Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berawal dari Usaha Nasi Kotak, Dailybox Berlabuh jadi Startup F&B

Titik balik Dailybox dimulai pada pertengahan 2018. Di kala konsep dine-in masih mendominasi sektor F&B,
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 September 2021  |  20:03 WIB
Dailybox
Dailybox

Bisnis.com, JAKARTA - Dari penjual nasi kotak menjadi start-up restoran online multi-brand Berawal dari usaha nasi kotak, Dailybox mengukuhkan posisinya sebagai start-up di bidang F&B.

Perubahan ini terjadi setelah mendapatkan pendanaan seri A yang dipimpin oleh VertexVentures dengan Kinesys Group sebagai partisipannya pada Juli 2021. 

Yansen Kamto Yansen Kamto, Founder dari Kinesys Group, yang merupakan salah satu investor Dailybox. menjelaskan Dailybox menarik perhatian karena merupakan salah satu brand yang berkembang pesat di tengah situasi pandemi COVID19.

"Kami mencatat sebelum pandemi, Dailybox hanya berada di 15 lokasi. Ketika pandemi, Dailybox terbukti dapat bertahan dan mengembangkan lokasi hingga ke 120 titik di Indonesia, termasuk Medan dan Pontianak. Ini menunjukkan dua hal," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Pertama, bisnis modelnya cukup pandemic-proof. Kedua, tim Dailybox cukup jeli dalam beradaptasi dengan keadaan lewat inovasi
dan transformasi digital yang mereka lakukan.”

Titik balik Dailybox dimulai pada pertengahan 2018. Di kala konsep dine-in masih mendominasi sektor F&B,

Dailybox meyakini bahwa layanan pesan-antar makanan secara daring akan menjadi new normal di sektor ini. Karenanya, Dailybox mulai mengembangkan infrastruktur fisik dan digital yang diperlukan untuk mengembangkan model bisnis cloud kitchen.

“Pandemi COVID19 adalah situasi sulit, termasuk bagi pemain F&B di mall yang harus tutup karena pembatasan kegiatan. Tetapi, berhubung konsep Dailybox memang sudah berbasis cloud kitchen, kami langsung memaksimalkan momentum ini untuk membuka gerai-gerai baru agar bisa hadir lebih dekat dengan Dailypeople. Disitulah kami mencoba mengubah tantangan menjadi peluang. Arahan bisnisnya pada saat itu adalah membuat gerai baru dengan cepat dan modal yang minim. Dailybox mulai berkembang – dari 15
lokasi menjadi 120 lokasi dengan 90% pendapatan didapat dari jasa pesan antar online,” ujar Kelvin Subowo.

Sebagai langkah strategis untuk menjangkau pangsa pasar di pulau lain dan meningkatkan utilisasi central kitchen, Dailybox baru saja melakukan ekspansi ke Kalimantan dengan membuka outlet pertamanya di Pontianak, Kalimantan Barat pada Agustus 2021. Dengan area seluas 700 m2 , Dailybox Pontianak menjadi gerai terbesar Dailybox saat ini.

Selain mengembangkan bisnis berbasis cloud kitchen, Dailybox juga terus muncul dengan kolaborasi menarik. Bersamaan dengan peluncuran logo baru Dailybox dan kolaborasi terbarunya dengan pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dari RANS Entertainment, Dailybox mengumumkan bergabungnya Chef Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek dengan Daily Family. Kehadiran dua figur Chef ini melengkapi jajaran Chef Dailybox yang digawangi oleh Chef Arcad Fadillah selaku Corporate Executive Chef dan Chef Dody
Horison sebagai Head of Kitchen Operations dari grup Dailybox.

“Kehadiran Chef Juna dan Renatta akan memaksimalkan Dailybox dalam menghidangkan rice box yang unik dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Bersama dengan Chef Arcad dan Dody, Chef Juna dan Renatta fokus mengembangkan menu-menu seasonal Dailybox. Chef Juna dan Renatta ini bukanlah sosok asing bagi Dailybox.  Chef Juna bahkan sudah berkolaborasi Dailybox sejak tahun 2019. Karena kolaborasi telah terjalin baik, jadi kami sepakat untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan kedua figur ini,” pungkas Kelvin
Subowo, Co-founder, Dailybox.

Beberapa menu kreasi Chef Juna dan Renatta yang menjadi best-seller Dailybox adalah Ayam Woku Khas Manado dan Se’i Sapi Sambal Susu. Kedua menu ini dapat dipesan langsung lewat aplikasi layanan pesanantar makanan, seperti GrabFood, GoFood dan ShopeeFood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp makanan dan minuman
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top