Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Kunci Sukses The Queen’s Gambit, Bisa Jadi Inspirasi Buat Pengusaha

Harmon juga bersalah dalam hal ini. Saat berkompetisi di Rusia, dia memata-matai lawannya untuk mencoba lebih unggul dari lawannya. Tetapi dengan dukungan timnya, mereka mendorongnya untuk fokus pada permainannya sendiri.
The Queen Gambit
The Queen Gambit

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan menuju kesuksesan membutuhkan kerja keras tanpa henti untuk menguasai keahlian Anda dan obsesi untuk mengembangkan strategi kemenangan untuk mengalahkan pesaing Anda.

The  Queen’s Gambit, sebuah mini seri yang diangkat dari novel karya Walter Tevis dengan judul yang sama ini mengisahkan tentang Beth Harmon, keajaiban catur wanita yang mendominasi olahraga pria. Jalan Harmon menuju sukses di dunia catur tidak datang tanpa tantangan: menjadi yatim piatu di usia muda, kecanduan narkoba dan juga kecanduan alkohol.
 
Terlepas dari tantangan yang dia alami, Harmon tidak mencapai kesuksesan hanya melalui kecenderungan dan obsesinya untuk menang. Faktanya, ada empat hal utama yang bisa Anda perhatikan, yang tidak mendapatkan banyak perhatian di ruang kewirausahaan sebagaimana mestinya, melansir Entrepreneur, Jumat (27/8/2021).
 
1.  Kekuatan intuisi Anda

Menggunakan intuisi Anda tidak sering diajarkan sebagai strategi di dunia bisnis. Kita cenderung belajar membuat sebagian besar keputusan kewirausahaan kita dari perspektif berbasis otak. Tetapi kesuksesan bukan hanya tentang menguasai keahlian Anda melalui belajar dan bekerja keras. Itu bukan sesuatu yang Anda "pikirkan" sebagai cara Anda untuk mencapainya. Ya, menggunakan otak Anda diperlukan. Tetapi menggunakan intuisi Anda sama kuatnya. Ibu angkat Harmon menyebutkan hal ini kepadanya ketika dia menekankan tentang kesalahan yang dia buat sehingga membuatnya kehilangan permainan.
 
Harmon cenderung mengalami kegagalan ketika lawannya mengejutkannya dengan gerakan yang tidak dia duga. Dalam permainan itu, dia fokus membuat gerakan yang benar berdasarkan strategi yang dia pelajari. Ini memengaruhi kemampuannya untuk berputar ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginannya. Harmon mendominasi lawan-lawannya ketika dia menggunakan intuisinya bersama dengan strategi.
 
Ketika kita fokus untuk berpikir keras tentang mencapai kesuksesan dalam bisnis kita, kita cenderung mengabaikan bimbingan batin kita. Hal ini menyebabkan kita memiliki penutup mata dan tidak memungkinkan kita untuk tetap gesit jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.
 
Inilah masalahnya dengan kewirausahaan: Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk mencapai kesuksesan. Ada begitu banyak strategi bisnis yang berbeda yang dapat Anda gunakan. Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa itu bermuara pada apa jalan yang benar untuk Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan tetap terbuka untuk menerima inspirasi intuitif dan melepaskan gagasan bahwa logika adalah satu-satunya jalan menuju kesuksesan.
 
2. Kebutuhan untuk beristirahat

Berjuang untuk mencapai kesuksesan sudah mendarah daging dalam sebagian besar DNA wirausahawan, tetapi hal itu cenderung membuat sebagian besar dari kita menjadi gila kerja. Kita hidup dalam budaya yang memuji etos kerja ini, dan melihatnya di The Queen's Gambit. Harmon menghabiskan setiap saat bangun dan tidur untuk menyempurnakan permainannya. Pepatah mengatakan bahwa Anda harus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan karena pengabdian tanpa akhir Anda adalah satu-satunya cara untuk melakukannya.
 
Sekali lagi, ibu angkat Harmon yang menunjukkan hal ini. Dia memperhatikan putrinya yang terobsesi untuk menang sampai pada titik itu memengaruhi permainannya. Dia mendesak Harmon untuk "keluar dan melihat-lihat." Di saat-saat di mana Anda melangkah pergi, Anda dapat menunjukkan diri Anda yang terbaik. Dalam jeda dan keheningan, Anda dapat mengundang inspirasi dan ide-ide inovatif untuk terbentuk.
 
3. Pentingnya menumbuhkan ketahanan

Keberhasilan berwirausaha tidak datang tanpa hambatan, sehingga dibutuhkan tingkat penguasaan emosional tertentu untuk menavigasi perjalanan wirausaha. Bagi Harmon, dia menjadi yatim piatu di usia muda dan mengalami banyak trauma. Orang mungkin berpendapat bahwa Harmon meniru dengan cara yang tidak sehat, tetapi dia menunjukkan ketahanan dengan semua yang dia hadapi.
 
Ketahanan bukanlah sesuatu yang dibahas dalam The Queen's Gambit — itu adalah sesuatu yang diamati. Sebagian besar pengusaha menyerah atau berhenti tanpanya karena mereka tidak dapat menangani kegagalan, penilaian, dan penolakan. Membina ketahanan adalah sifat yang harus diprioritaskan oleh semua pengusaha. Ketahanan memungkinkan pengusaha untuk bangkit kembali dengan cepat setelah gagal.
 
4. Tetap di jalur Anda, fokus pada permainan Anda

Keinginan untuk sukses seringkali dilakukan dengan melihat ke luar diri kita untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh pesaing. Itulah yang sering dilakukan sebagai pengusaha.
 
Harmon juga bersalah dalam hal ini. Saat berkompetisi di Rusia, dia memata-matai lawannya untuk mencoba lebih unggul dari lawannya. Tetapi dengan dukungan timnya, mereka mendorongnya untuk fokus pada permainannya sendiri. Ketika kita fokus pada pesaing kita atau pada apa yang dilakukan orang lain, kita kehilangan pandangan tentang apa yang kita lakukan dengan baik — kurangnya fokus ini menghasilkan keputusan yang buruk, salah arah, atau terburu-buru ke pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper