beberapa tujuan yang perlu diperhatikan sebelum kita memulai bisnis daur ulang plastik.

- Apa saja persyaratan untuk Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik?
- Total investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik daur ulang
- Kebutuhan Tanah atau Pabrik
- Kebutuhan utilitas dan mesin
- Pengumpulan sampah plastik
- Jenis sampah plastik apa yang akan Anda daur ulang?
- Pasar Anda setelah daur ulang
- Margin keuntungan dalam daur ulang plastik
- Pengembalian Investasi

3. Persyaratan Pembukaan Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik

- Hal dasar pertama yang Anda butuhkan untuk membuka pabrik daur ulang Anda adalah tempat yang layak. Setidaknya harus ada ruang yang layak di mana Anda dapat menyimpan semua limbah dan produk limbah selain dari peralatan dan utilitas.
- Hal kedua yang dibutuhkan adalah ruang tertutup yang mirip dengan pabrik tetapi ruangan berukuran kecil juga bisa berfungsi. Itu harus berukuran setidaknya 200 kaki persegi.
- Persyaratan penting berikutnya adalah mesin yang akan digunakan untuk mendaur ulang sampah plastik Anda.
- Berikutnya adalah sampah plastik yang perlu didaur ulang. Untuk ini Anda dapat membuat jaringan pemasok sampah plastik yang dapat memasok jumlah sampah plastik yang dibutuhkan.

4. Kebutuhan Lahan dan Pabrik

Untuk daur ulang skala kecil maka ruangan seluas 50 kaki persegi juga dapat digunakan, tetapi jika Anda ingin daur ulang skala besar maka setidaknya diperlukan lahan seluas 200 hingga 500 kaki persegi untuk proses daur ulang.

Anda harus memiliki ruang yang bersih dan tertutup di mana Anda akan menyimpan mesin Anda. Semua ruangan tertutup tersebut harus berventilasi untuk menghindari mati lemas. Sebuah ruang besar harus didedikasikan untuk membuang sampah plastik sementara ruang yang bersih diperlukan untuk menyimpan produk daur ulang.

5. Persyaratan Utilitas

-Hal terpenting yang Anda butuhkan adalah koneksi listrik yang tepat. Anda harus mengambil koneksi yang diperlukan berdasarkan kebutuhan daya

- Hal penting lainnya adalah pasokan air yang tepat

- Untuk kasus darurat Anda harus menyimpan generator yang tepat

- Utilitas lainnya termasuk suku cadang yang terkait dengan daur ulang, peralatan kecil, mesin, kompresor, furnitur, dll.

6. Mesin untuk Mendaur Ulang Sampah Plastik

Anda perlu membeli mesin yang diperlukan untuk mendaur ulang sampah plastik Anda. Plastik dikompres terlebih dahulu kemudian dilebur menggunakan mesin. Kemudian diberi bentuk kecil-kecil kemudian didinginkan menggunakan air dingin.

Mesin ini ada berbagai jenis. Beberapa mesin memiliki semua dalam satu fitur sementara beberapa datang sebagian. Mesin juga bergantung pada jenis plastik yang Anda daur ulang dan pada skala apa Anda mendaur ulang. Berdasarkan ini tingkat mesin tergantung. Akan lebih baik jika Anda memilih mesin skala besar yang memiliki berbagai fitur.

7. Proses yang terlibat dalam daur ulang sampah plastik:

- Pengumpulan sampah plastik dan pembuangannya
- Pemilahan dan pemisahan sampah plastik seperti PVC, ABS, LD, dll
- Menggiling
- Anda sekarang dapat memasok bahan baku plastik ini ke unit daur ulang
- Proses daur ulang dimulai
- Kompresi dan peleburan bahan baku yang diperoleh setelah proses penggilingan
- Pembentukan pelet
- Pembuatan produk baru seperti kursi, meja, botol, dll.

Langkah utama dalam daur ulang adalah mengompresi dan melelehkan plastik menjadi cairan. Langkah selanjutnya melibatkan penyaringan di mana residu limbah dihilangkan dan kualitas cairan yang lebih tinggi dilewatkan.

Langkah selanjutnya membutuhkan pembentukan plastik cair. Sebagian besar berbentuk batu bata kecil atau berbentuk pelet. Mereka didinginkan dalam air dingin dan kemudian dimasukkan ke dalam wadah kering.

8. Teknisi dan Tenaga Kerja

Untuk melakukan semua proses daur ulang Anda pasti membutuhkan pikiran teknis plus tenaga manusia. Pekerjakan teknisi yang tahu cara bekerja dengan mesin dan mendaur ulang plastik.

9. Terlibat langsung

- Bergabunglah dengan pemulung dan rumah pengumpul sampah plastik.

- Buatlah jaringan dengan mereka sehingga mereka dapat menyediakan jumlah sampah plastik yang Anda butuhkan.

10. Jenis plastik apa yang akan Anda daur ulang?

Cobalah mulai dengan pabrik daur ulang kecil yang mendaur ulang botol plastik, lembaran plastik, polybag, wadah plastik kecil, dan sejenisnya.

11. Persyaratan dan Penggunaan

Berdasarkan penggunaan pasar plastik daur ulang ini dijual di pasar. Untuk membuatnya lebih sukses secara ekonomi, seseorang dapat mulai membuat produk plastik dasar. Membuat polybag adalah salah satu cara yang paling sukses untuk menggunakan plastik daur ulang. Untuk ini Anda hanya membutuhkan mesin yang memproduksi polybag ini.

12. Pasar

Pasar Anda akan bergantung pada jenis plastik dan berapa kali plastik didaur ulang.

Buat pasar yang kuat yang dapat menawarkan harga berbeda untuk plastik daur ulang Anda. Anda dapat menjualnya ke perusahaan manufaktur produk plastik, pembuat polybag, otoritas transportasi jalan dan sebagainya.

13. Pengembalian Investasi

Anda dapat mengambil pinjaman selama investasi, membiayai bisnis Anda atau dapat berbagi biaya dengan mitra. Jika Anda berhasil mengurangi investasi dalam pengaturan pabrik, maka Anda mungkin mendapatkan pengembalian awal. Setelah beberapa bulan memulai, Anda bisa balik modal dan mulai mengumpulkan keuntungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daur ulang Sampah Plastik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top